Komparasi MG ZS Facelift vs Honda HR-V Tipe S, Mana Lebih Menarik?

23/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dengan harga Rp 300 jutaan keduanya cukup menggoda dan layak jadi pilihan. Tapi, siapa yang lebih menarik? Inilah komparasi MG ZS Facelift vs Honda HR-V Tipe S!

New MG ZS hadir untuk menggantikan model lama. Peluncuran dilaksanakan hari Kamis, (9/92021) secara virtual. Mobil ini mengusung ubahan minor di bagian eksterior maupun interiornya. Namun itu cukup membuatnya tampil beda dari sebelumnya.

Tidak hanya ubahannya yang menarik. Harga yang berkisar Rp 300 jutaan membuatnya dibanding-bandingkan dengan Honda HR-V. Low SUV paling laris di Indonesia itu punya varian yang harganya setara.

MG ZS Facelift resmi dipasarkan di Indonesia

Benarkah MG ZS ini lebih menggoda dari HR-V dan apa yang membuatnya layak dipilih? Simak komparasi MG ZS Facelift vs Honda HR-V Tipe S berikut!

Dimensi

MG ZS Facelift punya ukuran panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm, tinggi 1.653 mm dan jarak sumbu roda 2.585 mm.

Sedangkan HR-V berukuran panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm dan jarak sumbu roda 2.610 mm.

Dari ukurannya terlihat jelas MG ZS lebih besar dari Honda HR-V. Meski hanya beberapa milimeter hal itu berpengaruh terhadap kelapangan interior.

>>> First Drive New MG ZS Magnify AT 2021: Siap Bersaing Lawan HR-V

Eksterior

Seperti disebut di atas, ubahan pada MG ZS Facelift tidak secara ekstrem, namun cukup membuatnya berbeda. Di bagian depan facianya tidak lagi mirip mobil Mazda.

Foto MG ZS Facelift tampak samping depan

Tampilan MG ZS Facelift beda dari sebelumnya

Gril segi enam berbentuk setengah lingkaran berganti dengan segi enam bentuk heksagonal. Lampu utamanya menggunakan bentuk sipit daun dan dipisah dari gril. Beda dengan model lama dimana lampu utama menyatu dengan gril.

Fog lamp yang pada model lama menyatu dengan bumper sekarang juga dibikin terpisah.

Di bagian belakang desain lampu utama kini lebih menarik dan berkelas. Terdapat LED yang bentuknya serasi dengan LED lampu utama depan. Sementara reflektor di kiri kanan bawah juga didesain serasi mirip rumah fog lamp bagian depan

Secara keseluruhan penampilan MG ZS Facelift semakin maskulin, menarik, dan enak dipandang dari model lamanya. Bagaimana dengan Honda HR-V Tipe S?

Sebagai varian bawah eksterior HR-V Tipe S berbeda dengan Tipe E. Namun tidak signifikan. Seperti lampu utama yang masih projector halogen tanpa LED dan fog lamp yang juga masih halogen.

>>> Komparasi MG ZS vs Suzuki Ignis, Tampil Segar Jadi Daya Pikat

Foto Honda HR-V 1.5L S CVT tampak samping depan

Honda HR-V, low SUV terlaris di tanah air

Perbedaan jelas terlihat di bagian samping, Tipe S menggunakan velg biasa single tone, bukan two tone color seperti pada HR-V Tipe E atau MG ZS.

Sementara di bagian belakang, HR-V Tipe S tidak dilengkapi LED model bar pada lampu utamanya. Di bagian bawah juga masih menggunakan reflektor model klasik serta bumper besar warna hitam doff.

Interior

Morris Garage berhasil menghadirkan interior bernuansa mewah pada MG ZS terbaru ini. Kombinasi warna coklat dan hitam di bagian dashboard, jok, serta door trim membuatnya terasa lebih mahal.

Penataan bagian dashboard juga apik. Ada head unit berukuran 10,1 inchi untuk mendisplay beragam fitur infotainment kendaraan.

Dua kisi AC berada di atasnya dengan pemisah tombol hazard. Dua kisi yang lain di ujung kiri dan kanan dashboard berbentuk lingkaran turbin.

Foto Interior MG ZS Facelift

Interior MG ZS berkesan mewah

Untuk Honda HR-V Tipe S interior didominasi warna hitam dengan jok seluruhnya berbahan fabric. Di bagian dashboard menggunakan head unit 6,2 inchi, jauh lebih kecil dari head unitnya MG-ZS,

Akomodasi penumpang kedua mobil di atas sama-sama lapang mengingat keduanya hanya tersedia 5 seater. Selain itu untuk bagasi juga sama-sama lapang untuk membawa banyak barang.

Fitur

MG ZS Facelift dan Honda HR-V Tipe S punya fitur cukup lengkap. Dari sistem pengereman ABS+EBD, EBA, EBA (Electronic Brake Assist), SCS (Stability Control System), TCS (Traction Control System), airbags dan yang lain.

Yang berbeda, Honda HR-V Tipe S tidak dilengkapi pemantau tekanan ban Tire Pressure Monitoring System (TPMS), kamera 360 derajat, cruise control, Android Auto & Apple CarPlay. Smart key system juga tidak ada. Untuk menghidupkan kendaraan masih menggunakan kontak model colok.

Pada MG ZS Facelift semua fitur di atas semuanya ada. Jadi, bisa dibilang fitur MG ZS baru ini lebih lengkap dari Honda HR-V Tipe S.

>>> Deretan Fitur Kekinian yang Ditawarkan New MG ZS

Foto Interior Honda HR-V 1.5 S

Fitur Honda HR-V Tipe S lebih sedikit dibanding MG ZS

Mesin

Performa Honda HR-V Tipe S bersumber dari mesin bensin 1.500 cc SOHC 4 silinder segaris dengan teknologi i-VTEC+DBW. Tenaga yang dihasilkan mencapai 118 HP pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.600 rpm dan transmisi CVT.

Untuk MG ZS Facelift menggunakan mesin yang sama dengan sebelumnya. Yaitu bensin 1.500 cc DOHC 4 silinder dengan teknologi VTi - Tech. tenaga yang dihasilkan mencapai 112,5 HP pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 150 Nm pada 4.500 rpm.

Harga

Membandingkan fitur-fitur MG ZS Facelift vs Honda HR-V Tipe S sebenarnya tidak apple to apple. MG ZS yang kami komparasikan adalah Magnify atau tipe tertinggi. Sementara Tipe S adalah varian terendah HR-V.

Fokus di sini lebih kepada perbandingan harga yang tidak terlalu berselisih jauh, hanya Rp 8,3 juta. Harga Honda HR-V Tipe S CVT adalah Rp 301,5 juta. Sedangkan harga MG ZS Magnify Rp 309,8 juta.

Terakhir, dengan perbedaan yang ada Anda bisa menentukan siapa yang lebih menggoda dan layak dipilih. Tentu saja, untuk memutuskan membeli faktor produk bukan satu-satunya yang jadi pertimbangan.

>>> Ini Harga New MG ZS, Termurah Rp 269 Juta

Foto Honda HR-V S vs MG ZS facelift

Siapa lebih menarik, Honda HRV Tipe S atau MG ZS facelift?

>>> Cari mobil Honda bekas, dapatkan harga terbaik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top