Mercedes-Benz Absen di GIIAS 2021, Ini Alasannya

10/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menjelang Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2021, Mercedes-Benz Indonesia mengumumkan bahwa mereka akan absen dari pameran otomotif tersebut.

Mercedes-Benz Indonesia memutuskan untuk absen dari pameran otomotif GIIAS 2021 yang direncanakan terselenggara pada bulan November. Pabrikan berlambang three-pointed star ini memilih untuk fokus dengan kegiatan mereka yang lebih dipersonalisasi.

Keputusan ini disampaikan oleh Deputy Director Sales Operation and Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Kariyanto Hardjosoemarto dalam acara Mercedes-AMG Track Day 2021 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (9/10).

Alasan Mercedes-Benz Absen

Kariyanto menyebut bahwa alasan mereka tidak mengikuti GIIAS 2021 berkaitan dengan timing. Seperti yang kita tahu, penyelenggaraan GIIAS tahun ini memang sempat menjadi pertanyaan karena penundaan akibat meningkatnya angka kasus positif COVID-19.

>>> Krisis Chip Semikonduktor Jadi Berkah untuk BMW dan Mercedes?

Gambar Mercedes-Benz Distribution Indonesia

Kariyanto membeberkan alasan Mercedes-Benz absen dari GIIAS 2021

"Untuk GIIAS kali ini (2021), kami tidak berpartisipasi. Pertimbangannya karena waktunya secara persiapan terlalu mepet," ujar Kariyanto.

Karena rangkaian penundaah tersebut, Mercedes-Benz Indonesia kesulitan untuk mengatur strategi dan merencanakan kegiatan di akhir tahun 2021.

"Ini kan sudah beberapa kali mengalami penundaan, sementara kami dari rencana kegiatan tidak bisa untuk menunggu terus," tambahnya.

Meski absen dari GIIAS, Mercedes-Benz menegaskan bahwa mereka akan tetap mendukung pelaksanaan pameran otomotif tersebut. Kariyanto berharap bahwa penyelenggaraan GIIAS dapat berdampak positif pada industri serta peningkatan minat konsumen terhadap pembelian mobil di Indonesia.

Fokus Pada Acara Sendiri

Gambar Mercedes-AMG Track Day

Sebagai gantinya, MBDI akan mengadakan lebih banyak acara sendiri yang dipersonalisasi seperti AMG Track Day

Sebagai gantinya, pabrikan asal Jerman ini akan mengadakan beberapa acara sendiri yang dipersonalisasi demi menjaring calon konsumen di akhir tahun 2021.

Contohnya seperti Star Expo yang beberapa waktu lalu dilaksanakan, dan Mercedes-AMG Track Day yang dilaksanakan pertama kali di Indonesia pada akhir pekan ini (9-10 Oktober 2021).

"Kami akan fokus pada kegiatan yang lebih personalize. Kegiatan yang kami lebih mudah kontrol pelaksanaannya, sehingga memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang datang seperti hari ini (Mercedes-AMG Track Day 2021),” tukas Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication PT MBDI.

Selain itu, mereka juga akan berfokus pada sosialisasi Virtual Showroom agar konsumen tetap bisa merasakan pengalaman membeli mobil Mercy meski di tengah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

>>> Mercedes-Benz Perkenalkan Konsep G-Class Listrik di Munich

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top