Sanksi Tilang Untuk Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi Belum Berlaku

04/11/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Setelah direncanakan untuk berlaku pada 13 November 2021, sanksi tilang kepada kendaraan tak lulus uji emisi akhirnya batal diberlakukan. Ini alasannya.

Seperti yang telah kami beritakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk memberlakukan sanksi tilang untuk kendaraan yang tak lulus uji emisi. Ini dilakukan demi memperbaiki kualitas udara ibu kota yang dinilai sudah tak kondusif.

Peraturan tersebut sudah mulai disosialisasikan sejak pertengahan Oktober 2021, namun mendekati tanggal pelaksanaannya, Pemprov akhirnya memutuskan untuk membatalkan sanksi tilang tersebut. Lantas, apa penyebabnya?

Masih Banyak yang Belum Menguji Kendaraannya

Sanksi tilang direncanakan mengikuti Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor. Kendaraan yang tidak lulus akan didenda maksimal Rp 500 ribu untuk roda empat dan Rp 250 ribu untuk kendaraan roda dua.

>>> Mulai 13 November, Kendaraan Tak Lolos Uji Emisi di Jakarta Akan Ditilang

Gambar Tilang

Jika diberlakukan, pemilik mobil bisa terkena denda Rp 500 ribu jika tak lulus uji emisi

Namun, implementasi kebijakan itu akhirnya dikaji ulang oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia karena jumlah kendaraan yang sudah melaksanakan atau lulus uji emisi hingga hari ini masih tergolong rendah.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, jumlah kendaraan bermotor yang sudah melaksanakan atau lulus pengujian masih di bawah 10 persen. Cukup rendah mengingat jumlah kendaraan di Jakarta berdasarkan data Badan Pusat Statistik kini berjumlah lebih dari 20 juta unit.

>>> Review Nissan Leaf 2021: Sajian Mobil Kekinian nan Ramah Lingkungan

Akan Tetap Diberlakukan Setelah Mencapai Target

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono mengatakan bahwa pemberlakuan sanksi tilang akan tetap diterapkan setelah 50 persen kendaraan di Jakarta sudah dinyatakan lulus uji emisi.

Gambar Uji Emisi

Lokasi bengkel untuk melakukan uji emisi bisa Anda lihat pada aplikasi E-Uji Emisi

Saat ini, Kepolisian baru memberikan teguran kepada para pemilik kendaraan yang belum melaksanakan kewajibannya untuk menguji kendaraannya.

Argo juga menyebut bahwa sanksi tilang adalah langkah terakhir, jadi ia akan memaksimalkan teguran dan sosialisasi bagi para pemilik kendaraan di Ibu Kota.

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta telah bekerja sama dengan sejumlah bengkel di Ibu Kota dalam pelaksanaan uji emisi dengan biaya ditanggung oleh pemilik kendaraan. Informasi lokasi bengkel tersebut dapat Anda lihat pada aplikasi E-Uji Emisi dari Pemprov DKI.

Anda tak perlu takut untuk melakukan uji emisi jika memiliki kendaraan yang sudah berusia 'lanjut'. Pasalnya kendaraan dengan usia yang beragam memiliki standar ambang batas emisi yang berbeda-beda.

>>> Intip Pilihan Mobil Bekas Dengan Harga Menarik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top