Mobil Listrik Terlaris Eropa 2021 Ternyata Dijual Juga di Indonesia

01/01/2022

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Dengan pasar kendaraan listrik yang semakin berkembang, Tesla Model 3 mengukuhkan diri sebagai mobil listrik terlaris di Eropa mengungguli lawan-lawannya.

Makin banyak model mobil listrik yang tersaji di Benua Biru, Eropa. Dari sekian ragam itu, ada satu model yang cukup menarik perhatian sekaligus menjadi mobil listrik terlaris di sana yakni Tesla Model 3. 

Dimenangkan oleh Tesla

Berdasarkan data yang diambil dari JATO Dynamics mengungkapkan bahwa total 113.397 unit Tesla Model 3 terjual hingga akhir November 2021 lalu. Model 3 sendiri sudah dipasarkan di Indonesia oleh Importir Umum (IU)

Penjualan tersebut mencatatkan peningkatan 84% bila dibandingkan tahun lalu dan menempatkanya hampir dua kali lipat dari pesaingnya di posisi kedua yang ditempati oleh Volkswagen ID.3. Meski mendapatkan peningkatan penjualan hingga 125% dibandingkan tahun 2020 lalu, ID.3 terjual sebanyak 63.109 unit selama 11 bulan 2021.

mobil baru Tesla Model 3 di Eropa
Tesla Model 3 menjadi mobil listrik terlaris di Eropa tahun 2021

>>> Uji Tabrak Tesla Model 3 Kalah dari Mobil Listrik Korea Selatan Ini

Model 3 bisa dibilang sebagai salah satu mobil listrik terpopuler di Eropa tahun ini hingga September lalu dan menjadi mobil terlaris di Benua Biru. Menariknya, penjualan Model 3 sempat tersalip oleh Tesla Model Y yang berhasil mengungguli penjualan VW ID.3 dan ID.4 pada bulan November.

Tesla diprediksi akan menyelesaikan tahun 2021 dengan pangsa pasar 2% untuk seluruh penjualan mobil di Eropa Barat. Mengungguli pabrikan mobil premium Jaguar Land Rover. Angka ini meningkat hingga lebih dua kali lipat dibandingkan tahun 2020 yang mencatatkan pangsa 0,9%.

>>> Ini Waktu Pengisian Baterai Mobil Listrik Tesla, Ada yang 7 Hari

Volkswagen paling produktif

Ketika berbicara dengan Auto News, Matthias Schmidt yang menulis European Electric Car Report atau Laporan Mobil Listrik Eropa mengindikasikan bahwa pangsa mobil listrik di Eropa Barat mencapai 11% tahun ini. Angka ini merupakan bagian dari kurangnya pasokan akibat kelangkaan semikonduktor yang terjadi sejak pertengahan tahun.

mobil listrik baru Volkswagen ID.3
Volkswagen Group merupakan pabrikan paling produktif tahun ini

Schmidt menambahkan bahwa Tesla akan mengakhiri tahun dengan penjualan sekitar 170.000 unit di Eropa. Sedangkan produksi mobil paling produktif di Eropa jatuh pada Volkswagen Group yang telah menghasilkan sekitar 300.000 unit penjualan mobil listrik melalui merek Volkswagen, Audi, Skoda, Porsche, hingga Cupra.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top