Situasi Membaik, PPKM Jawa Bali Tetap Diperpanjang

17/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah memutuskan PPKM Jawa Bali kembali diperpanjang hingga 23 Agustus 2021, meskipun situasi saat ini dinyatakan semakin membaik dari PPKM sebelumnya.

PPKM Jawa Bali tidak jadi berakhir pada 16 Agustus 2021. Pemerintah telah memutuskan melanjutkannya selama seminggu mulai Selasa (17/8/2021) hingga Senin (23/8/2021 mendatang.

“Berdasarkan evaluasi yang dilakukan atas arahan dan petunjuk presiden RI maka ppkm level 4, 3, dan 2 di bali diperpanjang sampai tanggal 23 agustus 2021.” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

Jaga Momentum

Dijelaskan Menteri Luhut, bahwa evaluasi terakhir menunjukkan situasi yang semakin membaik. Hingga 15 Agustus tren kasus terkonfirmasi turun 76%. Kasus aktif turun 53% dari titik puncak.Angka kesembuhan meningkat dan angka kematian semakin menurun.

>>> PPKM Level 4 Jawa Bali, Lansia dan Anak-Anak Dilarang Masuk Mal!

Foto menunjukkan Menko Marinvest Luhut Binjar Pandjaitan

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM Level 4 Jawa Bali

Adapun akhirnya diperpanjang adalah untuk menjaga momentum agar tidak terjadi peningkatan kasus dalam beberapa waktu yang akan datang. Terutama karena sebagian besar mobilitas masyarakat di Jawa Bali sebagian besar sudah kembali normal, sama seperti sebelum munculnya varian Delta.

“Untuk itu momentum yang cukup baik ini harus terus dijaga,” kata Luhut.

Dijelaskan juga pada perpanjangan PPKM Jawa Bali kali ini sebanyak 8 kabupaten/kota turun dari level 4 ke level 3 sehingga menambah banyak wilayah yang masuk ke level tersebut.

“Dalam penerapan perpanjangan PPKM seminggu ke depan terdapat tambahan kabupaten kota yang masuk ke level 3 sebanyak 8 kabupaten kota sehingga total kabupaten kota yang masuk dalam level 3 dan 2 mencapai 61 kabupaten kota.”

>>> Cari mobil plat nomor Jakarta, temukan dan cek harganya di sini!

PPKM Jawa Bali

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali sudah berlangsung lebih dari satu bulan. Dimulai dari PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 saat kasus Covid-19 sedang tinggi-tingginya.

Foto menunjukkan petugas berjaga di penyekatan ganjil genap ibu kota

PPKM bakal terus diberlakukan selama masih ada pandemi Covid-19

PPKM Darurat dilanjutkan menjadi PPKM Level 4 pada 21-25 Juli 2021, lalu diperpanjang PPKM Level 4 tahap 1 pada 26 Juli - 2 Agustus 2021, tahap 2 pada 3-9 Agustus 2021, tahap 3 pada 10-16 Agustus 2021 dan sekarang tahap 4 dari 17 hingga 23 Agustus 2021.

Di setiap perpanjangan menunjukkan hasil positif berupa penurunan tren kasus. Karenanya mobilitas dan aktivitas masyarakat diberikan kelonggaran secara bertahap, menyesuaikan level masing-masing wilayah.

>>> Kelanjutan Ganjil Genap di Jakarta Menunggu Kelanjutan PPKM

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top