Review Nissan Teana 250 XV 2011: Sedan Eksklusif Yang Kini Terjangkau

28/12/2019

Share this post:

Nissan Teana 2019

Editor rate:

Lihat promo

Menjadi mobil bekas tak membuat kemewahan Nissan Teana 250 XV 2011 memudar. Kenyamanannya tak kalah dibandingkan sedan baru yang dijual di Indonesia saat ini.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Sedan Eksklusif Yang Kini Terjangkau
Review Nissan Teana 250 XV 2011: Sedan Eksklusif Yang Kini Terjangkau
0 Gambar

Pengantar Nissan Teana 2019

Mari kita simak spesifikasi Nissan Teana 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap untuk mobil di usianya

Harganya bekasnya yang murah setara LCGC baru

Bantingan suspensi serta kabin yang kedap menambah kenyamanan berkendara

Kekurangan

Mobil yang lebih enak untuk ‘dikemudikan’, dibandingkan ‘mengemudikan’

Pajak mobil setara sedan mewah lainnya

Efisiensi bahan bakar yang tak terlalu tinggi

Review Nissan Teana 250 XV 2011 - Nissan Teana merupakan sedan mewah mid-size yang dipasarkan di Rusia, Australia, Amerika Latin, Asia Timur, Asia Selatan, dan ASEAN. Awalnya, mobil ini diproduksi khusus untuk pasar domestik Jepang, namun Nissan kemudian memutuskan untuk memasarkan mobil ini secara global. Di generasi keduanya, satu-satunya yang masuk ke Indonesia yaitu Nissan Teana 250 XV 2011 ini.

generasi pertama Nissan Teana berwarna putih 
Generasi pertama Nissan Teana yang diperkenalkan tahun 2003

Nama “Teana” sendiri berasal dari sebuah desa kecil di Italia. Hampir sama dengan Nissan Murano yang muncul pada saat bersamaan. Pada awal kehadiran Teana, Nissan melanjutkan garis keturunan kode model J (J31 dan J32) dan Nissan Maxima. Dimulai dengan perkenalan pada generasi ketiga pada 2013, Teana diperkenalkan sebagai Nissan Altima untuk Amerika Utara.

Generasi pertama Teana berkode J31 diperkenalkan pada Februari 2003 di pasar Jepang sebagai pendamping untuk Nissan Murano. Di Jepang, Teana dianggap sebagai mobil mewah, satu tingkat di bawah Nissan Skyline. Teana generasi pertama juga dirakit di Thailand untuk kemudian dijual di pasar ASEAN, termasuk Indonesia dalam bentuk CBU.

Kemewahannya terlihat dari fitur navigasi GPS yang disebut CarWings, tersedia khusus untuk pasar Jepang. Meskipun begitu, Teana juga memberikan berbagai fitur menarik saat dipasarkan di luar Jepang. Salah satunya Indonesia dimana generasi kedua yang diproduksi sejak 2008 berkoda J32 turut dipasarkan di Tanah Air.

Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna putih

Mobil kelas premium Nissan Teana 250 XV 2011

Dengan pasar Jepang, ada empat varian Teana yang diproduksi. Namun di Indonesia, PT. Nissan Motor Indonesia hanya menjual satu varian saja, yaitu 250 XV dengan tipe mesin 2.5L berkode VZ25DE. Tersebar di pasar mobil bekas Tanah Air, walaupun populasinya tak begitu banyak, simak review Nissan Teana XV 250 2011 berikut.

Eksterior Nissan Teana 2019

Untuk urusan eksterior, sebagian menganggap generasi ketiga memang menghadirkan perubahan yang lebih baik untuk mobil ini. Tapi eksterior Nissan Teana 250 XV 2011 ini tak bisa dianggap murahan. Karena menggabungkan tampilan yang menawan, lengkungan yang halus dan dipadukan dengan aksen chrome.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Eksterior Depan

Dilihat dari depan, Teana terlihat besar. Tentu saja, mengingat Nissan mengklasifikasikan mobil ini sebagai ‘mid-size’ sedan. Mobil ini memiliki desain modern dengan garis melengkung yang mengalir dari kap depan hingga bagian belakang. Garis horizontal pada grille chrome dan logo Nissan di tengah menambahkan aroma kemewahan mobil ini.

