Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?

25/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?
Merawat mobil tua perlu perhatian khusus. Ini karena usia mobil yang tidak lagi muda, dan beberapa komponennya mulai ringkih. Yuk pahami hal-hal yang peru diperhatikan.

Sebagian penggemar mobil tidak hanya menyukai mobil-mobil keluaran terbaru, tapi juga mobil tua. Bahkan tak jarang ada yang mengoleksi mobil tua di garasi rumahnya. Lalu bagaimana cara merawat mobil tua?

>>> Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

1. Mesin

kunci starter mobil

Selalu panaskan mesin tiap pagi

Merawat mobil tua tentu berbeda dengan mobil-mobil baru. Ini karena usia komponen di mobil tersebut yang bukan lagi baru. Karenanya, bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah mesin.

Selalu cek kondisi mesin secara teratur. Misalnya tiap pagi hari sebelum Anda beraktifitas. Panaskan mesin 5-10 menit setiap pagi, meskipun mobil tidak digunakan setiap hari. Jangan lupa untuk menyalakan AC. Kemudian tiap sepekan sekali jalankan mobil. Ini agar mesin selalu bekerja dengan baik.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Oli

oli mesin mobil

Rutin ganti oli mesin dan transmisi

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi oli. Baik oli mesin maupun oli transmisi. Untuk mobil tua, jangan sampai telat mengganti oli. Karena komponen yang telah berusia lanjut, biasanya butuh pelumas yang selalu dalam kondisi optimal. Sebaiknya lakukan penggantian oli lebih cepat dari saran produsen oli. Agar jangan sampai oli terlajur kotor dan merusak komponen yang ada.

3. Kaki-kaki

suspensi mobil

Pastikan per dan shock juga masih bekerja baik

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada disini

Merawat mobil tua juga perlu untuk memperhatikan kondisi kaki-kakinya. Rutin lakukan pengecekan atau tes jalan, untuk mengetahui apakah kondisi shock dan per masih prima. Perhatikan juga kondisi pelek, jangan sampai ada karat yang menempel. Begitu pun dengan ban. Walau mungkin jarang digunakan, pastikan ban tetap selalu dalam kondisi baik. Tidak bocor, tapaknya tidak tipis, atau ada benjol.

4. Bodi dan Interior

mobil karatan

Jangan sampai ada karat muncul

Selalu juga pastikan untuk merawat secara berkala eksterior dan interior mobil. Cuci bersih minimal dua pekan sekali akan menjadi langkah tepat dalam merawat mobil tua. Pastikan juga tidak ada karat di sela-sela bodi atau ruang kabin akibat usia mobil yang tak lagi muda.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tips Membuat Mobil Tua Seperti Baru

Seiring dengan semakin bertambahnya umur pemakaian mobil Anda akan banyak terjadi hal yang tidak sengaja membuat mobil kurang nyaman dikendarai. Tapi jangan salah, membuat mobil tua seperti baru bisa Anda lakukan di garasi Anda tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Lihat juga

Modifikasi Mobil Tua Anda: Meningkatkan Performa Mobil

Bagi beberapa penggemar otomotif, performa yang diberikan oleh pabrikan tidak cukup cepat. Dan beberapa pengemudi suka mengotak-atik mobil mereka, untuk menambah daya serta efisiensi bahan bakar, termasuk dengan meningkatkan performa mobil.

Lihat juga

Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

14/04/2019

Jual beli

Membeli mobil tua memang memiliki banyak keuntungan. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga terjangkau namun kondisi dan tingkat orisinalnya masih seperti mobil baru. Tapi tentunya ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

Lihat juga

Review Mitsubishi Lancer GTi 1992: Sedan Terjangkau, Cocok Untuk Anda Pecinta Kecepatan

16/05/2019

Editor rate:

Anda yang sudah mengenal dunia otomotif sejak tahun 1990-an, tentu akan sangat akrab dengan mobil legendaris bernama Mitsubishi Lancer. Ya, mobil ini tercatat memiliki lebih dari sepuluh generasi sejak perilisan pertamanya di tahun 1973. Namun, bukan menjelaskan setiap generasi, Cintamobil.com hendak berfokus pada review Mitsubishi Lancer GTi 1992.

Lihat juga

MINI 3-Door 2020: Harga mobil MINI 3-Door & Promo September

01/09/2020

MINI

Versi paling anyarnya dirilis pada tahun 2015 lalu di Indonesia. Hingga tahun 2018 ini, MINI 3-Door adalah model yang paling diminati. Bayangkan saja, 41 persen total penjualan MINI Indonesia pada tahun 2017 disumbangkan oleh model 3-Door ini. Apa alasan di balik fenomena tersebut? Berapa harga MINI 3-Door terbaru ini?

Lihat juga