PPKM Jawa Bali, Lansia dan Anak-Anak Dilarang Masuk Mal!

12/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Lansia dan anak-anak belum boleh masuk mall saat uji coba pembukaan pusat perbelanjaan yang dilakukan di sejumlah kota pada PPKM Jawa Bali 10-16 Agustus 2021.

Pemerintah mulai membuka pusat perbelanjaan/mall di 4 kota besar pada PPKM Jawa Bali kali ini sebagai percobaan. Orang-orang boleh berkunjung untuk berbelanja atau keperluan yang lain, mengecualikan orang tua dan anak-anak.

“Uji coba pembukaan pusat perbelanjaan/mall ini akan dilakukan di Kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dengan kapasitas 25% selama seminggu kedepan dengan protokol kesehatan yang ketat” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/8/2021).

Foto menunjukkan salah satu mall / pusat perbelanjaan dalam kondisi sepi

Kondisi mal sepi karena penutupan selama PPKM

Lansia dan anak-anak dilarang masuk mal

Pembukaan sendiri bakal dilakukan selama satu minggu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Setelah itu akan dilakukan evaluasi, bakal dilanjutkan atau ditutup sementara lagi seperti sebelumnya.

Bagi orang tua lanjut usia di atas 70 tahun dan anak-anak di bawah 12 tahun untuk sementara waktu belum boleh masuk mal. Alasannya mereka lebih rentan untuk terpapar virus Covid-19.

"Hanya mereka yang sudah divaksinasi, saya ulangi, hanya mereka yang sudah divaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Anak umur di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun akan dilarang untuk masuk ke dalam mal/pusat perbelanjaan sementara ini," lanjutnya.

>>> Tidak perlu ke mall buat beli mobil, cari saja di Cintamobil.com

Dalam Inmendagri Nomor 30 yang menjadi acuan PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 di wilayah Jawa Bali juga disebutkan:

kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan diizinkan beroperasi 25% (dua puluh lima persen) pada pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB dengan protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Perdagangan;

penduduk dengan usia di bawah 12 (dua belas) tahun dan di atas 70 (tujuh puluh) tahun dilarang memasuki pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan;

Foto petugas mengawasi lalu lintas di ibu kota pada 11 Agustus 2021

PPKM kembali diperpanjang dengan aturan lebih longgar

Perpanjangan PPKM

Sebagaimana diketahui, PPKM Level 4 di Jawa dan Bali harusnya selesai 9 Agustus 2011. Namun tidak jadi, pemerintah memutuskan melanjutkan lagi meski hasil PPKM sebelumnya menunjukkan hasil positif.

“Dalam penerapan PPKM Level 4 dan 3 yang akan dilakukan dari tanggal 10 sampai 16 Agustus 2021 nanti terdapat 26 kota/kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3. Hal ini menunjukkan perbaikan kondisi di lapangan yang cukup signifikan.” kata Menko Marinves uhut tanpa menjelaskan satu per satu kota/kabupaten yang dimaksud.

>>> PPKM Jawa Bali Diperpanjang, 16 Kota-Kabupaten Turun Level

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top