tampilan depan Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna putih 
Eksterior depan Nissan Teana XV 250 2011

Dari eksterior depan Nissan Teana XV 250 2011, desain yang paling menarik perhatian adalah lampu depan yang terlihat tajam serta menyatu dengan grille dan kap mesin. Dibandingkan generasi sebelumnya, lampu depan sudah dibuat lebih ramping. Bumper bawah pun dibuat berbeda, menyatu dengan warna bodi, tak seperti generasi pertamanya.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Eksterior Samping

tampilan samping Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna putih
Eksterior samping Nissan Teana XV 250 2011

Di bagian samping ada panel bodi yang menghadirkan garis lengkung yang mengelilingi, mulai dari lampu kabut, sisi samping, hingga bagian belakang. Salah satu fitur yang terbaru di zamannya, spion Teana sudah memiliki lampu indikator yang terintegrasi. Untuk varian teratas, seperti yang dijual di Indonesia, mendapatkan velg 17 inci. Sedangkan varian standar hanya mendapatkan velg 16 inci.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Eksterior Belakang

 tampilan belakang Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna putih
Eksterior belakang Nissan Teana XV 250 2011

Di belakang, lampu belakang bersudut dibuat menonjol keluar dari bodinya yang bongsor. Desainnya membuat eksterior belakang Nissan Teana XV 250 2011 terlihat lebih lebar. Selain itu, generasi kedua menghadirkan lampu belakang yang lebih tipis. Dan nantinya akan semakin tipis pada generasi ketiga yang diperkenalkan 2013.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Nissan Teana 2019

Masuk ke dalam, aura kemewahan langsung terasa. Meski diperkenalkan sejak 2011 lalu, tapi tampilan rapi ditambah perpaduan material soft touch dan aksen kayu membuat interior Nissan Teana 250 XV 2011 terasa tetap berkelas hingga sekarang.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Dashboard

Dashboard-nya sangat jauh berbeda dibandingkan generasi pertama yang masih mengusung tampilan jadul. Dibalut warna beige serta aksen kayu yang membelah dashboard dari sisi ke sisi memberikan kesan classy untuk mobil ini.

dashboard Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna hitam 
Dashboard Nissan Teana XV 250 2011

Desain panel instrumen Teana disokong oleh bantalan lunak yang tampak ‘melayang’ di atas panel aksen kayu pada dashboard. Kluster tengah terintegrasi dalam panel instrumen bersama konsol pusat, pun masih dengan aksen kayu. Desainnya termasuk ergonomis, dimana setiap kontrol bisa dengan mudah dijangkau oleh pengemudi.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Setir

setir Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna putih
Setir Nissan Teana XV 250 2011

Untuk mobil sekelas Teana, setirnya terlihat mulus berbalut kulit berwarna senada dengan dashboard dan interior; perpaduan warna beige dan cokelat dari aksen kayunya. Untuk mempermudah Anda, Nissan sudah meletakkan beberapa tombol pengaturan, seperti tombol audio dan handsfree.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Kursi

Kelebihan lainnya dari mobil ini terletak pada kenyamanan yang diberikan. Dimensi yang hampir mencapai 5 meter membuat baris kedua memiliki ruang kaki yang tergolong luas. Apalagi jika dibandingkan dengan postur tubuh rata-rata penduduk Indonesia. Anda bisa menyimpan pengaturan mengemudi melalui fitur Easy Acces yang ditawarkan.

kursi Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna beige 
Kursi baris kedua Nissan Teana XV 250 2011

Duduk di dalam baris kedua, kursi Nissan Teana 250 XV 2011 pun sangat empuk dimana pengaturan bangku mampu menopang paha Anda dengan nyaman. Ketika membawa dua orang penumpang di belakang, masing-masing penumpang akan mendapatkan armrest. Kesan mewah terlihat dari cup holder beraksen kayu yang bisa Anda buka.

>>> Baca juga:

Fitur Nissan Teana 2019

Walaupun mobil ini diproduksi pada 2011, namun Teana sudah mendapatkan berbagai fitur yang menarik dibandingkan mobil lain pada masanya. Diantaranya fitur keyless entry dan Comfort Access atau Easy Access. Dengan fitur ini, maka Anda bisa menyimpan pengaturan berkendara dan akan kembali pada pengaturan awal ketika Anda mematikan mobil ini.

