Sayonara, Ini Deretan Mobil yang Berhenti Dijual di Indonesia

02/01/2022

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Merosotnya penjualan atau disebabkan oleh penutupan pabrik yang memproduksi, inilah deretan 7 mobil yang berhenti dijual di Indonesia sejak 2021 lalu.

Beragam mobil baru yang berdatangan dari berbagai pabrikan diperkenalkan di sepanjang 2021. Begitu pula dengan semakin banyaknya pabrikan yang masuk ke ranah elektrifikasi. Disisi lain, beberapa model pun mendapatkan disuntik mati dan tak lagi dipasarkan. Ini 7 mobil yang berhenti dijual di Indonesia.

1. Mitsubishi Outlander Sport (Februari)

Mitsubishi Outlander Sport bekas berwarna putih
Outlander Sport menjadi mobil baru pertama yang tak dipasarkan tahun 2021

Memasuki bulan kedua 2021, Mitsubishi mengabarkan bahwa mereka tak lagi memasarkan Outlander Sport karena ketersediaan unit yang sudah habis. Sebelumnya, Mitsubishi memproduksi mobil yang juga dikenal dengan nama Mitsubishi ASX ini di pabrik mereka di Pulo Gadung hingga tahun 2018. Hingga saat ini, belum ada kabar terbaru mengenai pengganti SUV kompak ini.

>>> Mobil Listrik Terlaris Eropa 2021 Ternyata Dijual Juga di Indonesia

2. Isuzu Panther (Februari)

mobil bekas Isuzu Panther di Indonesia
Model legendaris ini disuntik mati pada Februari 2021

Ujung tombak Isuzu ini mengakhiri petualangan selama 30 tahun. Tepat pada bulan Februari tahun lalu, Isuzu mengumumkan bahwa mereka sudah tidak lagi memasarkan MPV yang sempat menjadi salah satu mobil terpopuler di Indonesia ini. Saat ini, Isuzu hanya menyisakan duo SUV berbadan kekar, Isuzu MU-X dan Isuzu D-Max, di segmen mobil penumpang.

3. Nissan Terra (Februari)

Salah satu model SUV lainnya yang dipangkas penjualannya yaitu Nissan Terra yang hanya memiliki tiga tahun penjualan di Indonesia sejak diperkenalkan pada GIIAS 2018 silam. Terra tak lagi bergeming setelah mendapatkan persaingan dari Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang perkasa di segmen medium SUV ini.

4. Honda Jazz (Maret)

Honda City Hatchback yang diperkenalkan pada bulan Maret 2021 langsung datang menggantikan Honda Jazz di Indonesia. Melenggang sejak tahun 2003, Jazz tak lagi dipasarkan karena model ini memiliki karakter yang mirip dengan hatchback Honda lainnya. Model terakhir Jazz yang mendapatkan peningkatan yaitu ketika facelift generasi ketiga dirilis tahun 2017.

>>> Bye Honda Jazz, Welcome Honda City Hatchback Speed Challenge 2022

5. Suzuki Karimun Wagon R (November)

mobil bekas Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia
Mobil baru Karimun Wagon tak lagi dipasarkan di Indonesia

Mobil baru Suzuki Karimun Wagon R sepertinya tak lagi bisa ditemukan tahun 2022. Mengingat Suzuki mengumumkan penyetopan penjualan mobil perkotaan yang mungil ini pada gelaran GIIAS 2021 lalu. Mereka beralasan ingin mengalihkan fokus pada model listrik. Meski kurangnya angka penjualan bisa menjadi salah satu alasannya.

6. Honda Civic Hatchback RS (Desember)

Setelah Honda Jazz, kali ini Honda mengumumkan tak lagi memasarkan model premium Honda Civic Hatchback RS di Indonesia. Honda menyebutkan bahwa faktor penjualan yang tak begitu baik serta fokus pemasaran Civic sedan dan City Hatchback menjadi alasan penghentian penjualan mobil ini.

7. Honda Odyssey (Desember)

mobil baru Honda Odyssey berwarna putih
Mobil baru Honda Odyssey yang diperkenalkan pada 2021 lalu

Kabar yang mengejutkan datang kembali dari Honda yang menyuntik mati mobil ketiganya di tahun 2021 lalu. Honda pun menyebutkan bahwa penjualan MPV bergaya body ini akan dilakukan hingga unit yang tersisa habis. Sejalan dengan penghentian produksi Odyssey di Thailand yang terjadi beberapa waktu lalu akibat ditutupnya fasilitas produksi Odyssey di Sayama, Jepang.

>>> Honda Odyssey 2.4L 2021: Semakin Aman dan Nyaman

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top