Honda Odyssey 2.4L 2021: Semakin Aman dan Nyaman

04/08/2021

Share this post:

Honda Odyssey 2021

Editor rate:

Rp 888.000.000

Lihat promo

Honda Odyssey 2.4L 2021 menjadi salah satu MPV premium Honda yang menawarkan karakter kenyamanan dan keselamatan dalam satu paket yang menyenangkan...

Honda Odyssey 2.4L 2021: Semakin Aman dan Nyaman
Honda Odyssey 2.4L 2021: Semakin Aman dan Nyaman
0 Gambar
Varian Harga Spesifikasi
2.4L Rp 888.000.000
Harga OTR
7 Kursi, 2356 cc, 173 hp, Bensin Lihat promo

Pengantar Honda Odyssey 2021

Mari kita simak spesifikasi Honda Odyssey 2021 di bawah ini.

Kelebihan

interior mewah dan nyaman 

Desain elegan dan modern

Fitur berlimpah dan harga kompetitif  

Kekurangan

Hanya ada satu varian 

Inden agak lama

Sudah perlu ganti model (beredar sejak 2013)   

Kehadiran Honda Odyssey 2.4L 2021 versi facelift ini semakin menegaskan keahlian Honda dalam hal membuat MPV yang menyenangkan. Maksudnya bukan cuma menyenangkan bagi penumpang, juga sama menyenangkan untuk dikemudikan sendiri. Pada sisi lain, MPV Honda ini tampil dengan aura modern elegan didukung  fitur canggih dan lengkap serta value for money.

gambar honda odyssey

Honda Odyssey = MPV + sedan dalam satu paket yang pas  

Bicara soal MPV mewah, konsumen Indonesia selalu memakai Toyota Alphard sebagai acuan untuk menilai produk lain yang sekelas. Padahal Honda juga punya jagoan andalan Honda Odyssey yang sudah beredar  di Indonesia sejak tahun 2003. Kini generasi ke-lima yang masuk jalur produksi mulai tahun 2013 tampil dengan penyegaran tahap kedua (tahap pertama tahun 2017-2018).

Foto Honda Odyssey 2021

Seberapa menarik MPV mewah Honda ini?

Berbekal  konsep “Amplified Confidence”, MPV premium Honda yang meluncur di kanal Youtube Hondaisme pada 18 Februari 2021 menawarkan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik, disertai tampilan baru yang semakin mewah dan elegan. Secara spesifik, fitur keselamatan yang menjadi nilai jual unggulan Honda Odyssey versi facelift ini adalah Honda Sensing.

>>> Di Indonesia Mobil MPV Paling Laku, di Dunia Malah Terlaris ke-6

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Honda Odyssey 2021

Review Honda Odyssey 2.4L 2021 : Depan

Fascia depan Honda Odyssey 2.4L 2021 versi facelift mudah dikenali melalui  desain grille two-piece yang menganut model tumpuk (tebal di atas dan tipis-tipis di bawah) disertai desain bemper terbaru dan lampu depan model baru dengan proyektor serta DRL pada sisi bawahnya.

gambar honda odyssey

Tampilan grille yang terpisah menandai versi facelift

Kini lampu depan dan lampu kabut menganut LED, sedangkan lampu sein menerapkan penyalaan sekuensial yang serupa dengan Honda CR-V 2021. Penyegaran penampilan Honda Odyssey 2.4L 2021 ini serupa dengan Honda Odyssey JDM versi second facelift.    

Review Honda Odyssey 2.4L 2021 : Samping

Pada bagian samping, Honda Odyssey 2.4L 2021 tampil dengan velg 17 inci yang memiliki desain multi spoke sehingga lebih elegan dan lebih segar. Desain spoke-nya terlihat lebih tebal dan jarak antara setiap spoke dibuat lebih lebar.

gambar honda odyssey

Sisi samping menampilkan kesan elegan dan berkelas 

Secara keseluruhan, desain velg model baru ini menegaskan aura berkelas dan elegan pada Honda Odyssey 2.4L 2021. Tidak  ketinggalan  panel aksen krom tipis untuk side skirt yang memanjang dari pintu depan hingga tepi bemper belakang.