Fitur penting yang membuat mobil ini berkesan mewah adalah panoramic sunroof. Untuk membukanya, Anda bisa menekan tombol yang berada pada langit-langit di antara lampu tengah. Menambah kenyamanan berkendara yaitu tirai belakang yang bisa dioperasikan secara elektris.

head unit Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna hitam 
Head unit Nissan Teana XV 250 2011

Satu fitur yang mungkin belum Anda temukan pada mobil sekelas LCGC yaitu kompas yang terletak pada spion tengah. Selain itu, Spion tengah juga sudah dilengkapi Auto Dimming sehingga Anda tidak perlu menarik maupun menyesuaikan spion ketika berkendara di malam hari untuk menghindari silau dari lampu depan mobil di belakang.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Sistem Keselamatan Aktif

Walaupun sudah berumur, tapi keselamatan mengendarai Teana dipertegas dengan fitur Stability Control sebagai fitur keselamatan standar. Fitur ini akan memudahkan Anda ketika berkendara di jalanan yang licin atau ketika hujan. Dan seperti biasa, Teana sudah mendapatkan 6 airbag untuk menjaga Anda ketika terjadi benturan. Masih ada juga fitur Cruise Control yang akan membantu Anda saat berkendara di jalan bebas hambatan.

>>> Harganya Kini Mulai Rp60 Jutaan, Minat Nissan Livina Bekas?

Operasi Nissan Teana 2019

Secara global, ada empat pilihan mesin yang digunakan untuk Nissan Teana, termasuk satu untuk pasar Tiongkok. Sedangkan di Indonesia, NMI hanya membawa satu varian saja, yaitu 250 XV dengan mesin berkode VQ25DE dengan konfigurasi V6 dan kapasitas silinder 2.495 cc.

Kekuatannya pun tak main-main, mesin yang diusung Teana mampu menghasilkan tenaga hingga 186 ps pada 6.000 rpm serta torsi maksimal 232 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga ini bahkan lebih besar dibandingkan versi yang dijual di Jepang maupun Tiongkok. Menurut Nissan, mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 9 detik saja.

mesin Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna hitam
Mesin Nissan Teana XV 250 2011

Namun konsumsi bahan bakar bukanlah keunggulan mobil satu ini. Tentu saja, dengan menggunakan mesin 2.5 liter V6 dengan bobot mobil yang cukup berat sangat menguras konsumsi bahan. Dalam pengetesan yang dilakukan oleh tim Cintamobil TV, konsumsi bahan bakarnya mencapai 5 km/liter untuk kecepatan rata-rata 10 km/jam.

Review Nissan Teana 250 XV 2011: Impresi berkendara

Bantingan suspensi yang empuk menjadi salah satu keunggulan mobil ini di jalanan. Kenyamanan berkendara dalam mobil ini akan lebih terasa ketika Anda berada di bangku baris kedua. Kekedapan kabin bisa dibilang lebih baik dibandingkan mobil lain di segmennya.

Dengan badannya yang besar, tentu saja Teana bisa dibilang kurang cekatan ketika dibawa berkendara di jalanan. Postur yang panjang dan sedikit lebar membuat mobil ini agak susah bermanuver di jalanan perkotaan yang dinamis. Karena itu, sebagian besar pemilik mobil ini menggunakan jasa pengemudi dan menikmati nyamannya duduk di baris kedua.

>>> Sedan Beraura Ningrat, Inilah Kelebihan dan Kelemahan Nissan Teana J31 2005 Bekas

Spesifikasi Nissan Teana 2019

Jika Anda membeli mobil bekas Teana, spesifikasi Nissan Teana 250 XV 2011 standar yang bisa Anda dapatkan adalah sebagai berikut.

