Remaja 14 Tahun Bisa Dapat SIM Mobil Secara Legal di Negara Ini

16/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Remaja 14 Tahun Bisa Dapat SIM Mobil Secara Legal di Negara Ini
Berbeda di Indonesia, negara ini memperbolehkan remaja berusia 14 tahun mendapatkan SIM mobil dan mengemudi di jalanan dengan legal melalui perlakuan khusus.

Sebagian besar negara di dunia baru memperbolehkan penduduknya untuk mendapatkan SIM ketika sudah berumur lebih dari 17 maupun 18 tahun. Tapi satu negara ini memberlakukan peraturan khusus, anak-anak berumur 14 tahun sudah bisa mendapatkan SIM mobil maupun sepeda motor. Tapi tentu saja dengan beberapa peraturan tambahan.

SIM mobil khusus remaja

Dilansir dari The Drive, sebanyak 13 negara bagian di Amerika menerapkan ‘hardship license’, atau bisa dibilang SIM yang diberikan bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam akses transportasi. Hardship license adalah surat izin langka yang tersedia untuk remaja berusia 14 tahun yang tersedia pada beberapa negara bagian yang terpampang di bawah.

peta Amerika yang memperbolehkan license hardship
Negara bagian di Amerika yang memperbolehkan hardship license

>>> Polisi Siapkan Aplikasi Perpanjangan SIM-STNK, Biar Masyarakat Tak Ribet

Seperti namanya, kualifikasi ini membutuhkan keadaan ekstrim yang sangat bervariasi di setiap negara bagian. Tapi untuk memberikan peraturan yang pasti, remaja yang ingin mendapatkan SIM ini harus dibebani tanggung jawab yang tidak biasa untuk usia mereka.

Beberapa kondisi seperti mengoperasikan kendaraan pertanian, menyetir sendiri ke sekolah di daerah dengan transportasi yang buruk, atau antar jemput anggota keluarga dengan kondisi fisik yang lemah untuk mendapatkan perawatan kesehatan.

>>> Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Banyak persyaratan

Tapi penggunaan SIM ini bukannya menjadi celah bagi anak-anak yang ingin berkendara lebih cepat. Pasalnya banyak pembatasan yang didapatkan oleh pemegang SIM ini. Beberapa negara bagian melarang pengguna SIM “kelas H” ini untuk mengendarai motor dengan mesin lebih besar dari 125cc, sementara yang lain melarang mengemudi selain siang hari.

anak-anak bersama traktor berwarna hijau
SIM mobil khusus ini kadang hanya diperuntukkan bagi traktor

Contohnya Wisconsin melarang pemegang SIM ini berkendara di daerah dengan populasi 500.000 orang penduduk atau lebih, pengemudi kelas H di Tennessee tidak diperbolehkan berkendara lebih dari 40 kilometer dari rumah, dan di Minnesota, SIM ini hanya berlaku di lahan pertanian pribadi. Ohio bahkan mewajibkan anggota keluarga yang lain menyerahkan SIM mereka, sebagai ganti SIM khusus ini.

Karena persyaratan yang cukup banyak, bahkan dengan pembatasan yang lebih ketat di beberapa negara bagian, SIM Hardship ini jarang dikeluarkan. Departemen Kendaraan Bermotor California mengatakan kepada The Drive bahwa mereka hanya mengeluarkan 98 SIM ini sejak 2015, sedangkan Texas mengakui hanya 293 SIM aktif saat ini di seluruh negara bagian.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top