Komparasi MG ZS Facelift vs KIA Sonet, Beda Rp 500 Ribu Tapi...

26/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dibanding KIA Sonet, harga MG ZS tipe menengah hanya beda Rp 500 ribu. Apakah mobil baru ini lebih memikat, simak komparasi MG ZS Facelift vs KIA Sonet berikut!

Kehadiran MG ZS Facelift menambah keseruan pasar mobil di tanah air, khususnya di segmen low SUV. Ada banyak model yang siap menghadang, seperti Honda HR-V yang hingga kini jadi model paling laris di kelasnya.

Ada juga KIA Sonet, model asal Korea yang tampangnya cukup menggoda namun dengan harga lebih murah. Berdasarkan situs resmi KIA Motors Indonesia, per September 2021 Sonet dipasarkan dengan harga termahal Rp 289 juta untuk tipe tertinggi Premiere iVT.

Sedangkan MG ZS dijual dengan harga termahal Rp 309,8 juta untuk tipe tertingginya Magnify. Adapun yang harganya paling sejajar dengan Sonet adalah Ignite yang dijual dengan harga Rp 289,8 juta. Apakah MG ZS tipe menengah ini lebih memikat dari Sonet tipe tertinggi? Simak komparasi MG ZS Facelift vs KIA Sonet berikut!

Dimensi dan Desain

Seperti biasa pengamatan pertama tertuju pada dimensi kendaraan. MG ZS Facelift berukuran panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, dan tinggi 1.653 mm dengan jarak sumbu roda 2.585 mm.

MG ZS vs KIA Sonet

Desain sih tergantung selera Anda

Sedangkan KIA Sonet memiliki ukuran panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.642 mm, dengan jarak sumbu roda 2.500 mm. Bisa dilihat dengan jelas MG ZS lebih besar dari KIA Sonet dan KIA Sonet lebih kompak dari MG ZS. Selain ukuran bodinya lebih kecil, jarak sumbu roda Sonet juga lebih pendek. Artinya kelincahan bermanuver dari mobil ini seharusnya lebih baik, berbeda dengan mobil Wheelbase panjang yang lebih stabil saat dipacu di kecepatan tinggi.

>>> Deretan Fitur Kekinian yang Ditawarkan New MG ZS

Eksterior

Bagian paling berbeda dari MG ZS Facelift adalah grilnya yang berbentuk segi enam heksagonal. Tidak seperti model lama yang berbentuk setengah lingkaran hingga mirip gril mobil Mazda.

Lampu utamanya juga beda, sekarang berbentuk sipit daun dan terpisah dari gril. Beda dengan model lama dimana lampu utama menyatu dengan gril. Fog lamp juga dibikin terpisah, dari sebelumnya menyatu dengan bumper.

Foto MG ZS Facelift 2021 tampak samping depan

New MG ZS resmi dipasarkan di Indonesia

Di bagian belakang desain lampu utama kini lebih menarik dan berkelas. Terdapat LED yang bentuknya serasi dengan LED lampu utama depan. Sementara reflektor di kiri kanan bawah juga didesain serasi mirip rumah fog lamp bagian depan.

Overall tampilan MG ZS Facelift lebih maskulin, menarik, dan enak dipandang dibanding model lamanya. Namun tidak menonjolkan ciri khas SUV yang bernuansa gagah dan berkarakter.

KIA Sonet, secara dimensi lebih kompak dari MG ZS. Namun secara penampilan lebih terlihat ciri SUV-nya. Kombinasi gril Tiger Nose yang menyatu dengan lampu utama seperti memandang tajam.

Foto KIA Sonet tampak depan

Penampilan KIA Sonet menunjukkan nuansa SUV

Tampang gagahnya juga didukung under guard warna silver berukuran besar dan mencolok. Bagian belakangnya serasi dengan bagian depan, under guard besar memberikan nuansa gagah. Juga ada garis bodi dari kiri ke kanan secara tegas

Interior

Interior MG ZS Facelift 2021 bernuansa mewah berkat kombinasi warna coklat dan hitam di bagian dashboard, jok, serta door trim. Di bagian dashboard tersemat head unit berukuran 10,1 inchi untuk mendisplay beragam fitur infotainment kendaraan. Dua kisi AC berada di atasnya dengan pemisah tombol hazard. Dua kisi yang lain di ujung kiri dan kanan dashboard berbentuk lingkaran.