Review Honda Odyssey 2.4L 2021 : Belakang

Pada fascia belakang terlihat  paduan lampu buritan dengan chrome bar tipis yang memanjang selebar bodi dari sisi kiri ke kanan. Sejatinya, lampu belakang model kombinasi  dengan LED sudah berdinas sejak sebelum facelift.

gambar honda odyssey

Penyegaran mencakup desain baru untuk lampu belakang 

Pembaharuan di sini adalah desain lampu yang dibuat lebih tegas dan terkesan seperti mata yang sedang menatap tajam. Meski dimensi bodinya besar tapi saat hendak parkir mundur Anda tak perlu khawatir, selain tersedia kamera dan juga tersedia sensor parkir.


Interior Honda Odyssey 2021

Membahas aspek interior Honda Odyssey 2.4L 2021 bisa dilakukan dari sisi pengemudi atau penumpang karena keduanya sama-sama menawarkan pengalaman yang menyenangkan  Namun sebagai MPV, benang merahnya adalah  kemewahan dan kenyamanan menjadi  fokus utamanya.

Review Honda Odyssey 2.4L 2021 Dashboard

Desain dashboard yang ergonomis membantu  pengemudi untuk mengoperasikan berbagai tuas dan tombol karena semuanya mudah dijangkau. Begitu pula  pengaturan AC digital dengan tri-zone walau perlu adaptasi sedikit untuk pengoperasiannya.

Head unit MPV ini sudah memakai layar sentuh 8 inci yang dilengkapi sistem navigasi,  mendukung konektivitas dengan ponsel (hands free), serta colokan USB, HDMI, Bluetooth, dan kompatibel dengan iPod dan iPhone.

gambar dashboard

Dashboard ergonomis memberikan pengalaman yang menyenangkan

Di bawah dashboard terdapat laci simpan serbaguna dengan penempatan yang tepat sehingga tidak mengganggu ruang gerak. Pada sisi lain, Honda mempertahankan desain dashboard model gantung dengan tuas transmisi yang terintegarsi untuk memaksimalkan ruang kabin depan.       

Review Honda Odyssey 2.4L 2021 Kursi

Seperti MPV mewah lainnya, kenyamanan terbaik selalu melekat pada kursi baris kedua. Sepasang captain seat yang  berukuran besar dan dibungkus lapisan kulit  model kerutan yang memberikan kesan sedang duduk di atas sofa rumah yang mewah dan nyaman.

gambar honda odyssey

Kenyamanan terbaik untuk penumpang ditawarkan pada area ini

Lebih dari itu, kursi baris kedua dilengkapi fitur ottoman (sandaran kaki) dan pengaturan manual untuk geser maju-mundur, kiri kanan dan rebah (reclining) untuk memberikan kenyamanan terbaik sepanajang perjalanan. O iya,ambient lamp  dan side sunshade membuat perjalanan terasa semakin nikmat.  

Review Honda Odyssey 2.4L 2021 Bagasi

Dalam kondisi semua kursi terpasang, tersedia ruang bagasi dengan kapasitas 322 liter (metode VDA). Dan jika kursi baris ketiga (belakang) dilipat maka volume ruang bagasi meningkat menjadi 1.725 liter.

gambar honda odyssey

Kursi belakang bisa dilipat serata lantai untuk memaksimalkan ruang bagasi

Enaknya lagi, kursi belakang bisa dilipat serata laintai sehingga  kursi baris kedua dapat dimundurkan jauh ke belakang untuk memaksimalkan kenyamanan. MPV besar mana yang bisa begini?

Fitur Honda Odyssey 2021

MPV kelas premium Honda ini menawarkan serangkaian fitur memikat berupa hiburan, pengemudian maupun keselamatan yang menjadi nilai jual unggulan Toyota Raize 1.0T GR Sport 2021 dibandingkan dengan para rivalnya.

