Jeep Grand Cherokee, Kisah Sang Legenda Amerika Nan Gagah dan Mewah

24/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Jeep Grand Cherokee menjadi salah satu SUV legendaris kebanggaan Amerika Serikat melalui beragam inovasi terdepan dalam hal kemampuan jelajah lintas alam.

Menilik sejarahnya, Jeep Grand Cherokee berasal dari proyek Jeep untuk membuat produk baru yang mampu bersaing dengan SUV lain yang lebih besar dan lebih mewah seperti Ford Explorer. Produk Jeep yang sudah ada seperti Jeep Cherokee tenyata kurang kompetitif dibanding Ford Explorer.

Lahirlah Jeep Grand Cherokee yang memang disiapkan khusus oleh Jeep sebagai rival langsung Ford Explorer. Memadukan kemampuan off road legendaris khas Jeep, pesona kemewahan, kabin lapang dan suspensi nyaman. Dan inilah perjalanan Jeep Grand Cherokee.

Generasi Pertama (ZJ, 1993-1998)

gambar jeep

Disiapkan khusus oleh Jeep untuk menjadi pesaing utama Ford Explorer

Jeep GC ZJ generasi perdana dirilis dalam event North American International Auto Show 1992 di Detroit, Michigan. Saat itu sang big brother tampil transparan untuk menunjukkan kalau SUV ini sama tangguh dengan produk Jeep lainnya.

Sebagai produk baru, Jeep GC menawarkan dua fitur inovatif—airbag pengemudi dan ABS 4WD—yang tidak pernah ada sebelumnya. Serupa Jeep Cherokee XJ, the big brother juga menganut konstruksi bodi monocoque serupa sedan sehingga bobotnya lebih ringan. Sementara SUV sekelas lainnya menerapkan konstruksi body on frame yang berat.

gambar jeep

Menganut konstruksi bodi monocoque sejak awal sampai sekarang

Sejak generasi pertama, Jeep GC hanya dipasarkan sebagai model empat pintu karena memang disiapkan untuk mengimbangi Ford Explorer. Bekal jarak sumbu roda 2.690 mm (lebih panjang 114 mm dibanding Jeep Cherokee XJ) menghasilkan kabin yang lega dan ruang kaki yang nyaman untuk penumpang belakang. Terlebih riset pasar Jeep menunjukkan SUV empat pintu mulai populer sejak pertengahan tahun 1980-an hingga saat ini.

gambar jeep

Dilengkapi sistem gerak empat roda (4WD) Quadra-Trac yang inovatif

Tersedia tiga pilihan sistem 4WD untuk Jeep GC; Command-Trac (part-time) lalu Selec-Trac (full-time dan part-time) yang diwariskan dari Jeep Cherokee. Sedangkan sistem Quadra-Trac (permanent 4WD) menjadi inovsi ekslusif Jeep GC. Suspensi Jeep GC ZJ memadukan solid axle dan per keong yang menghasilkan peredaman nyaman. 

gambar jeep

Salah satu varian istimewa; Jeep Grand Wagoneer 1993 

Selama masa edar 1993-1998, ada beberapa edisi spesial Jeep GC ZJ yang dipasarkan oleh Jeep, antara lain varian Grand Wagoneer (1993), Orvis Edition (1995-1997), TSi (1997-1998), 5.9 Limited (1998). Khusus untuk Jeep Grand Cherokee versi ekspor, diproduksi di pabrik Magna Steyr, Graz, Austria dan memiliki kode model ZG.

>>> Jeep Grand Cherokee Ternyata Sempat Recall karena Airbag Tak Mengembang

Generasi Kedua (WJ/WG, 1999-2005)

gambar jeep

Menawarkan transmisi otomatis canggih yang bisa diprogram pilihan gear ratio-nya 

Jeep GC gen-2 meluncur September 1998 dengan kode WJ (pasar Amerika Serikat) dan WG (pasar ekspor). Dibanding generasi ZJ, Jeep GC WJ/WG tampil dengan sejumlah perubahan. Yang terlihat pada sisi eksterior adalah PCD dari 5 x 114,5 menjadi 5 x 127.

Selain itu, tersedia fitur sistem 4WD Quadra-Drive yang canggih dan transmisi otomatis yang inovatif karena gear ratio-nya terutama gear ratio untuk gear ke-2 bisa diutak-atik dalam artian dipilih melalui program ulang ECU. . 

gambar jeep

Juga dipasarkan dan diproduksi di negeri panda oleh Beijing Jeep 

Satu hal menarik terkait Jeep GC gen-2 adalah kehadiran versi China yang diproduksi oleh Beijing Jeep Corporation, Ltd. Awalnya, Beijing Jeep memproduksi Jeep Cherokee XJ (1984-2005) dan kemudian membeli lisensi produksi Jeep GC WJ.

Mulai tahun 2005 dipasarkan di China Jeep 4000 GC dan Jeep 4700 GC. Jeep GC menjadi flagship model untuk Beijing Jeep dan identik dengan Jeep Grand Cherokee Limited 2004 versi USA.

>>> Modifikasi Jeep Grand Cherokee SRT8, Ceper Custom dari Ferrada

Generasi Ketiga (WK, 2005-2010)

gambar jeep

Berganti dari suspensi depan live axle menjadi suspensi depan independen (IFS)

Jeep merilis Grand Cherokee generasi ke-tiga (WK) dalam event New York International Auto Show 2004 dan kemudian menyusul pada tahun 2007 saat gelaran Euro Camp Jeep di Ardèche, Prancis.

