Muscle Car Listrik Dogde Ini Bakal Jadi The Next Mobil Toretto?

09/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebagai pabrikan di bawah Stellantis, tak mengejutkan jika Dodge beralih ke elektrifikasi. Sebagai merek Amerika, tentu muscle car listrik jadi opsi utama.

Dodge menjadi pabrikan terbaru yang beralih ke era elektrifikasi. Hal tersebut diumukan pada livestream EV Day yang ditayangkan pada channel YouTube resmi Stellantis, Kamis (8/7).

Pabrikan yang akrab dengan muscle car ini tentu saja memulai era tersebut dengan membuat versi listrik dari mobil khas Amerika Serikat tersebut. Ini akan menjadi muscle car listrik yang pertama mengingat Ford yang banting setir saat memperkenalkan Mustang E-Mach sebagai mobil SUV.

>>> Debut Ford Puma Rally1, Mobil Hybrid Yang Akan Mengikuti WRC 2022

Ogah Tinggalkan Tradisi

Tim Kuniskis, CEO Dodge menyebutkan perusahaannya akan terjun ke era elektrifikasi kendaraan bermotor tanpa meninggalkan tradisi Dodge yang identik dengan muscle car.

Gambar Tim Kuniskis

Tim Kuniskis, CEO Dodge

"Dodge akan meluncurkan muscle car listrik bertenaga baterai pertama di dunia," ungkap Kuniskis.

Ia juga menyebut 2024 sebagai tahun peluncuran dari mobil tersebut. Namun, Kuniskis rupanya enggan mengakui Dodge sebagai penjual mobil listrik. Ia pun menyebut sang mobil sebagai eMuscle, yang sepertinya adalah singkatan dari electric muscle.

Apapun nama marketing yang coba ia sematkan, yang pasti mobil ini akan menggunakan motor elektris dan baterai sebagai pengganti mesin V8 gahar nan boros yang identik dengan muscle car.

>>> Sejarah Pintu Gunting Mobil Joko Dalam Sinetron 'Dari Jendela SMP'

Bakal Jadi Tunggangan Dominic Toretto Yang Baru?

Ini hanya imajinasi penulis saja mengingat Fast & Furious Saga masih menyisakan satu film lagi untuk dirilis beberapa tahun mendatang. Dominic Toretto, karakter utama dalam film tersebut memang akrab menggunakan mobil-mobil Dodge.

Gambar Dominic Toretto

Dominic Toretto tanpa mobil Dodge, bagai makan soto tanpa kerupuk

Dodge Challenger berkali-kali menjadi pilihan bagi Dom saat harus beraksi membela "keluarga" pada saga yang sudah menghasilkan 9 film otomotif yang epik. Kembali ke livestream EV Day Stellantis, pihak Dodge tak lupa memberikan sedikit teaser terkait mobil ini untuk menjadi bahan perbincangan kita, para penikmat dunia otomotif.

>>> Panas! Perseteruan Paspampres vs Polisi di Pos Penyekatan PPKM Darurat

Secara bentuk, memang mobil tersebut tak terlihat begitu jelas karena mobil tersebut hanya tampil sebagai siluet. Namun, lekukan body yang boxy dan gagah mengisyaratkan Dodge Charger dan Challenger versi baru bermotor listrik.

Gambar eMuscle Dodge

Mobil "eMuscle" Dodge saat melakukan burnout

Tak hanya itu, Dodge juga menggoda para penggemar setianya dengan logo segitiga berwarna merah yang menyala di tengah grill dan buritan mobil. Logo tersebut mengingatkan kami pada logo Dodge di era 1960-1970-an bernama Fratzog.

Sebagaimana fitrahnya muscle car, mobil tersebut juga melakukan burnout yang membuat asap mengepul dari keempat roda yang menandakan mobil ini akan hadir dengan penggerak AWD. Seperti apa ya nanti wujud muscle car listrik dari Dodge? Siapa tahu, film Fast & Furious selanjutnya akan menampilkan mobil ini sebagai bintang utama.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top