Fitur Honda Odyssey 2.4L 2021 : Keselamatan 

gambar honda sensing

Salah satu aspek dalam fitur keselamatan Honda Sensing

MPV kelas premium andalan Honda ini menawarkan fitur keselamatan Honda Sensing yang terdiri atas empat unsur Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDMS), Lane Keeping Assist System (LKAS).dan Adaptive Cruise Control (ACC). Secara sederhana, empat kelompok tadi memungkinkan Honda Odyssey 2.4L 2021 untuk selalu berada di jalurnya dengan aman sambil menjaga jarak aman dan menghindari potensi benturan dengan kendaraan lain. 

gambar airbag

Ada enam unit airbag pada Honda Odyssey 2.4L 2021

Perangkat  keselamatan lainnya mencakup  enam unit airbag (depan, samping, dan curtain),  seat belt  reminder,  ISOFIX, dan  emergency stop signal untuk mengingatkan pengemudi kendaraan di belakang. Sistem rem ABS/EBD/BA sudah menjadi kelengkapan standar. Begitu juga fitur  Vehicle Stability Assistant (VSA), Active Cornering Lights, Hill Start Assist, Blind Spot Information dan Cross Traffic Monitor, sampai Multi View Camera Assist melengkapi sistem keselamatan MPV andalan Honda ini. Hanya saja, fitur Honda Sensing Honda Odyssey  tidak  selengkap Honda CR-V, semisal fitur Low Speed Follow (LSF) yang  tidak ada pada MPV premium tersebut. Selain itu, fitur Auto High Beam (AHB) juga absen  

Fitur Honda Odyssey 2.4L 2021 : Driving

Salah satu fitur unggulan Honda Odyssey 2.4L 2021 adalah multi-camera view assist yang membantu pengemudi untuk  memilih lokasi parkir melalui layar head unit. Setelah menentukan lokasi parkir, Honda Odyssey secara otomatis mengambil kendali atas kemudi sehingga  pengemudi hanya perlu mengoperasikan pedal  gas, pedal rem dan  posisi transmisi.

gambar smart driving

Membantu pengemudi untuk memilih lokasi parkir

Fitur ini memudahkan pengemudi saat akan parkir pararel ataupun di lokasi  yang sulit. O iya, kamera multi angle pada MPV ini tidak hanya mengarah ke  depan atau belakang, juga  sampai ke sisi samping bahkan hingga 360o. 

Fitur Honda Odyssey 2.4L 2021 : Kepraktisan

Menyandang predikat MPV kelas premium, kurang lengkap kalau tidak memiliki fitur yang mendukung kepraktisan bagi pemakainya. Itu sebabnya,  Honda Odyssey 2021  dilengkapi dengan fitur hands free power tailgate yang membuat  pintu bagasi bisa dibuka dan ditutup dengan gerakan kaki.

gambar power tailgate

Membuka dan mengunci pintu bagasi dengan ayunan kaki berkat fitur hands free power tailgate

Fitur ini membantu saat Anda repot karena kedua tangan membawa barang  belanjaan. Terakhir ada fitur reservation lock yang memungkinkan  pengguna MPV premium Honda ini untuk melakukan penguncian pintu geser tanpa harus menunggu pintu tertutup dengan sempurna. 

Operasi Honda Odyssey 2021

Honda Odyssey 2.4L 2021 didukung mesin K24, empat silinder segaris  i-VTEC DOHC 16 katup dengan teknologi Drive by Wire. Mesin ini menghasikan tenaga maksimal 173 hp dan  torsi puncak  225 Nm. Honda mengklaim mesin K24 sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 4. Mesin ini mempunyai rasio kompresi 10,1:1 yang tergolong tinggi namun secara relatif masih toleran terhadap fluktuasi mutu bensin daripada mesin dengan rasio kompresi 10.5:1 

gambar mesin honda doyssey

Performa dan efisiensi menjadi satu 

Semua output mesin disalurkan menuju roda depan melalui transmisi CVT variable speed dengan spread ratio mulai dari 2,645 - 0,405 dan final gear 5,048. Secara teori, kombinasi tersebut menghasilkan karakter akselerasi responsif namun halus alias memadukan aspek sporty dan nyaman bagi para penumpang. Pada sisi lain, Honda Odyssey 2.4L 2021 dilengkapi fitur Eco Assist dan Eco Mode untuk menghemat konsumsi bensin.       

