Gaet PLN, Nissan Indonesia Luncurkan SPKLU Perdana

02/11/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
PT Nissan Motor Distributor Indonesia bermitra dengan Perusahaan Listrik Negara meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mereka yang pertama.

Nissan menunjukkan keseriusan mereka untuk melakukan transisi ke era elektrifikasi di Indonesia. Setelah meluncurkan Nissan Kicks e-POWER dan Nissan LEAF, kini mereka meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) mereka yang pertama dengan menggandeng Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Peresmian SPKLU ini dilakukan oleh Evensius Go selaku Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) bersama dengan Bob Saril, Direktur Niaga dan Management Pelanggan PLN.

Gambar Evensius Go

Peresmian dibuka dengan kata sambutan dari Evensius Go

SPKLU tersebut dibangun di halaman parkir kantor utama NMDI yang berlokasi di Jl. MT Haryono Kav. 10, Jatinegara, Jakarta Timur. Dengan adanya fasilitas pengisian daya ini, Nissan berharap para pengguna mobil listrik mereka akan semakin mudah dalam mengisi daya.

Komitmen Nissan Terhadap Elektrifikasi Kendaraan di Indonesia

Peresmian SPKLU ini diharapkan dapat membantu usaha Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan akselerasi terhadap elektrifikasi moda transportasi dan pembangunan infrastruktur mobil listrik.

>>> Fakta Nissan Leaf 2021, Mobil Listrik Terbaru Nissan di Indonesia

"SPKLU ini kami dedikasikan untuk mendukung percepatan fasilitas Charging Station sehingga harapannya populasi kendaraan listrik akan cepat berkembang untuk mencapai lingkungan yang hijau dan bebas polusi," ungkap Evensius Go.

Gambar SPKLU Nissan

Stasiun pengisian daya ini terletak pada halaman parkir Wisma Indomobil 3

Seperti yang telah kami beritakan, Indonesia berniat untuk menghentikan penjualan kendaraan bermesin bakar konvensional pada tahun 2050. Keputusan itu berkaitan dengan roadmap menuju target nol emisi (Net Zero Emission) pada tahun 2060.

Saat ini, Nissan Indonesia sendiri baru memasarkan dua mobil berbasis elektrifikasi. Namun, mereka berkomitmen untuk memperkenalkan lebih banyak kendaraan listrik seiring dengan perkembangan infrastruktur di Tanah Air.

"Kami akan memperkenalkan lebih banyak kendaraan e-POWER ke depannya. Seperti Nissan Note e-POWER, X-Trail e-POWER, atau Serena e-POWER," sebut Evensius Go.

Nissan Akan Terus Menambah Fasilitas SPKLU di Indonesia

Selain SPKLU yang baru saja diresmikan di awal November ini, Nissan juga memiliki beberapa fasilitas charging station yang berada di jaringan dealer Nissan seperti di Nissan TB Simatupang, Nissan Puri Indah, Nissan Roxy & Nissan Bekasi Barat.

Gambar Tan Kim Piauw

Tan Kim Piauw memperagakan pengisian daya pada Nissan LEAF

Tan Kim Piauw, Direktur Sales & Maketing NMDI menyebut bahwa Nissan akan terus menambah fasilitas pengisian daya mobil listrik mereke ke depannya. Ia juga menyebut bahwa potensi Nissan LEAF sebagai mobil fleet perusahaan dapat membuka peluang pembangunan SPKLU pada kantor yang menjadi konsumen mereka.

>>> Harga Beda Tipis, Pilih Nissan Leaf atau Hyundai Ioniq Electric?

"Kita tahu bahwa LEAF berpotensi sebagai mobil fleet. Karena itu, ketika ada perusahaan yang memesan 10 unit LEAF kita akan sediakan SPKLU," terangnya.

Kembali ke SPKLU pertama mereka, Nissan menyediakan moda pengisian daya dengan AC Charger 7.4 kW dan DC Charger 25 kW yang membutuhkan waktu pengisian daya dari 0 hingga 100% dalam waktu 60 menit.

Fasilitas ini terbuka untuk umum, artinya semua mobil listrik dari berbagai merek dan model bisa melakukan pengisian daya pada charging station yang disediakan. Bagi pemilik kendaraan listrik yang ingin melakukan pengisian daya di SPKLU milik Nissan, bisa mengunduh aplikasi Charge.IN dari PLN pada gawai Anda.

Tarif isi daya mobil listrik mengacu pada kategori tarif layanan khusus dengan rumus Rp1.650 per kWh x N, N tidak lebih dari 1,5. Artinya, untuk mengisi baterai Nissan LEAF yang berkapasitas 40 kWh dalam kondisi low battery hingga penuh, Anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 60 ribuan.

>>> Simak Pilihan Mobil Baru Beserta Harga dan Promonya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top