Ini Waktu Pengisian Baterai Mobil Listrik Tesla, Ada yang 7 Hari

31/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bagi Anda yang penasaran dengan berapa waktu yang diperlukan untuk mengisi daya mobil listrik Tesla dari nol hingga penuh, simak penjelasan di bawah ini.

Tak bisa dipungkiri bahwa Tesla membawa popularitas mobil listrik hingga saat ini. Tapi di Indonesia jumlahnya masih hitungan jari. Adanya Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2021 yang mengatur skema pajak berdasarkan emisi dan konsumsi BBM, tak menutup kemungkinan akan lebih banyak mobil listrik Tesla yang dipasarkan di Indonesia.

Sebelum nanti mobilnya berkeliaran di Indonesia, menarik untuk dilihat berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi daya mobil Tesla hingga penuh.

4 tipe soket pengisian

Dilansir dari InsideEVs, setiap model Tesla disertai dengan pengisi daya soket standar 120V di bagasi. Sehingga Anda bisa mengisi daya dengan listrik yang ada di rumah Anda meskipun pengisian dayanya agak lambat. Tesla mengatakan bahwa soket ini akan mengisi daya sekitar 5 kilometer per jam.

Tesla Wall Connector berwarna putih
Tesla Wall Connector yang menghadirkan waktu pengisian lebih cepat

>>> Mobil Listrik dari Tesla Seharga Kijang Innova Siap Dirilis

Namun pengguna juga bisa meningkatkan adaptor menjadi NEMA 14-50 250V yang mampu membuat pengisian di rumah dari nol hingga baterai penuh memakan waktu sekitar 11 jam. Sedangkan ketika Anda menggunakan Tesla Wall Connector, waktu pengisian yang diperlukan menjadi lebih cepat.

Untuk semua model, Tesa sendiri sudah mempersiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) cepat bernama Supercharging. Tesla mengklaim bahwa semua SPKLU ini mampu mengisi daya hingga 322 kilometer hanya dalam 15 menit menggunakan Supercharger 250 kW. Bandingkan dengan SPKLU standar di Indonesia yang hanya mengeluarkan daya 50 kW.

>>> Tesla Model S Plaid Jadi Mobil Listrik Tercepat di Nurburgring

Waktu pengisian daya mobil listrik Tesla

Karena teknologi dan kapasitas baterai pada setiap model Tesla berbeda-beda, berdampak pada perbedaan waktu pengisian yang diperlukan. Contohnya saja Tesla Model 3 yang mengandalkan baterai berkapasitas 82 kWh. Sedang Model S yang memiliki daya jangkau terjauh menggunakan baterai berkapasitas 100 kWh.

mobil listrik Tesla Model S berwarna merah
Tesla Model S Long Range dengan daya jangkau mencapai 811 km

Berikut masing-masing waktu pengisian baterai mobil listrik Tesla;

1. Tesla Model 3 Standard Range Plus (422 km)

  • Soket standar 120V: ± 87 jam
  • NEMA 14-50: ± 9 jam
  • Tesla Wall Connector: ± 9 jam

2. Tesla Model 3 Long Range (568 km)

  • Soket standar 120V: ± 118 jam
  • NEMA 14-50: ± 12 jam
  • Tesla Wall Connector: ± 8 jam

3. Tesla Model X Long Range (580 km)

  • Soket standar 120V: ± 180 jam
  • NEMA 14-50: ± 18 jam
  • Tesla Wall Connector: ± 12 jam

4. Tesla Model Y Long Range (525 km)

  • Soket standar 120V: ± 109 jam
  • NEMA 14-50: ± 11 jam
  • Tesla Wall Connector: ± 8 jam

5. Tesla Model S Long Range (811 km)

  • Soket standar 120V: ± 135 jam
  • NEMA 14-50: ± 18 jam
  • Tesla Wall Connector: ± 12 jam

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas lainnya hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top