Merek Nissan, Inilah Kupasan Karakternya

23/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebelum memilih mobil dengan merek Nissan, kenali lebih mendalam berbagai karakter dasarnya agar lebih memahami perilaku kendaraan ini secara optimal

Sejatinya Nissan sudah lama berkiprah di Indonesia. Merek Nissan memasuki pasar otomotif Indonesia pada tahun 1960-an sebagai bagian dari  ekspansi  bisnis ke seluruh Asia dan Amerika. Seiring perjalanan waktu, Nissan di Indonesia sempat bergonta-ganti manajemen hingga  akhirnya kini menjadi PT Nissan Motor Distributor Indoinesia.

Gambar Nissan Terrano 2003-2006

Terrano merupakan SUV Nissan yang sempat populer di Tanah Air

Pada awalnya, Nissan hadir di Indonesia melalui merek Datsun dan terkenal dengan produk yang andal seperti pick-up (620) dan sedan (510, 120 Y, 160 SSS) dan SUV (Nissan Patrol). Kemudian menyusul produk legendaris pada setiap era seperti Terrano, X-Trail, serta tentunya Grand Livina.  Dan inilah rangkuman terkait karakter  merek Nissan  

>>> Tertarik untuk Beli? Ini Kelebihan Nissan Magnite 2021

Desain Konservatif

Salah satu ciri khas Nissan adalah desain (styling) yang konservatif. Boleh disebut kurang “eye catching” dan lebih cenderung elegan. Namun sekalinya Nissan membuat desain, hasilnya adalah “timeless” atau sekalian pemberontakan.

gambar nissan

Konservatif adalah bahasa desain Nissan

Sebagai contoh, desain sports car Nissan Z yang abadi sejak tahun 1969 hingga saat ini. Contoh lain adalah desain Nissan Juke yang benar-benar revolusioner dan kemudian menjadi viral serta diadaptasi oleh pabrikan lainnya.    

Life Span Relatif Lama

Setiap produk terbaru Nissan bisa diprediksi usia edarnya akan panjang. Secara rata-rata, product life span Nissan berkisar 7-10 tahun, bisa lebih singkat atau lebih lama. Contohnya, Nissan Grand Livina di Indonesia yang dirilis tahun 2007 dan berganti model pada tahun 2019.

gambar nissan grand livina

Nissan Grand Livina (L10/L11) dengan masa edar 2007-2019 

Contoh lain adalah Nissan Terrano (WD21) yang diproduksi di Indonesia pada kurun waktu 1995-2006. Contoh ekstrem? Nissan Patrol Y61 yang diproduksi tahun 1997 sampai sekarang (Maroko, Pakistan dan Afrika Selatan)  

Durabilitas

Satu kata lagi untuk produk Nissan adalah durabilitas. Publik Indonesia pada era tahun 1970-an dan 1980-an tentu akrab dengan Datsun 620, pick-up  bermesin 1,5 liter yang andal, bandel, dan tangguh. Begitu juga sedan Datsun pada masa itu yang terkenal kencang. Berlanjut dengan era modern yang diwakili Nissan Terrano.

gambar datsun

Datsun 620 pick-up yang terkenal dengan durabilitas istimewa

SUV dengan kode model WD21 itu untuk beberapa waktu lamanya menjadi mobil dinas kepolisian RI. O iya, sedan Nissan juga  meramaikan bisnis taksi di Indonesia melalui Sri Medali, Gamya dan Blue Bird. Kalau durabilitasnya meragukan tentu tidak akan dijadikan mobil dinas dan armada taksi.  

Suku Cadang

Banyak pemakai mobil Nissan yang mengeluhkan harga suku cadang yang mahal. Harga suku cadang Nissan terkenal mahal karena yang tersedia hanyalah genuine parts alias suku cadang asli. 

gambar busi

Harga busi mencapai ratusan ribu rupiah

Alternatif (suku cadang KW) boleh disebut minim. Pilihannya adalah beli suku cadang asli yang mahal dengan usia pakai lama. Atau beli suku cadang asal dengan usia pakai pendek.  

Perlakuan Khusus (SOP)

Dari segi teknologi otomotif, sebenarnya merek Nissan sama saja dengan mobil Jepang lainnya. Namun, mobil merek Nissan memiliki SOP tersendiri untuk setiap pekerjaan. Tidak mengikuti SOP sama dengan mengundang masalah besar di kemudian hari. Contoh,throttle body pada mesin HR15DE.

gambar nissan consult III

 Consult III menjadi perangkat penting untuk memindai masalah elektronik mobil Nissan

Setelah throttle body dibersihkan, lalu dirangkai kembali dan mesin dihidupkan, wajib dilakukan reset (setting ulang) secara manual atau memakai Consult. Jika tidak, putaran mesin (idle/stasioner) akan naik turun. Demikian pula ada beberapa bagian yang menganut pengencang khusus (baut bintang) sehingga butuh kunci khusus.   

Bengkel Spesialis

Yang bisa menangani mobil merek Nissan dengan tepat ya harus orang yang paham Nissan luar dalam. Hal itu berkaitan dengan SOP yang wajib diikuti secara baik dan benar. Intinya, jangan melakukan servis mobil merek Nissan ke sembarang bengkel umum.

gambar bengkel nissan

Kalau benkel resmi dianggap mahal, silakan ke bengkel umum yang benar-benar paham SOP Nissan

Kalau pun harus ke bengkel umum, pastikan teknisinya paham SOP untuk mobil Nissan. Kini semakin bertambah bengkel spesialis atau bengkel umum yang paham dengan SOP  Nissan untuk melayani konsumen. Jadi kalau sudah cocok dengan satu  bengkel,  ya jangan ganti-ganti bengkel supaya mobil ditangani dengan baik dan tepat.   

>>> Beli Nissan Leaf Sekarang, Bisa Pasang Wall Charger Gratis

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top