Mengintip Spesifikasi Esemka Bima 1.3L

02/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mengintip Spesifikasi Esemka Bima 1.3L
Mobil Esemka Bima 1.3 buatan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Boyolali jadi model paling laris di Indonesia dan paling banyak diproduksi. Berikut spesifikasinya!

Hampir setahun sejak PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 9 September 2019, pabrik Esemka terus beroperasi. Hal ini diketahui dari paparan Humas PT SMK, Sabar Budi. Dikatakan pabrik terus memproduksi dan mengirimkan unit ke pemesan.

“Sejak tahun lalu kami melakukan penjualan,” kata Sabar kepada Cintamobil.com di Boyolali, Selasa (1/9/2020).

Melihat langsung kondisinya saat ini, pabrik terlihat sepi. Tidak banyak lalu lalang kendaraan atau orang di area luar pabrik. Menurut Sabar kondisi pabrik memang lebih sepi sejak merebaknya pandemi COVID-19. Aktivitas tetap berjalan, namun jam kerja dibatasi hanya 2 jam, dari jam 09.00 WIB sampai jam 11.00 WIB.

>>> Ke Pabrik Esemka Lagi Setelah 2 Tahun, Begini Kondisinya Sekarang

Foto menunjukkan Pintu gerbang Pabrik Esemka Boyolali

Pabrik Esemka Boyolali bisa dikunjungi di jam kerja setiap hari

Model yang dijual

Dari beberapa model yang direncanakan, baru Esemka Bima 1.3 yang diproduksi paling banyak. Model ini diklaim mendapat respon cukup positif, terlihat dari jumlah unit yang dikirim ke konsumen. Pada tahun 2019 Esemka Bima 1.3 terjual sekitar 3.000 unit ke berbagai daerah. Sedangkan pada tahun ini ratusan unit juga dikirim.

“Bulan lalu kami kirim 200 unit ke Lampung.” ungkap Sabar tanpa menjelaskan secara mendetail siapa konsumennya. Dia hanya dipastikan pembelinya datang dari kalangan individu dan fleet.

Tampak di dalam ruang display hanya ada 4 unit mobil dipajang berjajar, semuanya Esemka Bima 1.3. Jumlah tersebut berkurang dikirim ke konsumen karena sebelumnya ruangan penuh.

>>> Esemka Baru Jual Pickup Bima, SUV Garuda Masih Prototipe

Foto Esemka Bima 1.3 tampak dari depan

Esemka Bima 1.3 sudah diproduksi massal dan dipasarkan

Spesifikasi

Dilihat dari dekat, Esemka Bima 1.3 terlihat besar dengan ukuran panjang 4930 mm, lebar 1720 mm, dan tinggi 1995 mm. Ukuran kargonya panjang 2970 mm, lebar 1740 mm, dan tinggi 470 mm, serta berdesain flat deck.

Dari dimensinya mobil ini lebih besar dibanding Mitsubishi L300 yang memiliki ukuran panjang 4170 mm, lebar 1700 mm, dan tinggi 1935 mm. Bima juga lebih besar dibanding Isuzu Traga yang berukuran panjang 4250 mm, lebar 1705 mm, dan tinggi 1985 mm.

Esemka Bima 1.3 dibekali mesin bensin 1300 cc DOHC 16V. Tenaga yang dihasilkan maksimum 63 kW (85 Hp) dan torsi 105 Nm.

>>> Perbedaan VTEC, VVT-I, DOHC, SOHC, I-DSI dan EFI

Foto Kargo Esemka Bima 1.3

Esemka Bima 1.3 dibekali kargo besar

Harga

Kelebihan lainnya adalah dari sisi harga. Mobil ini dibanderol Rp 125 juta On the Road Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jauh lebih murah dibanding umumnya mobil pick up di Indonesia. Bagi yang ingin memiliki pembelian dilayani di dealer Boyolali (satu lokasi dengan area pabrik) dengan cara tunai. Jika menghendaki pembelian kredit, pembeli bisa membawa sendiri leasingnya karena dealer Boyolali belum menyediakan finance.

“Silahkan datang ke dealer di Boyolali bagi yang tertarik untuk membeli, atau hubungi nomor (0271) 7851400,” tutup Sabar.

>>> Kata Esemka soal Pickup Bima yang Sering Dibilang Mobil China

Foto menunjukkan stiker Rekomendasi BBM Esemka Bima 1.3

Esemka merekomendasikan penggunaan BBM tanpa timbal

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Esemka Baru Jual Pickup Bima, SUV Garuda Masih Prototipe

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) membantah bahwa akan meluncurkan Esemka Garuda. Saat ini, SMK hanya memproduksi pickup Esemka Bima di pabrik Boyolali.

Lihat juga

Kata Esemka soal Pickup Bima yang Sering Dibilang Mobil China

30/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Pickup Esemka Bima tak luput dari sorotan masyarakat Indonesia setelah peluncurannya. Pickup Bima disebut-sebut mirip dengan mobil China, apa kata Esemka?

Lihat juga

Bukan Esemka, tapi KMW AMMDes yang Jalani Ekspor Perdana Ke Nigeria

29/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Bukanlah mobil Esemka yang sedang ramai diberitakan itu, namun KMW AMMDes yang merupakan hasil karya anak bangsa sukses melakukan ekspor perdana pada minggu ini

Lihat juga

Ini Dia Mitra Dealer yang Jual Mobil Esemka di Jakarta

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK) menyebut mobil pickup Esemka Bima bisa dibeli di mitra dealer yang tersedia di Boyolali dan juga Ibu Kota Jakarta.

Lihat juga

Logo Mobil Esemka Hingga Vinfast, Ini Logo 4 Mobil Nasional di ASEAN

08/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Penggunaan logo menjadi bagian penting dalam mobil, terlebih mobil nasional. Selain logo mobil Esemka, lihat lagi perkembangan beberapa logo mobil nasional yang ada di ASEAN.

Lihat juga