Tesla Bakal Bikin Smartphone Super Canggih, Siap Saingi Apple-Samsung!

24/11/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Perusahaan mobil listrik rintisan Elon Musk, Tesla mengguncang industri smartphone dengan meluncurkan Model Pi yang dibekali deretan fitur super canggih.

Melihat rekam jejak Elon Musk di industri otomotif, kita bisa menyimpulkan bahwa entrepreneur berusia 50 tahun tersebut merupakan seorang disruptor. Kini, ia kembali melakukannya di industri smartphone dengan peluncuran Tesla Model Pi.

Rumor peluncuran Model Pi berhembus kencang ketika gambar-gambar rendering smartphone tersebut mulai beredar di dunia maya. Ini bukan kali pertama Tesla berencana unuk meluncurkan produk di luar mobil listrik. Sebelumnya,mereka membuat ATV bertajuk Cyberquad sebagai produk komplementer Tesla Cybertruck.

Spesifikasi Teknis Model Pi

Elon Musk berniat untuk menyandingkan smartphone ini dengan produk flagship dari rival-rivalnya seperti iPhone 13 atau Samsung Galaxy S21. Produsen mobil listrik ini membekali Model Pi dengan Quad Camera dengan kamera utama 108 Megapixel.

>>> Kalau Dijual Sekarang Harga Tesla Cybertruck Bisa Lebih dari Rp 14 Miliar

Gambar Tesla Model Pi

Tampilan Tesla Model Pi

Smartphone ini mengusung 'dapur pacu' chip Snapdragon 898 SoC, dan memiliki kapasitas memori hingga 2 TB (Terrabyte). Uniknya, Model Pi dapat terhubung dengan satelit Starlink milik SpaceX (yang juga didirikan oleh Elon Musk), dapat mengisi daya lewat sinar matahari, serta memiliki lapisan bodi yang dapat berubah warna sesuai dengan lingkungan sekitar.

Selain konektivitas satelit, Tesla Model Pi juga dilengkapi dengan konektivitas WiFi dan teknologi 5G. Bahkan, tak menutup kemungkinan Elon Musk akan menyematkan teknologi 'Neural Link Connection'.

Fitur ini dapat  menghubungkan dan mengirimkan informasi antara otak pemiliknya dengan smartphone tersebut. Garis bawahnya, smartphone ini amat sangat canggih dan mungkin bisa merubah lanskap persaingan industri gawai ke depannya.

Gambar SpaceX Starlink

Smartphone ini akan terhubung dengan satelit Starlink milik SpaceX

>>> Benarkah Mobil Listrik Tesla Model 3 Layak Dibeli?

Kapan Diluncurkan dan Berapa Harganya?

Kabar terkini, Model Pi akan diluncurkan pada akhir tahun 2021. Tetapi, seperti yang kita ketahui, 2021 hanya tersisa beberapa minggu saja dan sampai saat ini, sosok smartphone tersebut masih belum terlihat di pasaran.

Bicara soal sosok Model Pi, smartphone ini didesain oleh Martin Hajek dengan siluet curvy yang terinspirasi pada mobil-mobil Tesla. Bagian kamera depan tampak menyerupai grille depan Tesla Model S dan X. Aksen serat karbon hadir pada bagian speaker sebagai penanda bahwa smartphone ini diproduksi oleh jenama yang dikenal melalui industri otomotif.

Gambar Tesla Model S

Desain smartphone terinspirasi dari mobil-mobil Tesla

Soal harga, sudah pasti smartphone ini akan jauh lebih mahal dari rival-rivalnya saat ini jika melihat rumor teknologi yang akan tersemat pada Model Pi.

Akan menarik jika ponsel ini dapat terhubung dengan mobil Tesla sebagai bagian dari infrastruktur mobil listrik tersebut. Apakah nanti smartphone tersebut dapat digunakan untuk menggerakkan Tesla secara remote control? Bisa mengatur tujuan dan agenda pemilik mengikuti jadwal yang dibuat dari smartphone? Kita tunggu saja kehadirannya.

>>> Temukan Mobil Bekas Incaran Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top