First Drive KIA Sonet Premiere 2021 iVT: Calon Terbaik di Kelasnya?

24/03/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
First Drive KIA Sonet Premiere 2021 iVT: Calon Terbaik di Kelasnya?
Kelas SUV murah akan segera ramai dan PT Kreta Indo Artha dengan pintar membuka kelas ini terlebih dahulu tahun lalu dengan menghadirkan KIA Sonet Premiere 2021

Bukan rahasia lagi jika persaingan di kelas SUV murah akan segera memanas. Diawali dengan KIA yang meluncurkan Sonet disusul Nissan yang mempersenjatai diri dengan Magnite dan nantinya Daihatsu Rocky serta Toyota Raize sebagai jagoan duo Astra akan menyusul. Namun, sebelum para rivalnya meluncur, terlebih dahulu tim tester Cintamobil.com lompat ke bangku pengemudi KIA Sonet Premiere 2021 iVT. Benarkah berpotensi menjadi calon yang terbaik di kelasnya?

Mesin Potensial

Hal pertama yang kami apresiasi dari KIA Sonet tipe Premiere 2021 bertransmisi iVT ini adalah mesinnya yang potensial. Berdasarkan hasil pengetesan kami sendiri di Indonesia dengan alat Racelogic, untuk sprint dari diam ke kecepatan 100 km/jam bisa diraih dengan 11,5 detik. Bisa dibilang tergolong cepat meskipun figur tersebut masih 0,2 detik lebih lambat dari Nissan Magnite yang mengusung mesin 1.000 cc 3-silinder turbo untuk parameter yang sama.

Foto mesin KIA Sonet Premiere 2021

Mesin 1.500 cc 4-silinder berteknologi double injector ini terasa responsif

Mesin bertenaga 115 PS dan torsi 144 NM-nya terasa ringan menghela bodi mobil yang bobotnya kami prediksi tak sampai 1,1 ton. Hal ini juga membuat konsumsi BBM KIA Sonet termahal ini impresif. Sesuai standar pengetesan kami di Cintamobil.com, untuk di rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam 1 liter BBM oktan 95 di tangki mobil ini mampu membawanya sejauh 14,3 kilometer. Sementara untuk rute tol 19,8 kilometer per liter dengan average speed 90 km/jam.

Transmisi Responsif

Performa yang cukup mengesankan kami itu bisa didapat bukan hanya sumbangsih dari mesin berkode Smartstream, Gamma II yang ada di balik bonnet. Tetapi juga karena transmisi CVT yang diusungnya. Transmisi ini cukup pintar dalam mengatur sabuk baja guna menyesuaikan rasionya dan mampu membaca kemauan pengemudi sehingga selalu di dapat performa yang baik.

Foto tuas transmisi KIA Sonet Premiere 2021

Transmisi pintar membantunya memperoleh kehematan di jalan

Teknologi transmisi bernama iVT (Intelligent Variable Transmission) yang diusung Sonet ini diklaim memiliki rasio chain pulley lebih besar dari kompetitor, sehingga akselerasinya lebih spontan di putaran rendah dan efisien pada putaran tinggi. Salah satu bukti yang membuat konsumsi BBM KIA Sonet ini relatif hemat adalah saat cruising di jalan tol dengan kecepatan 100 km/jam, putaran mesin mampu 'ditahan' di sekitar angka 1.500 rpm saja.

Foto KIA Sonet Premiere iVT 2021

Gunakan mode SPORT saat hendak berkendara agresif

Transmisi ini juga pintar, ketika Anda menginjak pedal gas lebih dari 40% saat posisi tuas transmisi D (Drive), akan terasa perpindahan gigi layaknya transmisi otomatis konvensional, sehingga berkendara di kecepatan tinggi terasa lebih menyenangkan. Mobil ini juga dilengkapi dengan 6 driving mode yakni ECO, SPORT, NORMAL, SAND, MUD, dan SNOW.

>>> Komparasi Nissan Magnite vs Daihatsu Rocky vs KIA Sonet: Mana SUV Murah Terbaik?

Fitur Berkelas

Audio system adalah satu kelebihan utama KIA Sonet Premiere 2021 ini. Sebab KIA Indonesia menyematkan sound system bermerek premium ke dalam SUV kompak ini. Secara total ada 2 tweeter, 4 speaker, dan 1 subwoofer bermerek BOSE di KIA Sonet ini. Kualitas suara yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi, suara vokal, bass dalam frekuensi berapapun terasa nikmat didengar. Headunit touchscreen 8,8 incinya juga sudah support wireless Apple CarPlay dan Android Auto.

Foto head unit KIA Sonet Premiere 2021

Audio racikan BOSE mampu menghibur Anda sepanjang jalan

PT Kreta Indo Artha paham betul jika konektivitas menjadi hal utama di era modern saat ini. Selain menyematkan sunroof untuk membuat interior lega dan bernuansa mahal, dan ventilated seat, KIA Sonet Premiere 2021 ini juga dilengkapi dengan wireless charger. Jadi jika smartphone Anda sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging, Anda tinggal letakkan saja di konsol wireless charging yang tersedia di mobil ini, sembari mobil berjalan baterai smartphone Anda bisa terisi ulang.

>>> Klik sini untuk lanjut update berita otomotif yang hot lainnya

Kekurangan KIA Sonet Premiere 2021

Foto interior KIA Sonet Premiere iVT 2021

Sayangnya peredaman kabinnya terasa tak sebaik produk KIA lainnya

Meskipun mobil ini dibekali dengan sejumlah fitur berkelas plus mesin yang potensial, tetapi tak ada gading yang tidak retak. Beberapa kekurangan KIA Sonet Premiere 2021 ini juga ada yang cukup mengganggu. Antara lain adalah posisi duduk yang kurang rileks bagi kami, tester Cintamobil.com yang punya tinggi badan 178 cm. Hal itu juga diperparah dengan posisi setir yang hanya bisa disetir naik-turun (tilt) saja tanpa ada pengaturan jangkauannya (telescopic).

Kesimpulan

Foto KIA Sonet Premiere iVT 2021

Siap tantang Rocky dan Raize!

Berbekal fitur lengkap nan berkelas plus mesin potensial. Mobil yang kini juga menjadi volume maker untuk KIA Indonesia ini menjadi calon terbaik di kelasnya, sementara kita akan melihat dulu calon rivalnya terutama dari geng Sunter (Rocky dan Raize) apakah KIA Sonet tipe tertinggi ini mampu untuk menjadi yang terbaik. KIA sendiri masih memiliki pekerjaan rumah besar yakni memperbanyak jaringan dealer servis dan spare part guna mendukung layanan purna jual produknya.

>>> First Drive: All New KIA Seltos EXP 2020, Impresinya Patut Diwaspadai oleh Para Rival

Pertanyaan Sering Diajukan

Siapa saja rival KIA Sonet?
Rival KIA Sonet adalah Nissan Magnite, Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Hyundai Creta, Honda ZR-V
Berapa harga KIA Sonet?
1.5 iVT Premiere Rp. 289,000,000.- 1.5 iVT Dynamic Rp. 265,000,000.- 1.5 iVT Smart Rp. 251,500,000.- 1.5 M/T Smart Rp. 238,500,000.- 1.5 M/T Active Rp. 204,500,000.- 1.5 M/T Standard Rp. 193,000,000.-
Apa nilai jual utama dari KIA Sonet?
Fitur lengkap, dan mesin potensial
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top