Spesifikasi Honda Odyssey 2021

Setelah membahas berbagai aspek lainnya, berikut paparan spesifikasi Honda Odyssey 2.4L 2021

Dimensi 

Panjang x Lebar x Tinggi

4.845 mm x 1.820 mm x 1.710 mm

Jarak Poros Roda

2.900 mm

Berat kosong 

1.700 kg –1.880 kg

Jarak Pijak (Depan/Belakang) 

1.560 mm/1.560 mm

Mesin dan Drivetrain

Tipe 

K24, 4 silinder segaris, DOHC 16 katup i-VTEC  

Kapasitas 

2.356 cc

Tenaga

173 hp/6.200 rpm

Torsi

225 Nm/4.000 rpm

Transmisi 

CVT

Sasis

Suspensi depan

MacPherson strut

Suspensi belakang

Torsion beam

Rem depan

Cakram ventilasi

Rem belakang 

Cakram solid

Ban & kemudi 

215/60 R17, rack & pinion, EPS

 

Daftar Harga Honda Odyssey 2021

PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya memasarkan satu varian Honda Odyssey 2.4L 2021  dengan  transmisi CVT dan dua pilihan warna (Platinum White Pearl dan Premium Sparkle Black Pearl) serta  harga Rp 888.000.000,- (harga OTR DKI Jakarta untuk kepemilikan pertama 2021). Tersedia paket aksesoris Modulo yang terdiri atas door visor, door mirror garnish, select knob (kulit), cargo upper cover, cargo net, cargo mat, dan cargo tray untuk konsumen yang menginginkan tampilan yang lebih stylish.

gambar honda odyssey

Harga kompetitif, fitur berlimpah, value for money tinggi  

Untuk setiap pembelian Honda Odyssey 2.4 L 2021, konsumen mendapatkan garansi 3 tahun/100.000 km dan gratis  biaya  jasa servis berkala 4 tahun/50.000 km. HPM juga  menawarkan paket perawatan yang terjangkau dan bebas kenaikan harga berupa  Paket Hemat 1 (4 tahun/50.000 km) dan Paket Hemat 2 (8 tahun/100.000 km).

Model  Harga 
Honda Odyssey 2.4L 2021 Rp 888.000.000

Kesimpulan Honda Odyssey 2021

Menyandang status sebagai salah satu MPV kelas premium, Honda Odyssey 2.4L 2021 menawarkan kelebihan pada harganya yang kompetitif dibanding para kompetitor sekelas. Fitur hiburan yang lengkap dan fitur keselamatan yang komprehensif juga menjadi nilai jual unggulan  MPV seharga Rp 800  jutaan ini. Pada sisi lain, Honda Odyssey 2.4L 2021 mempunyai kepribadian ganda, bisa dikemudikan sendiri layaknya mobil sedan atau menikmati kenyamanan sebagai penumpang kursi baris kedua.

gambar honda odyssey

MPV yang menyenangkan untuk dikemudikan sendiri atau dikemudikan oleh orang lain  

JIka Anda sedang mencari MPV kelas premium untuk keluarga dengan tingkat kenyamanan tinggi, fitur keselamatan lengkap, dan value for money yang memikat, Honda Odyssey 2.4L 2021 sangat layak menempati alternatif pertama yang masuk daftar pilihan. Apalagi nama besar Honda sudah menjadi jaminan dalam hal sensasi mengemudi tersendiri.

>>> Rekomendasi Mobil MPV Mewah Murah yang Cocok untuk Keluarga

Heradiranto
Share this post:
Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top