Salah Masukkan Bensin dan Solar, Pom Bensin Ini Rugi Miliaran

19/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Pom bensin Gas Plus yang terletak di Kanada salah memasukkan bensin dan solar hingga mengakibatkan puluhan kendaraan mengalami kerusakan hingga miliaran.

Mobil bermesin bensin tentu saja akan mengalami kerusakan ketika harus menggunakan diesel, begitu pula sebaliknya. Namun inilah yang terjadi pada pengemudi di Alberta Selatan, Kanada, ketika sebuah pom bensin lokal salah memasukkan solar dengan bensin selama lebih dari tiga hari.

Salah Masukan Bensin dan Solar

Dilansir dari CBC News, petugas yang berwenang di pom bensin Gas Plus di Langdon, Alberta Selatan pada hari Kamis (29/7/2021) mengungkapkan bahwa mereka tidak sengaja salah mengisi bahan bakar selama tiga hari penggunaan. Setiap pengemudi yang mampir mendapatkan bahan bakar yang berbeda dengan yang seharusnya.

pom bensin Gas Plus yang berada di Kanada
Pom bensin Gas Plus salah meletakkan bensin dan solar selama tiga hari

"Kami sekarang dapat mengonfirmasi bahwa ada campuran bahan bakar yang dikirim pada Sabtu, 24 Juli 2021, pukul 9.00, hanya mempengaruhi tangki bensin dan diesel," kata GP Fuels Inc. dalam sebuah pernyataan. "Bahan bakar diesel dikirim ke tangki bensin reguler, dan bensin dikirim ke tangki diesel oleh perusahaan pengiriman."

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka menemukan kesalahan tersebut pada hari Selasa, 27 Juli 2021. Dikatakan bahwa pelanggan yang membeli bensin menerima sekitar 80% bensin dan 20% solar, sementara pelanggan yang membeli solar menerima sekitar 60% solar dan 40% bensin regular.

>>> Pasokan BBM Terbatas, Warga Palu Berbondong-Bondong Antre Di Pom Bensin

Sebabkan Kerugian Miliaran

Masalah ini mengakibatkan kerusakan yang sangat signifikan, bahkan berdampak hingga mesin mobil tidak bisa dihidupkan lagi. Pengemudi yang mengetahui hal tersebut meminta Gas Plus untuk membayar tagihan perbaikan mobil mereka.

Salah satunya adalah Benjamin Forhan. Ia mengisi truk pikap miliknya dengan bensin pada hari Sabtu dan menyebabkan pikap tersebut tidak bisa berfungsi. Lebih lanjut, Forhan menyebutkan bahwa kesalahan pom ini mengakibatkan ia mengalami kerugian sekitar $ 8.500 (sekitar Rp 122 jutaan).

>>> Yang Terjadi Jika Mobil Bensin Diisi Solar

mesin mobil diesel yang berwarna hitam
Salah menggunakan bahan bakar bisa berakibat fatal terhadap mesin mobil

Perusahaan mengatakan kepada CBC News bahwa setiap klaim akan ditangani selama beberapa minggu mendatang. Tapi Forgan mengungkapkan bahwa dia masih terluntang lantung tanpa mobil dan harus naik kereta untuk pergi bekerja. Dia pun sedang mempertimbangkan untuk mengambil jalur hukum.

"Saya tidak melakukan apa-apa," katanya. "Jika saya pergi ke asuransi, meskipun saya tidak melakukan kesalahan apa pun, pada akhirnya saya akan membayar lebih untuk asuransi karena itu (tidak ditanggung asuransi).”

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top