'Saktinya' Toyota Avanza, Sering Dicibir Tapi Tetap Laris Manis

25/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Avanza kerap kali mendapat cibiran dari sebagian masyarakat Indonesia. Nyatanya hal itu tak membuat Avanza terpuruk dan justru tetap laris manis.

Pembahasan akan Toyota Avanza tak pernah ada habisnya. MPV berjuluk mobil sejuta umat itu memiliki tempat spesial di hati masyarakat Indonesia. Tak heran kalau Low MPV yang menginjak usia ke 18 tahun ini masih menjadi incaran utama masyarakat Indonesia saat hendak membeli mobil. 

Sekadar kilas balik, Toyota Avanza perdana dikenalkan pada tahun 2003 tepatnya pada ajang Gaikindo Auto Expo (yang kini disebut GIIAS) dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Selama 18 tahun itu, Toyota menghadirkan sejumlah penyegaran sekaligus pembaruan pada Avanza. 

>>> Sejarah Toyota Avanza di Indonesia dari Masa ke Masa

Sering Dapat 'Nyinyiran' Tapi Tetap Laris Manis

Gambar Toyota Avanza

Sejak lahir Avanza masih eksis hingga saat ini

Penyegaran pertama dilakukan pada tahun 2006 dengan melakukan ubahan dari sisi desain eksterior sekaligus pengenalan mesin baru. Berlanjut pada tahun 2008, Toyota memberikan sedikit ubahan sehingga tampilannya lebih dewasa. Pun demikian dari sisi fiturnya. 

Tahun 2011, Avanza generasi kedua lahir dan makin menarik minat masyarakat Indonesia untuk meminangnya. Berkat tampilan baru itu, penjualan Avanza terus merangkak hingga akhirnya bisa menyentuh satu juta unit sehingga mendapat julukan mobil sejuta umat. 

Tak berhenti sampai di situ, meski Avanza sudah terbilang laris manis nyatanya Toyota masih memberikan penyegaran mengikuti perkembangan zaman. Misalnya pada tahun 2015, Toyota membekali Avanza dengan mesin baru sekaligus memoles eksterior, interior, dan menambahkan fitur. 

Terakhir, Toyota menyegarkan Avanza pada tahun 2019. Kala itu, ubahan terdapat pada sisi eksterior, interior, dan juga suspensi untuk menunjang keamanan pengendara dan penumpang di dalamnya. Dijelaskan Toyota, sejumlah ubahan yang dihadirkan sudah sesuai dengan kebutuhan orang Indonesia. 

Toyota Avanza

Wujud Avanza 2019

Sejumlah penyegaran yang dihadirkan Toyota pada Avanza nyatanya tak lepas dari komentar miring sejumlah masyarakat. Tak sedikit yang menyebut ubahan Avanza minim dan tak signifikan dari tahun ke tahun. Belum lagi fiturnya dibandingkan dengan sang kompetitor Mitsubishi Xpander yang saat itu sudah mengusung Hill Start Assist (HSA), Active Stability Control (ASC) atau Vehicle Stability Control (VSC) dan cruise control. Deretan fitur itu bahkan belum dimiliki Avanza walapun sudah ada penyegaran. Namun di satu sisi, penjualan Avanza tetap laris manis. 

Ya, manisnya penjualan Avanza masih dirasakan Toyota hingga saat ini. Buktinya, Toyota Avanza hampir tak pernah absen mengisi daftar mobil terlaris se-Indonesia. Penjualannya pun terbilang moncer. Sekadar gambaran, pada tahun 2018 sebelum ada ubahan minor penjualan Avanza secara wholesales hanya mencapai 82.167 unit. Kemudian pada tahun 2019 dengan adanya penyegaran, penjualannya meningkat tipis menjadi 86.374 unit. 

>>> Toyota Avanza 2022 Bocor di Media Sosial, Lebih Canggih dan Garang!

Toyota Avanza 2022 Segera Meluncur?

Beralih ke tahun 2020 saat pandemi melanda, penjualan Toyota Avanza ikut merosot. Meski begitu Avanza masih menempati posisi ketiga mobil terlaris di Indonesia dengan 31.883 unit. Dengan penjualan sebanyak itu, Avanza masih bertengger pada posisi satu Low MPV terlaris se-Indonesia. Lalu sepanjang 2021 (Januari-September) seiring dengan memulihnya kondisi Indonesia dari Covid-19, penjualan Avanza kian membaik hingga berhasil memperoleh 46.258 unit. 

Kalau melihat pernyataan Toyota, tentu hal ini tidak mengherankan. Apa yang dibutuhkan orang Indonesia akan sebuah mobil MPV sudah dihadirkan Toyota pada Avanza 

Kini Toyota dikabarkan tengah menyiapkan Avanza versi terbaru. Dari sejumlah bocoran yang beredar di sosial media, ubahan pada Avanza generasi terbaru ini amat signifikan. Eksteriornya bahkan sekilas menyerupai Corolla Cross dan bentuknya lebih terlihat mirip SUV. Pun demikian dengan interior yang kini tampak lebih elegan dibalut fitur-fitur canggih dalam Toyota Safety Sense (TSS). Sayang, sampai saat ini Toyota masih menutup rapat informasi terkait kehadiran Avanza generasi terbaru itu. 

desain mobil baru Toyota Avanza 2022 berwarna hitam

Wujud mobil yang diduga Avanza terbaru

interior Toyota Avanza 2022 berwarna hitam

Interiornya juga dipermak

Lantas, akankah 'kesaktian' Avanza ini berlanjut pada model barunya? Apakah model baru Avanza tetap diminat sekaligus bisa mempertahankan posisi dalam mobil terlaris se-Indonesia, atau justru sebaliknya? Pastinya harus menunggu usai waktu peluncuran nanti. Cerita Avanza memang selalu menarik untuk disimak!

>>> Ada Apa dengan Daihatsu Xenia?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top