Kalau Dijual Sekarang Harga Tesla Cybertruck Bisa Lebih dari Rp 14 Miliar

27/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kabar buruk datang dari perusahaan mobil listrik milik Elon Musk mengenai Tesla Cybertruck yang hingga saat ini belum juga dipasarkan. Seperti apa kejelasannya?

Setelah diperkenalkan pada November 2019, belum ada kejelasan kapan para konsumen dapat menikmati Tesla Cybertruck. Namun, pada penyampaian pendapatan quartal kedua perusahaan, Elon Musk pun memberi sedikit penjelasan mengenai hal tersebut.

Ia membeberkan bahwa truck listrik modern yang tampak seperti kendaraan game Cyberpunk 2077 tersebut tidak akan diproduksi sebelum Tesla Model Y tersedia di pasaran. Artinya, Cybertruck harus menunggu giliran hingga Model Y selesai diproduksi dan bisa dipajang di jajaran dealer Tesla.

Tesla Menghadapi Kesulitan Produksi

Musk mengatakan produksi kendaraan menghadapi berbagai tantangan pasokan dan masalah teknis, dan saat ini Model Y adalah prioritas di pabrik baru.

>>> Orang Kaya Mulai Beralih Beli Mobil Mewah Bekas, Kenapa Ya?

Gambar Tesla Model Y

Saat ini, perusahaan memprioritaskan produksi tipe termurah, Tesla Model Y

Tesla berencana untuk memasukkan teknologi baterai 4680 generasi berikutnya ke dalam Model Y yang dibuat di Texas, tetapi memiliki "rencana cadangan" yang menggunakan baterai yang saat ini digunakan dalam Model Y yang diproduksi di California dan China.

Tesla Cybertruck dan Semi juga dirancang menggunakan baterai 4680 yang saat ini masih dalam pengembangan. Namun, kedua kendaraan raksasa tersebut adalah pengguna berat kapasitas sel, sehingga mereka tidak menjadi pilihan yang tepat secara ekonomis sampai rantai pasokan membaik.

Kesulitan pasokan ini berkaitan dengan pandemi global yang mengakibatkan kelangkaan pada beberapa bahan baku pembuatan mobil.

Jika Dipaksakan, Harus Dibanderol Dengan Harga Selangit

Gambar Tesla Cybertruck dan ATV

Jika dipaksa produksi per hari ini, Tesla Cybertruck bisa dibanderol melebihih Ferrari atau Lamborghini

Musk juga mengungkapkan jika Tesla memulai produksi Cybertruck dengan volume rendah, pickup ini bisa menelan biaya $1 juta per unit atau setara Rp 14,4 miliar. Artinya, harga Cybertruck jika dijual hari ini akan melebihi angka tersebut.

>>> Wadaw! Ada Toyota Avanza Terbalik di Depan Rumah Makan Padang

Karena hal itu, produksi mobil yang kedatangannya sudah dinanti ini harus ditunda sementara. Hingga saat berita ini ditulis, sudah ada lebih dari 1 juta konsumen yang melakukan pemesanan terhadap Tesla Cybertruck.

Tesla telah bertujuan untuk mengirimkan Cybertruck pertama pada akhir 2021, dan masih mengiklankannya seperti itu. Musk tidak mengonfirmasi bahwa target itu masih berlaku, tetapi menambahkan bahwa menurutnya mobil ini akan menjadi produk terbaik Tesla.

Namun, jika kondisi ini bertahan, bukan tidak mungkin Cybertruck justru menjadi kegagalan terbaik Tesla yang tentunya akan mencoreng citra perusahaan asal Amerika Serikat ini.

>>> Prediksi Mobil Listrik Murah Garapan Tesla Seharga Rp 300 Jutaan

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top