Kilas Balik Perjalanan 50 Tahun Mercedes-Benz Truck Bus Di Indonesia

20/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Kilas Balik Perjalanan 50 Tahun Mercedes-Benz Truck Bus Di Indonesia
Tak terasa pabrikan Jerman ini sudah setengah abad di Tanah Air, Inilah sepenggal cerita mengenai perjalanan 50 tahun Mercedes-Benz Truck Dan Bus di Indonesia

Tak terasa pabrikan Jerman ini sudah berusia setengah abad di Tanah Air. Tentunya beragam lika-liku telah dilewati. Berikut ini Cintamobil.com memberikan rangkuman kisah 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia, namun kali ini kami berfokus kepada jenis bus dan truck. So, inilah sepenggal cerita mengenai perjalanan 50 tahun Mercedes-Benz terutama untuk kendaraan jenis truck dan bus di Indonesia:

1970

Pada tahun 1970 Presiden H.M Soeharto mengeluarkan kebijakan industrialisasi dengan mendorong perakitan (assembling) produk otomotif di dalam negeri. Atas dasar itulah pada tanggal 9 Oktober 1970, Daimler-Benz AG sebagai produsen kendaraan Mercedes-Benz mendirikan P.T Star Motor Indonesia sebagai agen tunggal pemegang merek Mercedes-Benz di Indonesia.

Gambar Pabrik Mercedes-Benz Tanjung Priok

Perjalanan 50 Tahun Mercedes-Benz dimulai di Tanjung Priok

Pada saat yang sama PT German Motor Manufucturing juga didirikan sebagai pabrikan dan perakit produk Daimler-Benz yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dalam kesempatan ini juga terjadi kesepakatan antara Volkswagen dan Mercedes-Benz untuk merakit kendaraan di Indonesia. Pendirian pabrik ini menjadi tonggak awal dan bentuk persiapan untuk merakit kendaraan komersial pertama mereka.

1971

Gambar Mercy Bagong Truck 911 Tipper Mercedes-Benz

Mercedes-Benz Truk 911 turut warnai perjalanan 50 Tahun Mercedes-Benz di Indonesia

Setahun kemudian setelah pendirian pabrik, PT German Motor Manufucturing langsung merakit kendaraan niaga truck 911 atau di Indonesia lebih dikenal dengan truk Mercy Bagong. Truck tipper Mercedes-Benz ini memiliki beragam keunggulan yang ditawarkan, seperti rangka yang kokoh dan kekar, serta sistem kemudi, kaki-kaki, dan pengereman yang diklaim lebih unggul dibanding kompetitornya.

1973

Gambar Mercedes-Benz O 321 H Bus

Mercedes-Benz bus O 321 H jadi pelopor bus canggih di Tanah Air

Dua tahun kemudian setelah sukses merakit truck Mercy Bagong, PT German Motor Manufucturing melihat peluang lain, yakni sektor angkutan. Maka pada tahun 1973 ini mulai dirakitlah bus O 321 H yang merupakan pelopor bus canggih di Indonesia. Tak main-main bahkan bus ini termasuk bus terbaik di dunia saat itu. Tercatat setidaknya 300 unit bus masuk ke Indonesia dan sering digunakan pada acara-acara yang bergengsi.

1982

Gambar Pabrik Mercedes-Benz

Pabrik di Tanjung Priok akhirnya dipindah ke Wanaherang

Tahun 1982 menandakan resminya beroperasi pabrik Mercedes-Benz di Desa Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Tepatnya 45 kilometer dari Jakarta. Pabrik ini merupakan lokasi baru menggantikan lokasi lama di Tanjung Priok. Selanjutnya pada tahun 1983, di Wanaherang, Gunung Putri, didirikan PT Star Engine Indonesia sebagai perakit mesin, bak persneling, dan as roda kendaraan Mercedes-Benz.

1986

Gambar Mercedes Benz OF 1113 Milik Bus AKAS Jawa Timur

Bus Mercedes OF 1113 sempat jadi primadona operator bus di Indonesia

Empat tahun setelah pabrik baru berdiri, Mercedes-Benz Indonesia kembali memberikan gebrakan dengan meluncurkan bus OF 1113. Bus OF 1113 adalah bus bermesin depan pertama di Indonesia. Bus ini langsung menjadi favorit para operator bus saat itu dan sangat laris. Keunggulan utama dari bus ini adalah mesinnya yang bandel dan hemat BBM. Rancangan bus ini dibuat oleh PT German Motor Manufucturing dan dilengkapi peredam getaran sehingga lebih nyaman.

1991

Gambar Bus dan truk antik Mercedes-Benz

Dalam perjalanannya terdapat beberapa penyesuaian pada perusahaan

Seiring berjalannya waktu dilakukan beberapa penyesuaian pada perusahaan. Dan pada tanggal 1 Februari 1992 PT German Motor Manufucturing menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek, perakitan produk, dan pabrikan Mercedes-Benz di Indonesia. Sedangkan PT Star Motor Indonesia hanya menjadi distributor utama Mercedes-Benz di Tanah Air.

