Menaksir Harga Honda City Hatchback RS di Indonesia, Lebih Murah dari Jazz?

08/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Menaksir Harga Honda City Hatchback RS di Indonesia, Lebih Murah dari Jazz?
Harga Honda City Hatchback RS di Indonesia belum juga diumumkan. Honda menegaskan bahwa banderolan harga pada City Hatchback RS itu adalah yang terbaik.

Meski sudah meluncur di Indonesia, harga Honda City Hatchback RS di Indonesia belum juga diumumkan. PT Honda Prospect Motor menyebut bahwa harga Honda City Hatchback RS bakal diumumkan jelang pengiriman perdananya pada April 2021. 

Yang jelas, Honda menegaskan bahwa City Hatchback RS yang juga berperan menggantikan Jazz ini bakal dibanderol sesuai dengan kantong orang Indonesia.

Honda City Hatchback RS

Konsumen sudah bisa memesan walau harganya belum diumumkan

>>> Melihat Perbedaan Honda City Hatchback di Indonesia dengan Thailand

Honda City Hatchback RS Sudah Bisa Dipesan

Namun demikian, walaupun banderol harga belum diketahui konsumen yang berminat meminang hatchback teranyar ini sudah bisa memesannya langsung ke seluruh dealer Honda. 

Sebagai gambaran, harga City Hatchback RS di Thailand dibanderol 739.000 baht atau setara dengan Rp 348 jutaan. Kemudian untuk Jazz tipe RS (M/T) di Indonesia harganya Rp 288 juta sementara Jazz RS (A/T) dibanderol Rp 298,5 juta. Bisa jadi harga City Hatchback RS lebih murah, lebih mahal, atau ditempatkan sama dengan Jazz. 

"Yang pasti kami akan berikan yang terbaik dengan value for money yang tinggi jadi kita menuggu delivery baru kita umumkan, yang pasti harga itu kita berikan yang terbaik," ungkap Bussiness Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy saat peluncuran.

Tapi Anda tak bisa berharap Honda City Hatchback RS ini bisa lebih murah kalau membelinya dalam waktu dekat. Pasalnya, meski bakal dirakit di Karawang City Hatchback RS tak termasuk dalam 21 mobil yang bisa menggunakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP).  

Honda City Hatchback RS

Diharapkan penjualannya melebihi Jazz

Honda sendiri menargetkan bahwa City Hatchback RS bisa terjual hingga 1.000 unit setiap bulannya. Angka ini dua kali lebih banyak dari penjualan Honda Jazz yang tercatat terjual 500-600 unit setiap bulan. Diharapkan Honda City Hatchback RS dapat menggantikan peran Jazz yang selama ini cukup mendominasi di segmen hatchback.

"Petunjuk teknis (aturan PPnBM) itu baru keluar Jumat malam, kita pelajari semua, kita belum bisa memberikan harga sebelum delivery, jadi kita pelajari detail yang pasti itu harga terbaik," kata Billy lagi. 

Usung Mesin Berbeda dengan Honda Jazz

Meski berperan sebagai pengganti dan mengusung mesin berkapasitas serupa, nyatanya spesifikasi Honda City Hatchback RS dan Jazz berbeda. Honda telah menyematkan mesin maupun fitur yang memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air.

Honda City Hatchback RS

Gunakan mesin pengembangan baru

Sekadar informasi, Jazz menggunakan mesin sistem Single Over Head Camshaft (SOHC) sementara City Hatchback RS mengusung sistem Double Over Head Camshaft (DOHC). 

Mesin itu diklaim Honda membuat City Hatchback RS bisa lebih bertenaga dan hemat bahan bakar ketimbang Jazz.

"Untuk engine dan transmission new development engine, jadi sama sekali baru. Manufacturingnya sama tapi memang perlakuan dan aplikasi penyetingan suspensinya memang disesuaikan dengan karakteristik di Indonesia, disesuaikan dengan demand pasar dan lingkungan Indonesia," tegas Large Project Leader of Honda City Hatchback Honda Motor Co., Ltd., Monozukuri Center, Automobile Business Division Satoru Azumi pada kesempatan yang sama. 

>>> Ini Sebabnya Honda City Hatchback RS di Indonesia Tak Pakai Mesin Turbo 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top