Debut Ford Puma Rally1, Mobil Hybrid Yang Akan Mengikuti WRC 2022

09/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Tim M-Sport Ford World Rally meluncurkan mobil hybrid Puma Rally1 yang akan mengikuti World Rally Championship tahun depan, menggantikan Ford Fiesta WRC.

Mobil hybrid ini diperkenalkan pada Goodwood Festival of Speed yang sedang dilaksanakan hingga tanggal 11 Juli di Sussex, Inggris. Ford Puma Rally1 dibangun dengan regulasi teknis WRC baru yang akan diperkenalkan untuk musim balap 2022.

Regulasi baru ini mempertahankan mesin bensin turbocharged 1,6 liter yang saat ini digunakan, namun menambahkan motor listrik hybrid 134 Hp yang ditenagai oleh baterai 3,9kWh. Mobil-mobil WRC tahun depan juga akan menggunakan bahan bakar bebas fosil yang berkelanjutan.

Gambar Ford Puma Rally1

Mobil ini menjalani debut di Goodwoof Festival of Speed

>>> Adu 'Otot' Toyota Raize vs Renault Kiger, Siapa Unggul?

Gantikan Fiesta WRC

Tim M-Sport telah menggunakan Ford Fiesta WRC sejak 2011, saat masih menjadi tim WRC global Ford. Meskipun sudah menjadi tim privateer sejak 2012, mereka tetap mempertahankan hubungan dekat dengan Ford, yang ingin menunjukkan kemampuan dari crossover Puma dan teknologi hibridanya.

Prototipe Puma Rally1 akan dikendarai di Goodwood oleh pembalap WRC saat ini Adrian Fourmaux dan pembalap penguji Matthew Wilson. Kemudian mobil tersebut akan digunakan sebagai mobil pengembangan menjelang musim balap 2022.

Gambar Puma Rally1

Era baru mobil balap WRC adalah hybrid

"Era baru mobil WRC adalah salah satu kemajuan teknologi terbesar di WRC hingga saat ini. Pengenalan teknologi hybrid berarti mobil akan lebih bertenaga dari sebelumnya sementara mencerminkan kemampuan mesin hybrid pada mobil produksi yang ada di jalanan," ungkap bos dari M-Sport, Malcolm Wilson.

>>> Panas! Perseteruan Paspampres vs Polisi di Pos Penyekatan PPKM Darurat

Nama Puma di Dunia Rally

Dia menggambarkan peralihan mobil ke Puma Rally1 sebagai sesuaty yang "sangat menarik", mengingat bahwa nama tersebut memiliki sejarah di dunia rally.

“Peralihan ke Puma sangat menarik, dengan nama yang sudah memiliki warisan rally. Mobilnya terlihat fantastis dan saya tidak sabar untuk melihatnya di garis start Monte Carlo Rally yang terkenal pada awal 2022” ujar Wilson.

Versi penggerak dua roda dari Puma generasi pendahulunya adalah mobil yang terdepan di WRC Junior dan berbagai seri nasional di awal 2000-an.

Gambar Ford Puma

Ford Puma generasi terdahulu dikenal dengan segudang prestasi

M-Sport telah berkomitmen pada regulasi teknis WRC yang baru untuk tiga musim ke depan. Puma Rally1 akan menghadapi penantang Rally1 dari Toyota dan Hyundai, yang akan dilanjutkan dengan Yaris dan i20 N dari masing-masing pabrikan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top