Tesla Model S Plaid Jadi Mobil Listrik Tercepat di Nurburgring

16/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Tesla Model S Plaid berhasil memecahkan rekor lap Nurburgring untuk kategori mobil listrik. Mobil ini berhasil memecahkan lap Porsche Taycan di tahun 2019.

Kerap dikritik sebagai one-trick pony (hanya bisa melakukan 1 hal dengan baik), Tesla membuktikan bahwa Model S Plaid bukan hanya sekadar mobil listrik yang kencang di jalur lurus.

Produsen mobil listrik besutan Elon Musk ini memperlihatkan bahwa mereka juga bisa kencang di sirkuit. Tak tanggung-tanggung, Tesla Model S Plaid mengalahkan pesaing utamanya, Porsche Taycan di kandang mereka sendiri.

Kabar ini juga sudah dikonfirmasi oleh Elon Musk lewat akun Twitter pribadinya. Ia bahkan berkelakar bahwa mobil listrik terkencang dari Tesla tersebut masih bisa lebih cepat di Nurburgring dengan sedikit modifikasi dari pabrikan.

>>> Lagi, Tesla Kalah Telak oleh Penjualan Wuling MINI EV

Mencatat Waktu 7 Menit 30,909 Detik

Gambar Porsche Taycan

Porsche Taycan mencetak rekor mobil listrik pertama di tahun 2019

Tesla mencetak rekor lap baru untuk mobil listrik produksi di Sirkuit Nürburgring yang dipercaya menjadi gold standard pengetesan mobil performa tinggi.

Model S Plaid menyelesaikan lap 20,7 kilometer dalam tujuh menit dan 30,9090 detik, mengalahkan rekor yang dibuat oleh Porsche Taycan pada tahun 2019 dengan selisih 12 detik.

Menurut Musk, Model S Plaid yang digunakan benar-benar tidak dimodifikasi dan sama persis dengan yang dipasarkan di jaringan dealer Tesla di dunia. Sepertinya, ini merupakan sindiran untuk Porsche yang memecahkan rekor mobil produksi dengan 911 GT2 RS yang dimodifikasi oleh Manthey Racing.

Lebih lanjut, ia juga menyebut bahwa Tesla Model S Plaid akan kembali mencoba untuk mencetak rekor baru dengan beberapa modifikasi tambahan.

>>> Mobil Listrik Tesla Seharga Kijang Innova Siap Dirilis

Gambar Elon Musk Tesla

Musk yakin bahwa Model S Plaid masih bisa lebih kencang di Nurburgring

"Plaid yang dimodifikasi dengan peningkatan aerodinamika, rem keramik-karbon, dan ban yang lebih cocok untuk lintasan balap," ujar Musk.

Rekor Penting Untuk Tesla

Dengan pembuktian ini, Tesla bisa membungkam kritik-kritik yang dilayangkan oleh para jurnalis dan petrolhead yang menyebut bahwa mereka hanya kencang di jalur lurus.

Tetapi, Porsche pasti tak tinggal diam mengetahui bahwa mereka dikalahkan di kandang mereka sendiri, Nurburgring Nordschleife. Belum lagi pabrikan otomotif lain seperti Audi dan Mercedes-Benz mulai memperkenalkan mobil listrik performa tinggi masing-masing.

Gambar Tesla Model S Plaid

Siapa yang akan mengalahkan rekor Tesla?

Elon Musk secara terang-terangan menyebut bahwa pabrikan Jerman akan selalu diuntungkan di Nurburgring karena mereka punya fasilitas untuk riset dan pengembangan di sirkuit dengan julukan 'Green Hell' tersebut.

Ini akan jadi persaingan yang menarik terutama saat pabrikan otomotif di seluruh dunia mulai bertransisi menjadi produsen mobil listrik murni. Kira-kira, siapa yang akan jadi penguasa mutlak Nurburgring?

>>> Gandeng Perusahaan Tertua di Jerman, Porsche Berniat 'Jegal' Tesla

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top