Layanan SIM Internasional Sudah Kembali Beroperasi

02/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Layanan SIM Internasional Sudah Kembali Beroperasi
Bagi Anda yang saat ini berniat melakukan perjalan keluar negeri dan ingin memiliki SIM Internasional ada kabar baik, karena pelayanannya kembali beroperasi.

Pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri, mulai hari ini Selasa (2/6/2020) resmi kembali beroperasi. Sebelumnya, pelayanan sempat dihentikan sejak mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

>>> Diler Mitsubishi di Inggris Kembali Beroperasi Lagi Usai Tutup karena Aturan Lockdown

Gambar menunjukan SIM internasional

Pelayanan beroperasi menyesuaikan protokol kesehatan 

Pelayanan dan waktu beroperasi disesuaikan dengan protokol kesehatan yang ketat menuju new normal life. Pemohon diwajibkan menggunakan masker, cuci tangan, di cek suhu tubuh serta menjaga jarak atau physical distancing.

"SIM Internasional adalah dokumen legal yang wajib dimiliki oleh WNI maupun wisatawan mancanegara yang hendak mengemudi di luar negeri. Adapun waktu pelayanan hari Senin sampai Jumat dari pukul 08.00 – 15.00 Wib. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar nasional libur." tulis NTMC Polri.

>>> SIM Habis Masa Berlakunya Dapat Dispensasi Perpanjangan hingga 29 Juni

Gambar menunjukan SIM internasional online

Pendaftaran juga dibuka secara online

Selain sistem pendaftaran offline, layanan SIM Internasional juga membuka layanan secara online. Adanya sistem online ini diharapkan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Serta efisiensi waktu bisa diberikan kepada para pemohon SIM.

Bagi Anda yang berniat membuat SIM secara online bisa langsung registrasi melalui website http://sim.korlantas.polri.go.id/sim-internasional. Kemudian selesaikan transaksi pembayaran melalui transfer bank, mobile banking atau mesin ATM. 

>>> Toyota Raize Dites Tabrak JNCAP Dapat Bintang 5

Sedangkan untuk biayanya untuk pembuatan SIM baru Rp 250 ribu dan perpanjangan SIM sebesar Rp 225 ribu. Setelah melakukan pembayaran bisa langsung datang ke gedung SIM Internasional Online di NTMC Polri untuk melengkapi administrasi.

Selanjutnya verifikasi SIM asli, Paspor asli, KTP asli dan KITAP asli khusus WNA. Tidak ketinggalan lakukan identifikasi melalui foto, sidik jari dan tanda tangan elektronik. Tunggu sebentar, SIM Anda bisa digunakan berlaku di 188 negara, namun di beberapa negara yang tidak bekerja sama dengan Indonesia, SIM ini tetap dianggap sah untuk bisa digunakan.

>>> Berita otomotif terbaru menarik lainnya dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top