Nissan Leaf vs Toyota Corolla Altis Hybrid, Mana Yang Lebih Menarik?

30/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Kali ini tim Cintamobil.com melakukan komparasi terhadap mobil listrik dan mobil hybrid dengan harga yang mirip, Nissan Leaf vs Toyota Corolla Altis Hybrid.

Dengan diluncurkannya Nissan Leaf, konsumen dihadapkan dengan semakin banyaknya opsi kendaraan elektrifikasi. Tentu, tak semua orang siap untuk memakai mobil listrik murni, dan mobil hybrid bisa menjadi jalan tengah bagi mereka yang menginginkan mobil yang efisien dan rendah emisi.

Toyota Corolla Altis Hybrid bisa menjadi pesaing yang tepat untuk mewakili mobil hybrid dengan harga yang tak terpaut jauh dari Leaf. Apalagi sistem hybrid Toyota sudah cukup familiar dengan Prius yang sudah beredar di Tanah Air cukup lama.

Gambar Toyota Corolla Altis Hybrid

Corolla Altis Hybrid bisa jadi alternatif menarik bagi mereka yang belum siap menggunakan mobil listrik

Kedua mobil memiliki nilai plus dan minusnya masing-masing, karena itu tim Cintamobil.com akan menjabarkannya dalam artikel ini dan melihat mobil mana yang lebih menarik untuk dipilih.

>>> Beli Nissan Leaf Sekarang, Bisa Pasang Wall Charger Gratis

Harga dan Biaya

Toyota Corolla Altis Hybrid dijual dengan harga Rp 592, 5 juta, sedangkan Nissan Leaf dijual mulai Rp 649 juta. Perlu diingat bahwa Anda masih perlu memasang stasiun pengisi daya untuk mobil listrik seperti Leaf. Untungnya, PT Nissan Motor Distributor memberi promo pemasangan wall charger secara gratis selama periode peluncuran.

Corolla Altis Hybrid memang tidak membutuhkan charger, tetapi Anda masih harus membeli bahan bakar dan melakukan servis rutin terhadap mesin bakarnya. Oh iya, meski mobil lsitrik, Leaf juga tetap memerlukan servis rutin meski agenda dan biayanya tentu tak sebanyak mobil hybrid.

Gambar Mengisi Daya Nissan Leaf

Mengisi daya mobil listrik masih lebih ekonomis ketimbang mengisi bensin

Untuk biaya berkendara sehari-hari, berdasarkan kalkulasi kami Leaf hanya membutuhkan biaya Rp 188 per kilometernya. Sedangkan Corolla Altis Hybrid membutuhkan biaya Rp 346 per kilometer.

Karena itu, kami merasa parameter ini dimenangkan oleh Leaf. Meski harganya lebih mahal Rp 56,5 juta, dalam jangka panjang mobil ini akan terasa lebih murah. Apalagi dengan insentif pajak yang diberikan pemerintah terhadap mobil listrik.

>>> 5 Alasan Ini Membuat Toyota Corolla Cross Hybrid Cocok di Indonesia

Dimensi

Nissan Leaf memiliki panjang 4.480 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.540 mm. Sedangkan Toyota Corolla Altis Hybrid memiliki panjang 4.630 mm, lebar, 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm.

Untuk wheelbase, baik Leaf maupun Corolla Altis Hybrid memiliki jarak antar poros roda 2.700 mm. Ground clearancenya juga tak berbeda jauh, Leaf dengan 150 mm dan Corolla dengan 155 mm.

Gambar Toyota Corolla Altis Hybrid

Menurut kami, kedua mobil memiliki dimensi yang tepat sebagai alat mobilitas sehari-hari di perkotaan

Sebagai sebuah hatchback, wajar jika Leaf lebih pendek dibanding Corolla Altis Hybrid. Namun rasanya leg room dan head room kedua mobil tidak berbeda jauh. Dengan dimensi yang cukup dekat, kami rasa tidak ada yang mengungguli satu sama lain untuk parameter ini.

Performa

Sebagai mobil listrik, Nissan Leaf digerakkan oleh motor listrik Synchronous Motor EM57 yang menghasilkan tenaga 148 HP dengan torsi 320 Nm. Dengan berbekal baterai 40 kWh, Leaf dapat menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian daya.

Toyota Corolla Altis Hybrid dibekali dengan mesin 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder Atkinson cycle yang menghasilkan tenaga 98 HP dan torsi 142 Nm. Jika dikawinkan dengan motor listriknya, mobil ini bisa menghasilkan tenaga keseluruhan hingga 134 HP dengan torsi 207 Nm.

>>> Adu Spesifikasi Nissan Leaf vs Hyundai Ioniq, Siapa Lebih Unggul?

Gambar Mesin Corolla Altis Hybrid

Dapur pacu Corolla Cross Hybrid ini sudah sangat efisien untuk ukuran mesin yang masih meminum bensin

Dengan mesin tersebut, Toyota mengklaim bahwa Corolla Altis Hybrid dapat mencapai rata-rata efisiensi hingga 26 kilometer per liter. Dengan kapasitas tangki bahan bakar 43 liter, artinya mobil ini bisa menempuh jarak hingga 1.118 kilometer dalam sekali pengisian bahan bakar secara penuh.

Beralih ke akselerasi, Nissan Leaf hanya membutuhkan waktu 7,9 detik untuk berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam. Sedangkan Corolla membutuhkan waktu 12,6 detik untuk menyelesaikan tugas yang sama.

Gambar Motor Listrik Nissan Leaf

Motor listrik dan baterai Nissan Leaf

Secara keseluruhan, Leaf membutuhkan biaya yang lebih sedikit untuk mengisi daya, memiliki tenaga yang lebih besar, serta akselerasi yang lebih cepat. Meski jangkauannya hanya 311 km dalam sekali pengisian daya, rasanya jarak tersebut sudah cukup untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota.

Kesimpulan

Jika Anda tidak ragu untuk menggunakan mobil listrik dan rela untuk mengisi dayanya dalam waktu yang cukup lama, kami rasa Nissan Leaf bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Bahkan jika dibanding mobil listrik lain dengan harga serupa, mobil ini masih jauh lebih brilian.

Tetapi jika Anda masih belum siap beralih ke mobil listrik, butuh kepraktisan dan tak keberatan untuk mengisi bahan bakar sesekali, Toyota Corolla Altis Hybrid bisa jadi alternatif.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top