Benarkah Mobil Listrik Tesla Model 3 Layak Dibeli?

11/05/2021

Jual beli

2 menit

Apakah mobil Tesla ini benar-benar layak dibeli? Mobil listrik yang populer ini memiliki fitur dan biaya perawatan yang lebih hemat. Simak detailnya berikut ini.

Tesla Model 3 adalah mobil listrik yang paling populer saat ini. Dengan banyaknya pilihan, mobil Tesla juga memiliki harga yang bersaing dengan mobil lain di kelasnya. Sayangnya, harga mobil ini masih cukup mahal, yaitu $40,000.

Dengan mempertimbangkan faktor penghematan energi, pengurangan biaya perawatan secara keseluruhan, serta nilai jual kembali yang masih cukup tinggi, menurut banyak orang bukanlah alasan bahwa harga Tesla ini bisa sangat tinggi. Akan tetapi, memiliki mobil ini dengan harga $40,000 bisa jadi lebih murah dibandingkan memiliki mobil konvensional dengan harga yang sama.

Tesla Model 3, Layak atau Tidak Dibeli?

Banyak klaim mengatakan bahwa mobil Tesla memiliki harga keseluruhan yang lebih murah karena fiturnya yang canggih. Memang benar adanya fiturTesla model ini lebih canggih dibanding mobil listrik lain, terutama jika Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan baik.

Dimulai dari proses chargingnya. Anda bisa melakukan pengisian baterai mobil ini di rumah maupun di fast charging station yang ada. Jika Anda melakukan pengisian baterai di rumah, lama waktu pengisian baterai tergantung pada kapasitas listrik rumah Anda. tetapi jika pengisian fast charging milik Tesla sendiri, waktu yang dibutuhkan adalah kurang lebih selama 1 jam.

>>> Mari Kita Bongkar dan Lihat Bagian dalam Kemudi Tesla Model 3

interior Tesla Model 3

Bagian interior mobil Tesla Model 3

Dibandingkan dengan mobil konvensional, mobil ini tidak memiliki mesin yang perlu dipindahkan atau perawatan yang ekstra. Hal inilah yang membuat harga perawatan mobil jauh lebih layak dibeli. Semakin sedikit komponen mesin, maka semakin sedikit pula resiko terjadi kerusakan mesin.

Tesla menyediakan panduan perawatan manual untuk mobil ini, seperti perawatan kaca mobil, mengganti ban mobil, mengganti filter udara, dan mengganti oli rem setelah kilometer tertentu. Tentu saja perawatan yang mudah ini membuat mobil ini menjadi lebih mudah dan terjangkau dalam hal perawatan dibandingkan mobil konvensional.

Faktor inilah yang membuat mobil Tesla lebih layak untuk dibeli. Selain perawatan yang mudah, bahkan Elon Musk pemilik Tesla sendiri menyatakan bahwa mobil listrik memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil konvensional. Tentunya klaim tersebut masih belum bisa dibuktikan sepenuhnya karena pasar mobil listrik belum seramai mobil konvensional.

>>> Range Rover Klasik Ini Disulap Jadi Mobil Listrik Pakai Teknologi Tesla

Tesla Model 3 Sangat Populer 

Perawatan mobil yang cukup mudah adalah alasan mengapa mobil ini sangat populer. Jika Anda menghitung harga perawatan keseluruhan, Anda hanya perlu mengganti ban baru selama beberapa tahun sekali. Tentunya harga ban mobil tidak semahal harga mobil baru. 

mobil tesla sangatlah populer

Perawatan mobil Tesla dianggap mudah 

Satu-satunya kekurangan adalah harga belinya yang masih cukup tinggi. Sangat diharapkan di masa mendatang nantinya mobil listrik akan menjadi mobil dengan harga beli yang lebih terjangkau.

>>> [INFOGRAFIK] Perbedaan 4 Mobil Tesla Karya Elon Musk
 

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top