Polisi Siapkan Aplikasi Perpanjangan SIM-STNK, Biar Masyarakat Tak Ribet

22/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyebut pihak kepolisian akan menyiapkan aplikasi agar perpanjangan SIM-STNK bisa dilakukan dari manapun.

Semakin ke sini teknologi kian maju. Ditambah lagi adanya pandemi yang membuat kegiatan masyarakat kini menjadi terbatas. Walhasil semaksimal mungkin kegiatan dilakukan dari manapun tanpa harus pergi ke suatu tempat yang bersangkutan. 

Teknologi itulah yang sekiranya akan dimanfaatkan oleh pihak kepolisian ke depannya.

Pembuatan STNK

Nantinya akan ada aplikasi sehinga perpanjangan SIM-STNK tak perlu repot keluar rumah

>>> Semakin Mudah, Begini Cara Membuat SIM Online dari Rumah

Polisi Siapkan Aplikasi Perpanjangan STNK-SIM

Setelah memberlakukan tilang elektronik, kabarnya pihak kepolisian berencana untuk memaksimalkan pelayanan lewat jalur digital. Misalnya untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) ataupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 

"Ke depan khusunya pelayanan yang terkait dengan hal-hal yang memang kita kelola selama ini seperti STNK, SIM, SKCK dan terhadap pelayanan surat tilang sudah kami sampaikan kami akan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sehingga masyarakat tidak perlu harus datang ke kantor polisi," ujar Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat melakukan uji kepatutan dan kelayakan dihadapan Komisi III DPR RI.

Dijelaskan Sigit nantinya akan ada aplikasi yang mendukung kegiatan pengurusan SIM, STNK, dan surat-surat lainnya. Bahkan tak sekadar mengurus, surat-surat legal tersebut juga bisa diantar ke rumah bila telah selesai pengurusannya. 

"Cukup ke aplikasi tertentu yang nanti disiapkan. Kemudian dari aplikasi tersebut masyarakat bisa langsung mendapat pelayanan seperti perpanjangan SIM,STNK dan sebagainya," lanjut Sigit. 

>>> Data Surat Izin Mengemudi Online Bisa Diakses Lewat Ponsel Lho!

Hanya Sebatas Pendaftaran

Semakin Mudah, Begini Cara Membuat SIM Online dari Rumah

Saat ini sudah diterapkan namun hanya sebatas pendaftaran

Saat ini perpanjangan SIM ataupun STNK secara online memang sudah diterapkan. Namun, itu baru sebatas pendaftaran saja. Nantinya mereka yang berniat melakukan perpanjangan SIM dan STNK tetap harus pergi ke kantor polisi ataupun lokasi SIM-STNK keliling untuk tetap memperpanjang. 

Sedangkan aplikasi perpanjangan SIM dan STNK yang dimaksud Sigit itu akan memudahkan masyarakat bisa mengerjakan semuanya tanpa perlu keluar rumah. Meski begitu, Sigit tak menjelaskan lebih mendetail kapan aplikasi tersebut sudah bisa digunakan masyarakat. 

"Bila perlu nanti persiapan delivery sistem bagaimana kemudian produknya bisa dikirim ke masyarakat tentunya bekerjasama dgn K/L (kementerian/lembaga) yang lain yang ada seperti PT Pos, sehingga bisa dimasukan sebagai tarif resmi masuk ke negara. Tapi intinya kita membuat pelayanan ini lebih baik lebih mudah sehingga masyarakat tidak perlu repot ke kantor polisi," lanjutnya lagi.  

>>> Wacana Polisi Tak Lakukan Tilang di Jalan Raya 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Roles

Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri.

Specialities

  • Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat
  • Mengedit berita

Experience

  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
  • Geneva International Motor Show 2017
  • Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top