Toyota Recall Avanza di Malaysia, Bagaimana dengan Indonesia?

09/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Toyota recall Avanza karena masalah fuel pump dilakukan di Malaysia. Mengingat Indonesia merupakan rumah 'Avanza', apakah recall itu juga berlaku di Tanah Air?

Toyota baru saja mengumumkan adanya recall pada model Avanza di Malaysia. Recall ini berkaitan dengan permasalahan pompa bensin pada mobil sejuta umat tersebut. Sekitar 3.923 unit mobil di Malaysia terlibat recall itu. 

Tak diketahui dengan mendetail asal usul Avanza yang dilakukan recall di Malaysia itu. Toyota sendiri memang memiliki pabrik perakitan di negeri jiran.

>>> Toyota Recall Sejumlah Mobil di Indonesia karena Masalah Fuel Pump

Toyota Recall Jutaan Mobil di Dunia

Namun kalau mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Avanza merupakan salah satu mobil yang diekspor oleh PT Astra Daihatsu Motor dalam merek Toyota ke Malaysia. 

Banyak Recall Mobil di Indonesia karena Masalah Fuel Pump, Apa Dampaknya?

Selain Toyota, sejumlah merek juga melakukan recall terkait kerusakan pompa bensin dari suplier Denso

Lantas apakah Toyota Avanza yang dijual di Indonesia ikut terdampak dengan adanya recall tersebut? Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy tak menampik hal tersebut. Namun sayang pihaknya belum bisa memberikan penjelasan mendetail terkait recall Avanza di Indonesia. 

"Ya kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall ini, dimana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk ya, detailnya masih kami pelajari," ungkap Anton saat dikonfirmasi Cintamobil, Senin (8/3/2021). 

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah melakukan persiapan sebelum nantinya mengumumkan recall ke seluruh pemilik Toyota Avanza yang terdampak. Ini memang bukan kali pertama Toyota recall sejumlah modelnya di Indonesia karena permasalahan pompa bensin.

"Saat ini kita sedang koordinasikan baik ke manufacturing dan juga pihak terkait seperti dealer dan principal untuk tau model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di indonesia, rata rata ada dimana, kesiapan partnya dan lain-lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program," tegas Anton. 

>>> Recall Mobil Toyota karena Masalah Pompa Bensin Libatkan 5,84 Juta Kendaraan

Masih Menunggu Pengumuman Resmi

Sekadar informasi, permasalahan pada pompa bensin ini membuat Toyota recall 5,84 juta unit mobilnya di dunia dengan model beragam. Di Indonesia, recall Toyota mengakibatkan sejumlah model seperti Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017-2019 harus mengganti komponen pompa bensin. 

Pompa Bensin Bermasalah, Mitsubishi dan Nissan Recall Xpander-Livina

Recall karena masalah pompa bensin juga berlaku untuk Xpander-Livina

Imbauan recall Toyota sebelumnya telah disampaikan kepada seluruh konsumennya melalui sejumlah saluran komunikasi. Seluruh jaringan Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan penggantian fuel pump model kendaraan di atas. Pun bila nantinya Avanza model tertentu ikut recall, Toyota bakal mengeluarkan prosedur pengecekan dan penggantian komponen serupa. 

Selain Toyota, Mitsubishi juga sempat mengumumkan bahwa Xpander lansiran 2017-2019 terkena recall karena masalah pompa bensin. Nissan Livina pun juga mengalami nasib serupa. Wajar, keduanya memang diproduksi bersamaan. 

>>> Bolehkah Mengendarai Mobil yang Terkena Recall?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top