Ini Sebabnya Honda City Hatchback RS di Indonesia Tak Pakai Mesin Turbo

04/03/2021

Mobil baru

5 menit

Mesin Honda City Hatchback RS yang diluncurkan di Indonesia berbeda dengan di Thailand. Rupanya ada alasan tersendiri di balik pemilihan mesin hatchback itu.

Ada yang berbeda dari Honda City Hatchback RS di Indonesia dengan Thailand. PT Honda Prospect Motor memilih untuk menyematkan mesin berkapasitas 1.5L.

Padahal di Thailand, City Hatchback yang mengaspal sejak November 2020 menyematkan mesin 1.0L turbo. Dijelaskan Honda, pemilihan mesin ini disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Honda City Hatchback

Tampilan depan City Hatchback RS 

>>> Honda City Hatchback RS Meluncur di Indonesia Tanpa Mesin Turbo

Mesin Honda City Hatchback RS

Artinya konsumen di Indonesia dinilai lebih pas untuk menggunakan mesin 1.5L daripada varian turbo. 

"Performanya bagus, bahan bakarnya juga baik. Yang pasti kita akan mempelajari terus trennya akan seperti apa, konsumen maunya seperti apa pasti kita akan menyiapkan produk itu yang benar-benar sesuai keinginan konsumen, saat ini hasil study kami memang 1.5 ini DOHC cocok untuk konsumen di Indonesia," ungkap Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy disela-sela peluncuran virtual. 

Sebagai informasi, City Hatchback RS menggendong mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW yang membuat performanya mencapai 121 PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm, yang diklaim terbesar di kelasnya. Mesin tersebut dikawinkan dengan pilihan transmisi CVT ataupun manual 6 percepatan. 

mesin city hatchback

Mesin City Hathcback RS di Indonesia dan Thailand berbeda

Pilihan transmisi ini juga menjadi pembeda dengan Thailand. Di Thailand, Honda hanya menawarkan transmisi CVT pada seluruh model dari City Hatchback RS. 

"Khusus untuk pasar Indonesia ada pilihan transmisi manual 6 percepatan," kata Large Project Leader of Honda City Hatchback Honda Motor Co., Ltd., Monozukuri Center, Automobile Business Division Satoru Azumi dalam kesempatan yang sama. 

City Hatchback RS dirancang sebagai hatchback khas Honda, melanjutkan citra sporty dari model-model yang selama ini telah membuat Honda terkenal di segmen ini. Model City sendiri merupakan salah satu lini paling populer dari Honda, yang telah mendapat sambutan sangat baik dari konsumen di Asia, termasuk Indonesia.

Mengusung konsep 'Elevate Your Move', City Hatchback RS juga mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda, yaitu desain eksterior yang stylish, ruang belakang yang luas, panel instrumen berkualitas tinggi dan fitur canggih yang melebihi ekspektasi di kelasnya. Performa berkendara yang menyenangkan serta hemat bahan bakar, juga menjadi salah satu daya tarik model ini, terutama di kalangan konsumen anak muda.

>>> Sayonara Honda Jazz!

Desain Honda City Hatchback RS

Pada sisi eksterior, City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat dan desain lampu terkini dengan Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. Selain itu, warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16” Sporty Alloy Wheels yang memiliki aksen warna hitam yang semakin menambah karakter sporty pada mobil ini.

Honda City Hatchback RS

Desain sporty hadir di City Hatchback RS

Aerokit eksklusif RS seperti Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, Front Bumper Lower Mesh Grille tampil pada bagian eksterior. Kombinasi aerokit dan bumper pada Honda City Hatchback RS telah dikembangkan melalui pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang yang juga mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika yang lebih baik.

Selain itu, City Hatchback RS juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan. City Hatchback RS merupakan model pertama di kelasnya yang memiliki fitur ini, yang sebelumnya dihadirkan Honda untuk model-model premium seperti All New Honda Accord, New Honda Civic, dan juga New Honda CRV.

Di dalam kabin, interior City Hatchback RS dirancang untuk menambah kesan sporty dan kenyamanan yang lebih tinggi. Pada bagian depan kabin, panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang juga terintegrasi dengan 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Smartphone juga dapat dengan mudah ditautkan pada bagian audio dengan fitur Smartphone Connection yang dapat menunjang aktivitas penggunanya.

City Hatchback RS juga dilengkapi dengan 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination. Fitur canggih lainnya pun telah disematkan pada mobil ini seperti fitur Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu pengguna saat memarkir mobilnya.

>>> Resep Honda Brio Bisa Menjadi yang Terlaris pada Tahun 2020

Fitur Honda City Hatchback RS

Berbagai fitur kekinian lainnya yang sesuai dengan gaya hidup anak muda juga disematkan pada mobil ini, seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition. Semua fitur tersebut dilengkapi dengan Leather Door Lining with Red Stitches pada pintu samping, Setir, dan Shift Knob.

Honda City Hatchback

Fitur Ultra Seat

Kabin yang lapang pun disertai dengan jok yang dilapisi dengan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats yang diberikan aksen merah yang menghadirkan kenyamanan berkelas serta sensasi mobil yang lebih sporty. 

Tak hanya itu, area kabin juga dirancang dengan fungsionalitas tinggi untuk memenuhi gaya hidup konsumen dan kebutuhan anak muda yang sangat dinamis. Kabin City Hatchback RS menerapkan fungsi ULTRA Seat, di mana penumpang dapat mengatur 4 mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Honda City Hatchback

Tampilan interior City Hatchback

City Hatchback RS telah dilengkapi dengan fitur keselamatan berstandar tinggi yang memberikan rasa aman dan perlindungan yang optimal. City Hatchback RS dirancang menggunakan rangka G-CON + ACE™ dan dilengkapi dengan 6 airbags untuk perlindungan lengkap. 

Fitur keselamatan lainnya pada Honda City Hatchback RS antara lain sistem pengereman ABS, EBD + BA, Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda yang meliputi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System.

>>> 3 Mobil Baru Honda Meluncur Buka Tahun 2021

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top