Penjualan Mobil Online FCA Meningkat Hingga 45 Persen

22/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penjualan Mobil Online FCA Meningkat Hingga 45 Persen
Memberikan pengalaman lebih mudah saat bertransaksi membuat penjualan mobil online Fiat Chrysler Automobiles (FCA) tahun ini telah meningkat hingga 45 persen.

Dealer mobil di AS terpaksa beralih dengan cepat untuk memasarkan mobilnya secara online karena penutupan yang disebabkan pandemi Covid-19 sejak Maret lalu. Meski saat ini dealer sudah banyak dibuka kembali, platform e-Shop tetap dihadirkan untuk mendukung penjualan karena lebih banyak orang kini telah beralih membeli lebih banyak secara online. 

>>> Mobil Listrik Fiat 500 Menangi Red Dot Award 2020\

Gambar menunjukan Penjualan mobil online

Situs FCA berubah menjadi layanan e-Shop

Penjualan Mobil Online FCA Meningkat

Menurut produsen mobil asal AS, kini sekitar 45% dari penjualan bulanan di Fiat Chrysler Automobiles sekarang berasal dari online jika dibandingkan dengan 25% di tahun lalu. Peningkatan ini dinilai juga tidak terlalu mengejutkan karena banyak orang sudah mulai terbiasa dengan transaksi tersebut.

“Enam bulan lalu, kami menunda peluncuran nasional E-Shop untuk membantu dealer kami yang mencoba tetap berjualan di tengah pandemi Covid-19,” kata Jeff Kommor, kepala penjualan FCA AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Detroitnews.

 “Konsumen mengatakan E-Shop memberi mereka lebih banyak transparansi, sementara dealer mengatakan seluruh proses, termasuk pengiriman ke rumah, memungkinkan mereka untuk menciptakan ikatan yang kuat dengan pembeli.” tutupnya.

>>> Dimodifikasi dan Jadi Taksi Online Bisa Bikin Asuransi Mobil Gugur?

Gambar menunjukan Dealer mobil bekas

Dealer mobil bekas juga melakukan hal yang sama berjualan secara online

Dealer Mobil Bekas Juga Bergerak Secara Online

Tren ini sendiri ditolak industri otomotif tradisional yang bergerak untuk membawa pembeli ke ruang pamer dealer. Sementara itu, pendatang baru seperti pembuat mobil listrik Tesla  dan dealer mobil bekas telah merangkul tren e-Shop atau penjualan mobil online ini dengan berusaha membuat pembeli nyaman melakukan pembelian bahkan sebelum pelanggan melihat mobil yang akan mereka beli.

E-Shop sendiri memungkinkan pelanggan menyelesaikan seluruh proses pembelian kendaraan secara online, termasuk informasi harga, mendapatkan nilai tukar tambah dari kendaraan mereka saat ini, mengidentifikasi opsi pinjaman finansial, menyelesaikan dokumen akhir dan menjadwalkan pengiriman ke rumah. 

Sekarang, pelanggan juga dapat menerima jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan  secara langsung kapan dan dimanapun menggunakan fungsi obrolan online. E-Shop juga akan memberikan dealer kemampuan untuk membuat daftar inventaris kendaraan bekas mereka.. Selain itu, pembeli akan dapat menjadwalkan janji untuk menguji coba kendaraan sebelum memasuki ruang pamer dealer.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top