Dibanding sang kakak, Jeep Grand Cherokee WK membawa sejumlah pembaharuan berupa fitur Quadra-Drive II 4WD, DVD player belakang, dan yang paling mendasar adalah penggunaan suspensi depan independen (IFS, independent front suspension). 

gambar suspensi

Suspensi depan independen Jeep Liberty digunakan pada Jeep GC WK

Suspensi depan Jeep Grand Cherokee WK menggunakan independent double-wishbone serupa Jeep Liberty 2002. Jeep mengklaim suspensi tersebut menghasilkan kenyamanan NVH setara crossover sekelas lainnya.

Penerapan suspensi depan independen mengakhiri pemakaian suspensi live axle sejak era Cherokee XJ serta Grand Cherokee ZJ dan WJ. Namun suspensi depan live axle tetap dipakai untuk Jeep Wrangler (YJ, TJ, JK, JL).

gambar jeep

Varian SRT-8 (Street & Racing Technology V8), sang monster aspal 

Salah satu kreasi unggulan selama masa edar Jeep Grand Cherokee WK adalah varian SRT-8 (Street & Racing Technology V8) yang tampil perdana dalam gelaran New York International Auto Show 2005.

Spesifikasinya sesuai dengan namanya. Mulai dari mesin Hemi V8 6,1 liter 420 hp, rem Brembo, knalpot sport, shock absorber Bilstein (gas), suspensi sport dan segudang modifikasi lainnya. Performa istimewanya berupa 0,92 g (uji skid-pad), akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,6 detik serta 13,2 detik dan 167,5 km/jam untuk pengujian 0-402 m.

Generasi Keempat (WK2, 2011-2020)

gambar jeep

Memadukan gaya desain klasik khas Jeep dan aura modern serta aerodinamis

Tampil perdana dalam gelaran New York Auto Show 2009 dan diperkenalkan saat musim semi 2010 sebagai model tahun 2011. Dari segi eksterior, Jeep WK2 memadukan gaya styling klasik khas Jeep dengan gaya styling modern dan aerodinamis.

Interior mewah disertai lapisan kulit dan panel kayu plus opsi Bluetooth dan uConnect. Jeep Grand Cherokee WK2 meraih penghargaan dalam hal off-road capability, luxury, value, best-in-class, dan keselamatan.

gambar jeep

Menerapkan sistem suspensi independen pada semua roda (IFS + IRS) 

Tidak seperti generasi WK, Jeep Grand Cherokee WK2 menganut suspensi full independen depan belakang dengan suspensi udara (Quadra-Lift) yang dilengkapi mode Park, Aero, Normal Ride Height, Off-Road 1, and Off-Road 2.

Fitur terrain management system versi terbaru (Selec-Trac) dengan pilihan mode Auto, Sport, Snow, Rock dan Sand/Mud mendukung mobilitas di luar aspal. Sistem 4WD, Jeep Grand Cherokee WK2 dilengkapi pilihan Quadra-Trac I, Quadra-Trac II dan Quadra-Drive II. 

gambar jeep

Varian SRT Trackhawk adalah “the highest performance Grand Cherokee”

Sejalan tuntutan konsumen yang lebih mementingkan performa, Jeep merilis Jeep GC SRT Trackhawk dalam event New York International Auto Show 2017 sebagai model tahun 2018. Boleh disebut, varian Trackhawk adalah “the highest performance Grand Cherokee” berbekal mesin Hemi V8 6,2 liter supercharged 707 hp.

Secara posisi produk, Jeep Grand Cherokee Trackhawk meneruskan tradisi “the most powerful Grand Cherokee” seperti Jeep GC (ZJ) 5.9L Limited 1998, Jeep GC (WK) SRT8 2006-2010 dan Jeep GC SRT8 2012-2013.

Generasi Kelima (WL, 2021) 

gambar jeep

Kini tersedia pilihan long wheel base (LWB) dengan tiga baris kursi

Tidak seperti kakak-kakaknya, Jeep GC generasi ke-lima ini (WL) hadir dalam dua pilihan; SUV tiga baris kursi dan sasis panjang (LWB, lebih panjang 175 mm) yang dirilis pada 7 Januari 2021 serta versi dua baris kursi yang akan menyusul.

Serupa generasi sebelumnya, Jeep GC WL menganut suspensi independen pada semua roda (multi-link) dengan sebutan Quadra Lift (plus suspensi udara untuk varian atas). Penerapan suspensi independen memaksimalkan kenyamanan di jalan normal tanpa mengorbankan kemampuan jelajah off road.

gambar jeep

Fitur Selec Terrain berasal dari warisan generasi sebelumnya

Dalam hal kapabilitas lintas alam, Jeep GC WL dilengkapi tiga pilihan; Quadra-Trac I, Quadra-Trac II (tambah low range) dan Quadra-Drive II. Sedangkan fitur Selec Terrain milik Jeep GC (WK2) diwariskan kepada sang adik WL disertai tambahan toggle switch pada konsol tengah.

gambar audio

 McIntosh menggantikan Harman Kardon sebagai fitur standar sistem audio premum

Perangkat hiburan pada Jeep GC WL didukung sistem audio McIntosh 950 Watt 19 speaker menggantikan sistem audio Harman Kardon 825 Watt 18 speaker. Fitur baru perdana lainnya mencakup kursi depan dengan fitur pijat, kamera hadap kursi belakang, kamera 360o, wireless charging dan Level 2 semi-autonomous.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top