>>> Komparasi MG ZS Facelift vs Honda HR-V Tipe S, Mana Lebih Menarik?

Foto Interior MG ZS Facelift

Interior MG ZS berkesan mewah

Interior MG ZS tipe Ignite tetap 5 seater menggunakan konfigurasi 3-2. Kabinnya lapang namun tidak memiliki panoramic roof. Fitur atap terbuka hanya ada pada tipe Magnify atau tipe tertinggi. Namun, interior KIA Sonet tak kalah menarik. Warna hitam mendominasi seluruh bagian dengan aksen-aksen merah. Desain joknya yang unik bernuansa sporty.

Tampilan dashboard futuristik dengan head unit floating. Empat kisi AC menggunakan frame lonjong. Dua di tengah dan dua di sisi kiri kanan. Sebagai tipe tertinggi Sonet Premiere iVT dilengkapi panoramic roof dengan ukuran lebih kecil dari MG ZS Magnify.

Fitur

MG ZS Facelift tipe Ignite maupun KIA Sonet dilengkapi beragam fitur keselamatan dan kenyamanan. Untuk MG ZS ada sistem pengereman ABS+EBD, EBA, EBA (Electronic Brake Assist), SCS (Stability Control System), TCS (Traction Control System), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), airbags dan yang lain

Yang tidak ada pada MG ZS Ignite adalah fitur pemantau tekanan ban atau Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Untuk kenyamanan ada pengaturan AC digital, kamera 360 derajat, cruise control, Android Auto & Apple CarPlay, serta smart key system untuk menghidupkan kendaraan tanpa kontak model colok.

Foto menunjukkan Dashboard KIA Sonet

Dashboard KIA Sonet terlihat lebih ramai

Pada KIA Sonet fitur keamanannya sama dengan yang dimiliki MG ZS di atas, ditambah TPMS, dan 6 airbag. Untuk fitur kenyamanan dan hiburan juga sama lengkap. Head unit layar sentuhnya memang lebih kecil dengan ukuran 8 inchi, namun sudah menggunakan sistem audio premium merek BOSE.

>>> First Drive KIA Sonet Premiere 2021 iVT: Calon Terbaik di Kelasnya?

Mesin

Untuk performa MG ZS dibekali mesin bensin 1.500 cc DOHC 4 silinder dengan teknologi VTi - Tech. Tenaga yang dihasilkan mencapai 112,5 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 150 Nm pada 4.500 rpm. Sekadar informasi, kode mesin yang sama juga digunakan di Wuling Cortez 1.500 non turbo yang dijual beberapa tahun lalu. Tak heran karena brand MG juga milik SAIC Motor yang sama-sama menaungi Wuling maupun GM.

Mesin MG ZS

Mesinnya kurang responsif dan kalah jauh dari KIA Sonet

Sedangkan KIA Sonet Premiere iVT dibekali mesin bensin 1.500 cc Smartstream Gamma II, DOHC, Dual CVVT. Tenaga yang dihasilkan mencapai 113,5 HP pada 6.300 rpm dan torsi maksimum 144 Nm pada 4.500 rpm. Mesin ini terasa responsif dan tak kesulitan sedikitpun saat menghela bodi Sonet. Sesuatu yang tak akan bisa Anda dapatkan di New MG ZS.

Harga

Sama seperti MG ZS vs Honda HR-V Tipe S yang tidak apple to apple, komparasi MG ZS Facelift vs KIA Sonet kali ini juga tak sepadan. MG ZS yang dikomparasi adalah Ignite atau tipe menengah. Sementara Premiere iVT adalah tipe tertinggi KIA Sonet.

Foto MG ZS Facelift vs KIA Sonet tampak dari depan

Dengan harga tak jauh beda, Anda bebas menentukan pilihan

Fokus komparasi di atas lebih kepada perbandingan harga. MG ZS Ignite dijual dengan harga Rp 289,8 juta. Sedangkan Sonet Premiere iVT dijual dengan harga Rp 289 juta. Dengan harga yang nyaris sama, hanya berselisih Rp 500 ribu mobil ini cukup setara. Anda bebas memilih dan menilai mana yang lebih menarik.

>>> Dapatkan Harga & Info Promo Semua Mobil Baru di Sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top