Kelanjutan Ganjil Genap di Jakarta Menunggu PPKM Jawa Bali

16/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Polda Metro Jaya menjelaskan kelanjutan sistem ganjil genap di Jakarta yang berakhir hari ini menunggu kelanjutan PPKM Jawa Bali yang akan diumumkan Pemerintah.

Uji coba sistem ganjil genap di Jakarta sebagai pengganti penyekatan ruas jalan berakhir Senin, (16/8/2021) malam ini. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menilai hasilnya cukup efektif menekan mobilitas. Masyarakat juga dinilai mengerti dan menyadari, ditandai dengan minimnya kendaraan yang melanggar.

"Ganjil-genap cukup efektif menekan mobilitas masyarakat dalam sepekan ini. Terlihat dari berkurangnya volume kendaraan yang melintas di jam gage diberlakukan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, kepada awak media, Senin (16/8/2021).

"Saya mengucapkan terima kasih karena sedikit sekali ditemukan kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal di delapan kawasan ganjil-genap" lanjutnya.

Foto menunjukkan polisi berjaga di Ganjil genap di kawasan Semanggi Jakarta

Pemberlakuan sistem ganjil genap menurunkan volume kendaraan

Bakal diperpanjang?

Untuk selanjutnya apakah ganjil genap ini dihentikan atau berlanjut belum ada keputusan. Kepolisian harus menunggu lebih dulu kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali yang juga berakhir hari ini.

"Diperpanjang atau tidak masih menunggu keputusan pemerintah. Karena nanti akan melibatkan beberapa pihak sebelum diputuskan," tutur Kombes Sambodo

Selain menunggu keputusan kelanjutan PPKM, Kepolisian juga harus melakukan evaluasi internal untuk menentukan apakah dihentikan, dilanjutkan, atau dilanjutkan dengan diperluas.

>>> Cari mobil bekas plat nomor Jakarta, temukan di sini!

Ganjil Genap

Seperti diketahui, Ditlanta Polda Metro Jaya menghentikan penyekatan PPKM secara menyeluruh pada 11 Agustus 2021. Sebagai gantinya sistem ganjil genap di Jakarta kembali diterapkan selama 3 hari, pada 12-16 Agustus 2020 mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Uji coba dilakukan di 8 ruas jalan yaitu Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Pintu Besar Selatan, dan Jalan Gatot Subroto.

Foto menunjukkan polisi melakukan pemeriksaan kendaraan

Hanya kendaraan dengan plat nomor sesuai hari boleh melintas kawasan ganjil genap

Pada jam yang telah ditentukan hanya kendaraan roda empat yang plat nomornya sesuai hari yang boleh melintas. Sedangkan yang lain dilarang, kecuali untuk kendaraan-kendaraan jenis tertentu.

Seperti kendaraan medis, pemadam kebakaran, angkutan umum plat kuning, pengangkut BBM dan gas elpiji, kendaraan pejabat negara dengan plat khusus, kendaraan operasional TNI Polri, mobil listrik, dan sepeda motor. Taksi online tidak termasuk pengecualian karena masuk kategori mobil pribadi, bukan angkutan umum plat kuning juga bukan sepeda motor.

>>> Taksi Online Tidak Masuk Pengecualian Ganjil Genap

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top