Teknologi Ini Dapat Membunuh Virus di Kabin Mobil

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Teknologi Ini Dapat Membunuh Virus di Kabin Mobil
Dua perusahaan angkutan swakemudi jadikan sinar ultraviolet sebagai cara membunuh virus di kabin mobil untuk yakinkan pelanggan di tengah pandemi Covid-19.

Dua perusahaan rintisan mobil swakemudi atau otonom menawarkan solusi bagi kendaraan transportasi bersama di tengah pandemi Covid-19. Voyage dan May Mobility dikatakan dapat membunuh virus di kabin mobil melalui sinar ultraviolet.

>>> Proton Himbau Pemilik Perdana untuk Ganti Airbag Takata yang Berpotensi Rusak

Gambar menunjukan Mobil FCA

Voyage G3 menggunakan minivan Chrysler Pacifica

Teknologi UV Sudah di Uji Coba di Mobil Ambulan

Kedua perusahaan kendaraan otonom itu telah melakukan serangkaian uji coba menempuh rute khusus yang sederhana, menempatkan pemancar sinar UV dalam kendaraan uji coba  mereka untuk membantu menjaga layanan mereka tetap berjalan.

Teknologi sinar ultraviolet perusahaan dikatakan sudah digunakan di ambulans dan dapat menghancurkan virus, jamur, dan bakteri di dalam perjalanan. Perusahaan juga telah memasang sistem UV di kendaraan generasi ketiga minivan Chrysler Pacifica sebagai layanan robotaxi komersial, Voyage G3.

Layanan robotaxi komersial harus terjangkau dan menguntungkan. Kendaraan G3 dirancang tidak hanya aman tetapi juga hemat biaya dan siap untuk komersialisasi. Pengembangan G3 kami tidak hanya memprioritaskan kinerja dan keamanan, tetapi juga biaya dan skalabilitas

“G3 dirancang menjadi kendaraan bersama yang aman bagi penumpang. Covid-19 telah menghancurkan bisnis penyewaan mobil secara global karena pengemudi manusia memiliki risiko penularan yang melekat. Bagi kami, pandemi menantang kami untuk membangun kendaraan bersama yang lebih baik untuk menjaga keselamatan pengendara kami.” kata Voyage pada keterangan tertulis di situs resminya.

>>> Untung Rugi Penggunaan Cairan Anti-bocor untuk Ban Mobil

Gambar menunjukan Tampilan sinar UV

Tampilan sinar UV yang dipasangkan di atap kabin mobil

Dinilai Sebagai Sebuah Terobosan

Sementara itu analis Bloomberg mengatakan bahwa langkah yang dibuat Voyage ini merupakan sebuah terobosan. Membuat bisnis mobil swakemudi menjadi lebih menguntungkan.

“Solusi mereka mungkin tampak khusus, tetapi membangun bisnis swakemudi yang agak menguntungkan, bahkan jika kecil, dapat menjadi strategi yang efektif untuk mengumpulkan dana dan mentransfer pengetahuan operasional mereka untuk meningkatkan teknologi mereka dengan lebih cepat,” kata analis Bloomberg NEF Alejandro Zamorano Cadavid.

>>> Nggak mau tinggalkan berita otomotif yang hot, klik sini saja

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Toyota Hilux 2020 Mengaspal, Model Termahal Tak Sampai Rp 500 Juta

27/08/2020

Mobil baru

5 menit

Guna memperkuat dukungan mobilitas kelas komersial pada masa new normal, Toyota Hilux 2020 hadir dengan ketangguhan sentuhan ubahan yang gagah dan modern

Lihat juga

Logo Baru Rolls Royce Jadi Simbol 'House of Luxury'

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Logo baru Rolls-Royce dihadirkan guna melanjutkan perjalanan Rolls-Royce dari pabrikan otomotif menjadi House of Luxury. Apa sajakah perbedaannya?

Lihat juga

Kalau Sudah Begini, Artinya Mobil Perlu di Tune Up

27/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Setiap mobil perlu dilakukan perawatan. Salah satu perawatannya adalah tune up. Mobil pun bisa memberikan tanda bahwa sudah seharusnya dilakukan tune up.

Lihat juga

Kendarai Mobil Indy Bermesin Honda, Takuma Sato Juara Indianapolis 500

27/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Pembalap Jepang, Takuma Sato dengan mobil IndyCar bermesin Honda berhasil memenangi balapan historis pada Indianapolis 500 yang ke-104 di tahun 2020 ini

Lihat juga

Teaser Hyundai Kona 2021 Beredar, Ada Varian N Muncul

26/08/2020

Mobil baru

3 menit

Hyundai merilis teaser Crossover Kona 2021 yang tampil semakin kece dengan desain eksterior baru. Selain itu, varian kencang Kona N juga akan melengkapi line-up.

Lihat juga
 
back to top