Mengintip Cerita Perjalanan Rute Bus Terpanjang di Dunia

31/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Mengintip Cerita Perjalanan Rute Bus Terpanjang di Dunia
Merasa bosan dengan perjalanan dua hari menggunakan bus? Rute bus terpanjang di dunia bahkan membutuhkan 48 hari berjalan pulang pergi dari London ke India.

Siapa yang mau mengeluarkan uang untuk liburan di atas bus yang berjalan hampir 10.000 kilometer dar London ke India? Memang terdengar mengherankan. Tapi pada awal era 1970-an, ada sebuah agen perjalanan yang memperkenalkan liburan berbasis petualangan tersebut. Bukannya di atas mobil mewah, tetapi menggunakan bus double decker yang sudah dimodifikasi.

Perjalanan 48 hari

Bus yang dibeli dari pemerintah New South Wales pada tahun 1968 tersebut diberi nama Albert. Sedangkan agen yang mempelopori perjalanan wisata unik ini adalah penggemar petualangan dan penerbang kelahiran Skotlandia bernama Andrew Stewart yang menggunakan bus tersebut untuk melakukan perjalanan dari Perth ke Kolkata, India.

foto jadul bus Albert yang berkendara dari London
Albert membawa penumpang dari London ke Kalkuta di India

>>> Kelebihan Bus Single Glass Dibanding Bus Double Glass

Pada tahun 1972, ambisi Stewart menghadirkan petualangan gaya baru melintasi benua dimulai ketika perusahaannya, Albert Tours, mengumumkan akan melakukan perjalanan 'Rute Bus Terpanjang di Dunia' yang mengunjungi 11 negara dalam perjalanan dari London ke Kolkata dan kembali ke London.

Melihat jarak dari kedua tempat tersebut, perjalanan ini menjangkau hingga 9.334 kilometer. Dengan infrastruktur yang tak sebaik saat ini, bisa dipastikan perjalanan yang dilakukan pada tahun 1972 tentunya lebih jauh. Dengan kecepatan rata-rata bus hanya 50 km/jam, penumpang setidaknya menghabiskan setidaknya 182 jam, atau delapan hari, sepanjang perjalanan. Belum lagi dihitung dengan waktu untuk beristirahat maupun mengisi bensin.

>>> Memilih Tempat Duduk Paling Nyaman Di Dalam Bus

Berakhir di tahun 1976

Mengingat lama dan jauhnya perjalanan, perlengkapan yang ditambahkan pada bus bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang. Mulai dari fasilitas untuk makan, dua lounge, tempat tidur susun, sistem musik, dan pemanas. Biaya perjalanannya tercatat £ 145, atau setara dengan Rp 35 jutaan jika dikonversikan dengan mata uang saat ini.

>>> Dubai untuk Pertama Kalinya Rekrut Wanita Jadi Pengemudi Bus

foto jadul tiket bus Albert dengan biaya perjalanan
Tiket dari rute bus terpanjang Albert senilai Rp 35 jutaan

Dan bagi mereka yang masih belum puas setelah perjalanan selama 48 hari tersebut selesai, Albert juga menawarkan biaya tambahan £ 145 lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Myanmar, Thailand, Malaysia, hingga Australia. Menjadikannya perjalanan melintasi tiga benua dan 16 negara.

Tidak banyak peminat, bisa ditebah rute antar benua milik Albert tak berlangsung lama. Apalagi dengan berkembangnya moda transportasi dalam bentuk perjalanan udara maupun kendaraan darat yang lebih mewah. Namun perjalanan Albert terhenti pada tahu 1976 akibat kerusuhan politik yang melanda iran. Andrew kembali ke Australia, meninggalkan Albert di Inggris.

foto jadul yang memperlihatkan rute bus terpanjang Albert melewati lereng
Perjalanan Albert berakhir pada tahun 1976

Kisah Albert berakhir bahagia. Pada 2003, Stewart melacak bus legendaris tersebut dan menemukannya di Wales. Stewart akhirnya menjualnya kembali kepada mantan pemiliknya yang lama pada tahun 2010. Albert mendapatkan restorasi yang berakhir tahun 2012 sebelum kembali ke negara asalnya, Australia.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Hebat banget! Mobil Porsche Dipakai untuk Menderek Airbus A380.

29/07/2017

Event - Promosi

3 menit

Porsche Cayenne yang digunakan adalah versi standar. Modifikasi hanya dilakukan pada bagian penarik agar dapat dihubungkan dengan batang besi khusus untuk menarik pesawat terbang

Lihat juga

Kelebihan Bus Single Glass Dibanding Bus Double Glass

12/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dari sisi desain serta penampilan mungkin kalah keren dan nampak tertinggal, namun ada kelebihan bus single glass yang tidak dimiliki bus double glass.

Lihat juga

Modifikasi Mercedes-Benz GLB, Brabus Hadirkan Aura G-Class

01/08/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah memodifikasi Mercedes-Benz GLE, GLS, dan G-Class, Brabus kembali bereksplorasi dengan SUV lainnya, GLB, dengan menghadirkan aura khas G-Klasse ke Crossover kompak itu.

Lihat juga

Transjakarta Uji Coba Bus Listrik Gratis! Ini Rutenya

06/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Transjakarta mulai hari ini Senin, 6 April 2020 melakukan uji coba dua unit bus listrik dari BYD. Uji coba ini akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

Lihat juga

Cegah Covid-19, Bus Trans Semarang Hanya Beroperasi Sampai Sore

05/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Bus Trans Semarang biasa beroperasi dari pukul 06.00-21.00 WIB, kini beroperasi hingga sore hari saja untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Lihat juga
 
back to top