Kata Esemka soal Pickup Bima yang Sering Dibilang Mobil China

30/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kata Esemka soal Pickup Bima yang Sering Dibilang Mobil China
Pickup Esemka Bima tak luput dari sorotan masyarakat Indonesia setelah peluncurannya. Pickup Bima disebut-sebut mirip dengan mobil China, apa kata Esemka?

Sejak pertama kali desas-desus akan kemunculannya di Tanah Air, nama Esemka sering dikaitkan dengan mobil China. Bahkan, hingga akhirnya PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) meluncurkan mobil perdananya Esemka Bima pun tak luput dari sorotan serta dikaitkan dengan mobil China. 

Tapi, SMK pun tak ambil pusing dengan anggapan orang banyak.

Esemka Bima

Pickup Esemka Bima

>>> Ini Dia Mitra Dealer yang Jual Mobil Esemka di Jakarta

Biasa dalam Industri Otomotif

Pihak SMK tetap fokus berjualan dan memasarkan produknya di Tanah Air. Perkara dikaitkan dengan plagiat mobil China, SMK menyebut itu hal lumrah di industri otomotif. 

"Nggak apa-apa. Dalam industri otomotif adalah hal biasa dan itu salah satu cara dari alih teknologi," ungkap Humas PT SMK Sabar Budhi saat dikonfirmasi Cintamobil.com belum lama ini. 

Ya, tak lama berselang usai Esemka Bima diluncurkan di Indonesia dugaan plagiat dari mobil China mulai muncul. Tudingan plagiat itu diberikan lantaran adanya kemiripan desain dan juga spesifikasi mesin antara Bima dengan mobil China Changan Startruck. 

Esemka Bima

Ini mobil China yang disebut mirip Esemka Bima

Ada dua Esemka Bima yang dikenalkan di Indonesia, masing-masing berkapasitas 1.2 L dan 1.3 L. Mobil diproduksi PT SMK di pabriknya kawasa Desa Demangan, Boyolali. 

Esemka pun menolak bila disebut sebagai mobil nasional walaupun mengusung nama lokal dan juga diproduksi di dalam negeri. 

Presiden Direktur PT SMK Eddy Wirajaya sebelum peluncuran telah menyatakan, perusahaannya adalah swasta yang bergerak dalam bidang pembuatan dan produksi mobil. 

>>> Changan Punya SUV Baru, Kalau Jadi Mobil Esemka Keren Nih

Tegaskan Murni Pakai Komponen Lokal

Hanya saja seluruh jajaran manajemen serta para pekerjanya murni orang lokal. Begitu juga dengan lokasi produksinya, semua dilakukan di pabrik dalam negeri dan bukan impor.

"Kami bukan mobil nasional, tapi kami murni Indonesia. Kami produksi mobil di Indonesia dengan menggunakan tenaga dari Indonesia," tutur Eddy kala itu. 

Esemka memang terbilang spesial. Saat peresmian pabrik perdananya pun langsung dihadiri Presiden Joko Widodo. Namun ditegaskan PT SMK bahwa produksi sekaligus pabrik Esemka sama sekali tak ada kaitannya dengan Jokowi. Ya, nama Esemka sendiri mencuat kala Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo. 

Pabrik Esemka

Kehadiran Jokowi saat peluncuran pabrik Esemka

Kala itu, Jokowi menggunakan mobil garapan anak-anak SMK se-Indonesia itu sebagai kendaraan dinasnya.

"Kami juga menggunakan komponen dari perusahaan lokal untuk suku cadang. Investasi kami murni Indonesia, tidak ada dari pihak asing dan tanpa ada pak Jokowi, itu clear," sebut Eddy.

>>> Nggak mau ketinggalan berita otomotif yang terbaru lainnya, klik sini saja 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Bukan Esemka, tapi KMW AMMDes yang Jalani Ekspor Perdana Ke Nigeria

29/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Bukanlah mobil Esemka yang sedang ramai diberitakan itu, namun KMW AMMDes yang merupakan hasil karya anak bangsa sukses melakukan ekspor perdana pada minggu ini

Lihat juga

Esemka Baru Jual Pickup Bima, SUV Garuda Masih Prototipe

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) membantah bahwa akan meluncurkan Esemka Garuda. Saat ini, SMK hanya memproduksi pickup Esemka Bima di pabrik Boyolali.

Lihat juga

Sejarah Mobil Esemka: 13 Tahun Setelah Dipersiapkan, Bagaimana Nasibnya?

09/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Tahun lalu, sejarah mobil Esemka mencapai puncaknya setelah pabrik pembuatannya diresmikan di Boyolali. Kini beberapa bulan setelahnya, bagaimana nasib mobil karya anak bangsa ini?

Lihat juga

Logo Mobil Esemka Hingga Vinfast, Ini Logo 4 Mobil Nasional di ASEAN

08/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Penggunaan logo menjadi bagian penting dalam mobil, terlebih mobil nasional. Selain logo mobil Esemka, lihat lagi perkembangan beberapa logo mobil nasional yang ada di ASEAN.

Lihat juga

Changan Punya SUV Baru, Kalau Jadi Mobil Esemka Keren Nih

16/01/2020

Mobil baru

3 menit

Salah satu pabrikan asal China yakni Changan baru-baru ini memperkenalkan Changan UNI-T yang pastinya akan keren kalau basis ini jadi mobil Esemka SUV terbaru

Lihat juga
 
back to top