Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?

25/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?
Merawat mobil tua perlu perhatian khusus. Ini karena usia mobil yang tidak lagi muda, dan beberapa komponennya mulai ringkih. Yuk pahami hal-hal yang peru diperhatikan.

Sebagian penggemar mobil tidak hanya menyukai mobil-mobil keluaran terbaru, tapi juga mobil tua. Bahkan tak jarang ada yang mengoleksi mobil tua di garasi rumahnya. Lalu bagaimana cara merawat mobil tua?

>>> Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

1. Mesin

kunci starter mobil

Selalu panaskan mesin tiap pagi

Merawat mobil tua tentu berbeda dengan mobil-mobil baru. Ini karena usia komponen di mobil tersebut yang bukan lagi baru. Karenanya, bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah mesin.

Selalu cek kondisi mesin secara teratur. Misalnya tiap pagi hari sebelum Anda beraktifitas. Panaskan mesin 5-10 menit setiap pagi, meskipun mobil tidak digunakan setiap hari. Jangan lupa untuk menyalakan AC. Kemudian tiap sepekan sekali jalankan mobil. Ini agar mesin selalu bekerja dengan baik.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

2. Oli

oli mesin mobil

Rutin ganti oli mesin dan transmisi

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi oli. Baik oli mesin maupun oli transmisi. Untuk mobil tua, jangan sampai telat mengganti oli. Karena komponen yang telah berusia lanjut, biasanya butuh pelumas yang selalu dalam kondisi optimal. Sebaiknya lakukan penggantian oli lebih cepat dari saran produsen oli. Agar jangan sampai oli terlajur kotor dan merusak komponen yang ada.

3. Kaki-kaki

suspensi mobil

Pastikan per dan shock juga masih bekerja baik

>>> Pilihan mobil bekas paling lengkap ada disini

Merawat mobil tua juga perlu untuk memperhatikan kondisi kaki-kakinya. Rutin lakukan pengecekan atau tes jalan, untuk mengetahui apakah kondisi shock dan per masih prima. Perhatikan juga kondisi pelek, jangan sampai ada karat yang menempel. Begitu pun dengan ban. Walau mungkin jarang digunakan, pastikan ban tetap selalu dalam kondisi baik. Tidak bocor, tapaknya tidak tipis, atau ada benjol.

4. Bodi dan Interior

mobil karatan

Jangan sampai ada karat muncul

Selalu juga pastikan untuk merawat secara berkala eksterior dan interior mobil. Cuci bersih minimal dua pekan sekali akan menjadi langkah tepat dalam merawat mobil tua. Pastikan juga tidak ada karat di sela-sela bodi atau ruang kabin akibat usia mobil yang tak lagi muda.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top