Mantan CEO Mitsubishi Osamu Masuko Tutup Usia

01/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mantan CEO Mitsubishi Osamu Masuko Tutup Usia
Osamu Masuko CEO Mitsubishi Motors yang berperan membantu ciptakan kemitraan antara Mitsubishi dan Nissan dikabarkan telah meninggal dunia karena gagal jantung.

Osamu Masuko, mantan Presiden dan CEO Mitsubishi Motors yang baru beberapa minggu lalu mengundurkan diri sebagai ketua dengan alasan kesehatan tutup usia. Sosok yang mengawasi terciptanya kemitraan antara Mitsubishi dan Nissan Motor ini dikabarkan telah meninggal dunia pada 27 Agustus lalu karena gagal jantung.

>>> Mengintip Cerita Perjalanan Rute Bus Terpanjang di Dunia

Gambar menunjukan Osamu Masuko

April 1972 Osamu bergabung dengan Mitsubishi Corporation

Osamu Masuko Meninggal Dunia

"Dia telah membangun hubungan yang solid dengan manajemen mitra, perusahaan Aliansi, dan Mitsubishi Grup melalui komunikasi yang baik dengan memanfaatkan kepribadian dan koneksi yang luas." kata Mitsubishi seperti dikutip dari laman Autonews, Senin (8/31).

"Kepada mantan pimpinan kami yang sudah meninggal, Masuko, kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus atas kemurahan hati yang dia dan MMC terima." sambung produsen mobil asal Jepang tersebut.

Berpulangnya Osamu mantan ketua Mitsubishi tersebut terjadi saat aliansi antara Mitsubishi, Nissan, dan pembuat mobil Prancis Renault tengah berjuang untuk mendapatkan kembali keuntungan setelah penggulingan mantan ketua aliansi Carlos Ghosn. 

Masuko berada di Mitsubishi sejak 1972, dalam kepemimpinannya Mitsubishi pernah berada dalam masalah terkait jarak tempuh kendaraan. Investigasi mengungkap tata kelola yang lemah dan tekanan pada insinyur yang kekurangan sumber daya sebagai masalah kronis di perusahaan. Tak hanya itu saja, pria berusia 71 tahun itu juga turut membawa Mitsubishi ke bagian dalam aliansi global Nissan dan Renault.

>>> Biar Aman, Bagaimana Tips Mengendarai Mobil Manual di Tanjakan?

Gambar menunjukan Renault Nissan

 Osamu sosok dibalik terciptanya aliansi Mitsubishi-Nissan

Osamu Masuko Mengundurkan Diri Awal Bulan Ini

Mitsubishi mengumumkan bahwa Osamu Masuko  7 Agustus 2020 mengundurkan diri sebagai ketua dewan direksi dan perwakilan pejabat eksekutif, Mitsubishi Motor Corporation (MMC) karena alasan kesehatannya. Takao Kato, anggota dewan direksi dan perwakilan pejabat eksekutif, chief executive officer (CEO), MMC, untuk sementara akan menanggung tugas ketua. Masuko mengambil posisi sebagai penasihat khusus.

Masuko diangkat menjadi presiden, MMC, pada tahun 2005. Selama masa jabatannya sebagai presiden dan CEO, Masuko memimpin perusahaan di berbagai bidang termasuk pengenalan kendaraan sadar lingkungan yang canggih seperti EV dan PHEV, serta perluasan produksi dan penjualan di kawasan ASEAN. Selepas pengunduran dirinya, Masuko mendukung MMC sebagai penasihat khusus dengan sepenuhnya memanfaatkan pengetahuan dan pengalamannya.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak berita otomotif yang hot lainnya

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Toyota Land Cruiser Prado 2021 Pakai Mesin Fortuner

01/09/2020

Mobil baru

5 menit

Toyota Land Cruiser Prado 2021 akan memiliki banyak perubahan dan penambahan fitur baru, termasuk menggunakan mesin 2.800 cc turbo diesel milik Fortuner facelift.

Lihat juga

New Volkswagen ID.4 Dirancang dengan Fokus pada Efisiensi

31/08/2020

Mobil baru

3 menit

Gambar sketsa resmi Volkswagen ID.4 resmi diperkenalkan. Kabarnya SUV dari pabrikan asal Jerman ini dirancang untuk efisiensi dengan koefisien hambatan 0,28.

Lihat juga

Peluncuran Porsche Taycan Cross Turismo Tertunda karena Covid-19

31/08/2020

Mobil baru

3 menit

Peluncuran Porsche Taycan Cross Turismo di akhir tahun ini dilaporkan tertunda karena pandemi virus Covid-19. Penundaan ini tidak mempengaruhi laba perusahaan.

Lihat juga

Konsep Mercedes-Benz VRC yang Terlupakan, 4 Bodi dalam 1 Mobil

31/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Mobil konsep Mercedes-Benz VRC merupakan model yang terlupakan. Beberapa versi bodi dipasangkan dalam satu mobil lengkap dengan teknologi canggih Mercedes.

Lihat juga

Setelah Eksterior, Toyota Pamer Interior Urban Cruiser

31/08/2020

Mobil baru

4 menit

Jelang peluncuran sebulan lagi, Toyota kembali membeberkan detail SUV kompak Urban Cruiser yang berbasis Suzuki Vitara Brezza. Setelah eksterior, kali ini giliran interior dan deretan fitur mobil.

Lihat juga