Dimensi Nissan Teana 250 XV 2011

Panjang x Lebar x Tinggi

4.850 x 1.795 x 1.475 mm

Jarak Poros Roda

2.775 mm

Mesin Nissan Teana 250 XV 2011

Tipe Mesin

VQ25DE V6 2.5L

Tenaga Maksimal

186 ps @ 6.000 rpm

Torsi Maksimal

232 Nm @ 4.400 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

9 detik

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Transmisi

Otomatis CVT

Kaki-Kaki Nissan Teana 250 XV 2011

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-link

Ukuran Ban

215/55 R17

Daftar Harga Nissan Teana 2019

Salah satu keunggulan mobil ini adalah harganya yang turun cukup banyak dibandingkan dengan harga barunya. Ketika mobil ini baru diperkenalkan pada tahun 2010an silam, Anda perlu mengeluarkan uang hingga Rp500 jutaan untuk mendapatkan mobil ini. Namun saat ini, harga Nissan Teana 250 XV 2011 di pasar mobil bekas berkisar antara Rp120 juta hingga Rp180 juta tergantung kondisinya.

Kesimpulan Nissan Teana 2019

Nissan Teana 250 XV 2011 merupakan satu diantara puluhan pilihan menarik untuk sedan menengah di pasar mobil bekas Tanah Air. Kenyamanan dan kekedapan di dalam mobil tak kalah dibandingkan sedan lainnya yang relatif lebih baru. Dengan umur yang tak lagi muda, harganya menurun dan bisa menjadi alternatif baru untuk Anda yang mencari mobil seharga LCGC.

mobil bekas Nissan Teana 250 XV 2011 berwarna putih

Nissan Teana XV 250 2011 yang melaju di jalanan

Selain itu, kenikmatan hakiki dari mobil ini adalah ketika berada di kursi baris kedua menikmati bantingan suspensinya yang empuk. Sayangnya, biaya kepemilikan per tahun mobil ini cukup tinggi. Mengingat pada awalnya Teana dihargai hingga mencapai Rp500 jutaan, pajak per tahunnya terbilang tinggi serta konsumsi bahan bakar yang tak bisa dianggap efisien. Tertarik memilikinya?

>>> Perlu informasi tentang mobil-mobil, jangan lupa klik di sini untuk dapat informasi terlengkap

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Review lain

Review Nissan Teana 2019

07/11/2018

Editor rate:

Belum pernah mendapatkan perubahan sejak dipamerkan dalam bentuk All New Nissan Teana di Indonesia pada 2013 lalu, Nissan akhirnya memberikan penyegaran terhadap generasi terbaru Nissan Teana di Asia Tenggara untuk bersaing dengan Toyota baru di kelas sedan mewah.

Lihat juga

Harga lengkap dan spesifikasi Nissan All New Teana 2017: Sedan Premium nan Eye Catching

Rp 582.000.000

31/08/2017

Editor rate:

Ditengah ketatnya persaingan mobil MVP, SUV dan Low Cost Green Car (LCGC), Nissan seakan ingin memberikan perbedaan dengan merilis All New Teana 2017. Mobil dengan segmen sedan ini dipersiapkan Nissan untuk menyongsong sales serta memenuhi kebutuhan konsumen setia mereka di tahun 2017.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005: Pilihan Sedan Eksekutif Terjangkau

26/11/2019

Editor rate:

Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005 dibekali mesin yang memuaskan, kabin yang nyaman serta harga yang terjangkau. Sedan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sebuah sedan eksekutif yang dapat menjawab kebutuhan sekaligus status.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018: Harganya Kini Menyentuh Rp 300 Jutaan, Masih Layak Dipinang?

24/09/2019

Editor rate:

16 tahun silam, Toyota Vios lahir di pasar mobil Indonesia untuk menggantikan Toyota Soluna dan langsung menggebrak pasar sedan kompak di tanah air. Produk satu basis dengan Toyota Yaris ini pun kami coba langsung tidak hanya di dalam kota, namun juga melaju di jalanan luar kota. Inilah review dan test drive mobil Toyota New Vios 1.5 E CVT 2018.

Lihat juga

Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Harganya Jadi Miring Karena Punya Desain ‘Aneh’

15/09/2019

Editor rate:

Percaya atau tidak, ada sebuah mobil yang akhirnya menjadi murah akibat desainnya ‘aneh’. Yap, fenomena itu pernah terjadi pada Suzuki Baleno Next-G. Sebuah sedan tapi punya wajah mirip Hatchback, diadopsi langsung dari fascia depan Suzuki Aerio. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita lihat dalam review Suzuki Baleno Next-G 2003.

Lihat juga