1994

Gambar Mercedes-Benz MB700

Mercedes-Benz sempat memproduksi truk ringan MB 700

Pada tahun 1994 ini menjadi tahun dimana PT German Motor Manufucturing memproduksi sebuah truk ringan bernama MB 700. Truk ini dilengkapi dengan kapasitas angkut yang lebih besar dan mesin yang tangguh. Paling istimewa adalah truk ringan ini memang dirancang untuk melibas medan jalan Indonesia yang sulit dan penuh jalan rusak.

2017 - 2018 - 2019

Loncat ke tahun 2017 di mana Mercedes-Benz berhasil memproduksi truk pertama di Indonesia yakni Axor 2528 C. Satu tahun kemudian, pabrik di Wanaherang sukses merakit sebanyak 1000 unit kendaraan niaga pada bulan Desember 2018. Di tahun 2018 ini juga Daimler juga berhasil membuat program khusus 'Tour De Axor' yang diselenggarakan di 13 kota di Indonesia.

Foto truk Mercedes-Benz Arocs 4042 K 6x4

Truk Arocs merupakan saudara Axor

Pada tahun 2018 ini juga terjadi ubahan struktur terhadap perusahaan distribus Mercedes-Benz di Indonesia. PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia hadir sebagai distributor utama untuk kendaraan niaga Mercedes-Benz di Tanah Air. Sedangkan PT Mercedes-Benz Distributor Indonesia fokus kepada kendaraan penumpang Mercedes-Benz di Indonesia. Setahun setelah PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia berdiri, mereka mengumumkan struktur baru (Project Future) dengan berdirinya PT tersebut. 

2020

Foto Mercedes-Benz Actros 5 dipajang di ajang GIICOMVEC 2020

Actros 5 mejeng di ajang GIICOMVEC 2020

Pada bulan februari 2020 PT Daimler Commercial Vehicle Manufucturing Indonesia didirikan sebagai perusahaan manufuktur kendaraan-kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia. Sedangkan PT Mercedes-Benz Indonesia akan fokus dalam melanjutkan manufuktur kendaraan penumpang Mercedes-Benz di Indonesia. Jadi itulah rangkuman perjalanan Milestone 50 Tahun Mercedes-Benz Truck Bus Di Indonesia.

>>> Basis dari dual cabin ini digunakan juga pada Mercedes-Benz X-Class

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Truk Mercy Axor 4843 K Sasar Perusahaan Tambang di Balikpapan, Kaltim

26/03/2018

Pasar mobil

PT Bintang Kutai Motor, Balikpapan menjadi salah satu dealer yang mendapatkan berkah akan adanya perbaikan harga komoditas pertambangan, khususnya bagi industri kendaraan niaga. Momen yang begitu bagus ini tak disia-siakan oleh dealer Mercedes-Benz di Balikpapan. Model Axor 4843 K dijadikan andalan dan pilihan yang tepat untuk penjualan di kelas komersil.

Lihat juga

GIICOMVEC 2020: Rangkaian FItur Baru Facelift Mercedes-Benz Actros 5 dan Arocs 5

05/03/2020

Mobil baru

2 menit

Membuka booth truk Mercedes-Benz di GIICOMVEC 2020, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia memperkenalkan model terbaru mereka, Mercedes-Benz Actros 5 dan Arocs 5 versi facelift.

Lihat juga

Fitur ‘Pertama di Dunia” Mercedes-Benz Actros dan Arocs: Electro Hydraulic Servotwin Steering

28/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

Sudah lama diperkenalkan di negara asalnya, Mercedes-Benz akhirnya memperkenalkan dua truk baru mereka di Indonesia. Mercedes-Benz Actros dan Mercedes-Benz Arocs. Dipenuhi berbagai sistem dan teknologi terbaru Mercedes, keduanya juga menjadi truk 8x4 pertama di dunia dengan sistem Electro Hydraulic Servotwin Steering.

Lihat juga

800 Unit Kendaraan Komersial Terjual di GIICOMVEC 2020 Dengan Nilai Rp450 M+

14/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Perhitungan sementara pameran GIICOMVEC 2020 telah menghasilkan penjualan sebanyak 800 unit kendaraan komersial dengan nilai lebih dari Rp 450 miliar.

Lihat juga

GIICOMVEC 2020: DFSK Gelora E 2020, Kendaraan Komersial Listrik Pertama Indonesia Seharga Rp470 Jutaan

05/03/2020

Event - Promosi

2 menit

DFSK menjadi pabrikan pertama di Indonesia yang memperkenalkan kendaraan komersial bertenaga listrik bernama DFSK Gelora E 2020. Harga yang ditawarkan cukup menarik, yaitu mulai dari Rp470 jutaan.

Lihat juga
 
back to top