Sejarah Pintu Gunting Mobil Joko Dalam Sinetron 'Dari Jendela SMP'

09/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bicara soal Lamborghini, pasti tidak lepas dari pesona pintu gunting atau scissor doors yang ikonik. Ini sejarah dibuatnya mekanisme bukaan pintu tersebut.

Baru-baru ini, media sosial sempat dihibur oleh cuplikan adegan dari salah satu episode sinetron 'Dari Jendela SMP'. Hal tersebut disebabkan oleh Honda Jazz GE8 yang dikemudikan oleh sang karakter utama, Joko.

Mobil berwarna putih yang sudah dimodifikasi tersebut rupanya mengaplikasikan mekanisme pintu gunting yang akrab digunakan oleh sebuah Lamborghini. Namun, netizen justru mengomentari modifikasi pintu tersebut yang mereka nilai sedikit memaksa.

Gambar Cuplikan Adegan Pintu Mobil Joko

Adegan yang menjadi pembicaraan netizen di media sosial

"Engselnya kendor itu, goyang-goyang wkwkwk," canda salah seorang netizen di Instagram.

Tak sedikit yang mengolok-olok modifikasi yang sempat ramai digunakan di Indonesia pada awal tahun 2000-an ini. Pada saat itu, hampir setiap kontes mobil modifikasi yang diadakan pasti dihiasi oleh mobil-mobil dengan pintu gunting.

>>> Panas! Perseteruan Paspampres vs Polisi di Pos Penyekatan PPKM Darurat

Sejarah Scissor Doors

Mobil pertama yang menggunakan pintu gunting adalah mobil konsep Alfa Romeo Carabo tahun 1968 yang dirancang oleh Marcello Gandini dari Bertone. Gandini menginginkan desain yang inovatif sebagai solusi dari visibilitas belakang mobil yang sangat buruk.

Meski Alfa Romeo menjadi yang pertama dalam penggunaan pintu tersebut, Lamborghini Countach yang juga didesain oleh Gandini menjadi mobil produksi pertama yang mempopulerkannya.

Gambar Alfa Romeo Carabo

Alfa Romeo Carabo yang jadi cikal bakal penggunaan pintu ini

Untuk memundurkan mobil, pengemudi dapat mengangkat pintu dan menyandarkan tubuh bagian atasnya keluar dari palka untuk melihat ke belakang. Solusi yang sebenarnya agak menyulitkan ya. Meski begitu, desainnya yang radikal kerap mengundang decak kagum.

Karena popularitasnya, Lamborghini masih mempertahankan pintu tersebut untuk mobil-mobil bermesin V12 mereka.

>>> Adu 'Otot' Toyota Raize vs Renault Kiger, Siapa Unggul?

Modifikasi Yang Populer

Tak hanya Lamborghini, pemilik mobil yang mendambakan pintu gunting tersebut akhirnya memutar otak untuk mengaplikasikannya ke mobil mereka. Hal ini juga didorong oleh naiknya minat modifikasi mobil karena film The Fast and the Furious yang dirilis pada tahun 2001.

Vertical Doors Inc dan Scissor Doors Inc pun akhirnya merilis conversion kit untuk merubah pintu standar mobil agar bisa dibuka menjulang ke atas.

Gambar Modifikasi Scissor Doors

Modifikasi pintu ini sempat populer di awal tahun 2000-an

Tak butuh waktu lama hingga modifikator di Indonesia pun ikut tenggelam dalam tren tersebut dan memesan kit tersebut dari Amerika Serikat, atau membuatnya sendiri secara custom.

Yang tidak disangka adalah tren ini ternyata bisa bertahan hingga 2021 saat Honda Jazz milik Joko tampil di layar kaca.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top