SIM Habis Masa Berlakunya Dapat Dispensasi hingga 29 Juni

02/06/2020

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
SIM Habis Masa Berlakunya Dapat Dispensasi hingga 29 Juni
Meskipun layanan perpanjangan SIM telah dibuka, namun jika pemilik SIM habis masa berlakunya akan mendapat dispensasi hingga 29 Juni 2020 tanpa perlu membuat SIM baru.

Pihak Polda Metro Jaya telah mengambil keputusan untuk memperpanjang masa dispensasi bagi para pemilik Surat Izin Mengemudi (SIM) yang habis masa berlakunya saat pandemi virus corona. Hal ini demi menghindari adanya antrean panjang di unit Satpas SIM Polda Metro Jaya.

>>> Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Sudah Dibuka Lagi

Mengingat sejak Sabtu, 30 Mei 2020, layanan perpanjangan SIM di unit Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, telah berjalan. Namun ternyata antusias para pemohon SIM begitu membludak. Sehingga antrean pemohon SIM mengular.

Dispensasi Sampai 29 Juni 2020

Proses pembuatan SIM

Untuk sementara perpanjangan SIM baru bisa dilakukan di jaringan unit Satpas Polda Metro Jaya

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin Hanggara menyebutkan, pada hari pertama dibukanya kembali loket perpanjangan SIM di Satpas SIM Daan Mogot, terlihat puluhan pemohon SIM datang berkerumun tanpa memperhatikan physical distancing.

>>> Cek harga mobil baru beserta promo dan diskon menariknya disini

"Menghindari antrean pemohon hingga membeludak, operasional Satpas akan dibatasi. Bila antrean dinilai sudah banyak yang berkerumun langsung kita batasi dan tutup," kata Kompol Lalu seperti Cintamobil.com kutip dari laman NTMC Polri, Selasa (02/05/2020).

Ia menyebutkan, untuk pemilik SIM habis masa berlakunya periode 17 Maret – 29 Juni 2020, maka akan mendpaat dispensasi sampai 29 Juni 2020. Sehingga jika SIM habis masa berlakunya tidak perlu membuat baru, hanya mengikuti proses perpanjangan.

"Sampai dengan 29 Juni itu dispensasinya diperpanjang. Jadi artinya masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu buru-buru untuk menghindari antrean membludak," jelas Hedwin.

Jam Operasional Satpas Dibatasi

SIM Keliling Jakarta

Layanan SIM Keliling belum dioperasikan

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Hedwin menekankan, seluruh jaringan Satpas Molda Metro Jaya, baik yang ada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara sudah beroperasi kembali untuk melayani perpanjanagn SIM. Namun layanan perpanjangan SIM hanya beroperasi selama 5 jam pada Senin-Jumat, dan 4 jam pada Sabtu.

"Kalau Senin sampai Jumat jam 8 sampai 13 siang, Sabtu jam 8 sampai 12 siang. Kalau saat itu terlihat antrean membludak juga akan langsung kita tutup," terang Kompol Lalu.

Sementara untuk gerai SIM di pusat perbelanjaan dan SIM Keliling masih ditutup. Kepastian dibukanya kembali, masih menunggu keputusan Pemprov DKI Jakarta, soal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta yang baru berakhir 4 Juni 2020.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top