Kondisinya Nyaris Seperti Mobil Baru, Nissan 300ZX Ini Ditawar Murah

05/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Kondisinya Nyaris Seperti Mobil Baru, Nissan 300ZX Ini Ditawar Murah
Nissan 300ZX ini diproduksi 33 tahun lalu, namun kondisinya nyaris seperti mobil yang baru keluar dari dealer. Sayangnya mobil ini ditawar murah dalam sebuah lelang eBay.

Sebuah mobil lawas dengan kondisi hampir mendekati sempura rasanya akan punya nilai yang begitu tinggi. Tapi melihat Nissan 300ZX yang satu ini rasanya bisa membuat miris para pecinta motuba alias mobil tua bangka.

Bagaimana tidak, memiliki akte kelahiran tahun 1988, mobil sport Jepang itu kondisinya nyaris tanpa cela. Bahkan si pemilik menjamin kalau mobil tersebut layaknya mobil yang hanya dipajang di showroom.

Nissan 300ZX white

Kondisi cat eksteriornya masih bawaan Nissan

Tapi apa mau dikata, saat di lelang melalui situs eBay, Nissan 300ZX berkelir putih ini baru ditawar dengan harga tertinggi yang sangat memilukan.

>>> Bisakah Mobil Tua Diasuransikan?

Kondisinya Nyaris Seperti Mobil Baru

Dikutip dari Autoevolution, Senin (04/01/2021), Nissan 300ZX ini dalam kondisi full original. Odometernya baru tercetak angka 96.560 kilometer (km). Bahkan pemiliknya menjamin kalau mobil tersebut dalam kondisi "Showroom condition". Alias seperti mobil baru keluar dari showroom atau dealer.

Walau sudah berusia lebih dari 30 tahun, namun si pemilik tetap mempertahankan kondisi cat keseluruhan di mobil ini. Kondisi interiornya juga hampir tidak ditemukan cacat, baik itu terkena noda, retak-retak, atau bahkan robek. Sepertinya pemilik ini hampir tidak pernah mengemudikan kendaraan tersebut.

Nissan 300ZX 1988 Interior

Interiornya masih utuh, tidak ada noda atau cacat

Ketika kap mesin dibuka, maka akan terlihat mesin V6 dengan gearbox manual 5 percepatan yang terlihat sangat bersih. Tidak ada oli yang bocor apalagi sampai ditemukan karat. Semuanya dalam kondisi layak pakai bahkan seperti baru.

>>> Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?

Hanya Dihargai Rp 130 Juta

Nissan 300ZX engine

Mesinnya bersih dan odometer baru tercatat 95 ribu km

>>> Review Nissan Teana 250 XV 2011: Sedan Eksklusif Yang Kini Terjangkau

Nissan 300ZX tercatat pertama kali lahir pada tahun 1983 di Jepang. Setahun kemudian barulah Nissan memasarkan mobil ini ke beberapa negara lain termasuk Amerika Serikat (AS). Generasi pertama mobil sport yang punya nama lain Fairlady Z ini menggunakan kode Z31. Pada model ini fokus Nissan memang untuk pasar ekspor demi mendongkrak citra merek tersebut di segmen mobil sport.

Mungkin Nissan Fairlady Z generasi pertama yang masih dalam kondisi full original satu diantaranya adalah yang ditawarkan ini. Sayangnya, entah mengapa antusiasme peminat mobil tersebut begitu kecil. Bahkan penawaran tertinggi dari mobil tersebut baru ada di angka USD 9.500 atau kira-kira Rp 130 juta. Padahal dengan kondisi nyaris sempurna, rasanya mobil ini juga layak masuk museum Nissan.

Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top