Panic Buying, Kelangkaan Bensin Picu Perkelahian di Inggris

28/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Panic buying karena kelangkaan bensin, media lokal melaporkan perkelahian terjadi akibat pengemudi yang marah telah mengantre terlalu lama di pom bensin.

Kurangnya pengemudi truk pengantar bahan bakar menimbulkan panic buying. Antrean pengemudi menjalar dari pom bensin yang masih ada akibat kelangkaan bensin dan solar yang terjadi di Inggris. Pemerintah Inggris bahkan turut menempatkan tentara dalam keadaan siaga untuk mengantarkan bahan bakar jika diperlukan.

Picu perkelahian

Kelangkaan bensin yang terjadi di Inggris bukan hanya mengakibatkan pengemudi mengantre di pom bensin. Bahkan media lokal melaporkan banyak kekacauan akibat antrean yang mengular hingga berujung pada perkelahian sesama pengemudi yang berebut bahan bakar.

Salah satunya dari rekaman yang terjadi di kota Chichester, West Sussex, menunjukkan ayah anak berkelahi dengan ayah dan anak lain. Rekaman tersebut juga menunjukkan perkelahian terjadi dan dua orang saling bergulat di tanah.

pengemudi membawa jerigen akibat kelangkaan bensin
Beberapa pengemudi membawa jerigen untuk mengisi bahan bakar

Pengemudi yang frustasi telah menunggu lama di pom bensin membunyikan klakson setelah lama duduk dalam antrean panjang. Ada juga konfrontasi setelah beberapa pengemudi tidak hanya mengisi tangki bahan bakar mobil, tapi juga mengisi jerigen yang mereka bawa.

>>> Kala Pemilik Supercar Mengeluh Harga Bensin Naik

Prioritaskan tenaga medis dan guru

Pemerintah, perusahaan bahan bakar dan pihak pom bensin sendiri mengatakan ada cukup pasokan bahan bakar. Tapi kurangnya pengemudi truk serta panic buying oleh sebagian pengemudi telah menguras pasokan bahan bakar yang ada.

Gawatnya situasi ini membuat British Medical Association menyerukan agar petugas kesehatan mendapatkan prioritas akses bahan bakar untuk memastikan layanan kesehatan dapat beroperasi. Serikat pengajar di Inggris mengatakan bahwa akses prioritas juga harus diberikan kepada guru untuk membantu kelanjutan proses belajar mengajar.

>>> Salah Masukkan Bensin dan Solar, Pom Bensin Ini Rugi Miliaran

antrean mobil akibat kelangkaan bensin yang terjadi di Inggris
Antrean mengular di beberapa pom bensin akibat kelangkaan bensin

Petrol Retailer Association (PRA) atau Asosiasi Pengecer Bensin menyebutkan bahwa 50% hingga 90% pom bensin di beberapa wilayah di Inggris kehabisan bahan bakar. Pemerintah berharap antrean akan mereka karena masyarakat telah kembali ke pola pembelian yang lebih normal.

Kurangnya pengemudi truk paska Brexit, atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa, diperburuk oleh penghentian pengujian SIM untuk pengemudi truk selama masa lockdown akibat COVID-19 telah menimbulkan kekacauan melalui rantai pasokan bahan bakar di Inggris. Masalah semakin pelik dengan kenaikan harga yang terjadi menjelang Natal dan tahun baru.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top