Hyundai dan Ineos Kolaborasi Bikin SUV 4x4 Bertenaga Air

22/10/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ineos Automotive menggandeng Hyundai untuk mengembangkan SUV 4x4 mereka, Grenadier sebagai mobil listrik bertenaga hidrogen. Mobil itu akan diuji mulai 2022.

Ineos Automotive adalah pabrikan asal Inggris yang didirikan pada tahun 2017 oleh Sir Jim Ratcliffe yang berfokus pada produksi SUV 4x4. Mobil pertama mereka, Ineos Grenadier, dibuat sebagai suksesor spiritual dari Land Rover Defender.

Kabarnya, mereka akan mulai memasarkan mobil itu untuk pasar ASEAN termasuk Indonesia dalam waktu dekat. Sebelum itu, mereka membuat pemberhentian untuk mengembangkan SUV 4x4 tersebut sebagai mobil listrik dengan fuel cell hidrogen.

Berkolaborasi Dengan Hyundai

Beberapa waktu lalu, Hyundai berkomitmen untuk mengembangkan lini mobil listrik bertenaga hidrogen dengan memperkenalkan mobil konsep Vision FK dalam gelaran online bertajuk Hydrogen Wave. Sebelumnya, mereka sudah meluncurkan sedan bertenaga air yang bernama Hyundai Nexo di tahun 2018.

>>> Ineos Grenadier 2022, Tampang Tua Performa Istimewa

Gambar Hydrogen Vision 2040

Melalui inisiasi Hydrogen Vision 2040, Hyundai menjadi salah satu pabrikan paling serius dalam menggarap fuel cell hidrogen

Ineos melihat bahwa masa depan mobil listrik dan energi terbarukan bertumpu pada penggunaan hidrogen sebagai fuel cell. Hal ini diungkapkan oleh Sir Jim Ratcliffe sebagai sang pendiri dan pegiat energi terbarukan.

"Kami meyakini hidrogen adalah bahan bakar masa depan dan Ineos bertekad untuk mengambil peran terdepan dalam pengembangan bahan bakar ini. Ketika digunakan di dalam bahan bakar sel, hidrogen hanya menghasilkan air dan ini adalah peluang terbaik bagi Inggris untuk mencapai target penurunan karbo," ujarnya.

Wajar jika kedua pabrikan akhirnya memutuskan untuk bekerja sama sejak tahun 2020, dan akhirnya tahun ini Ineos pun menuai hasilnya dengan SUV 4x4 konsep yang dinamakan Ineos Grenadier FCEV Concept.

Gambar Ineos Grenadier FCEV Concept

Tampilan Ineos Grenadier FCEV Concept tak jauh berbeda dengan saudaranya yang bermesin bensin dan diesel

>>> Wuih! Hyundai Akan Perkenalkan Mobil Baru Berbahan Bakar Air

Mulai Diuji Coba Tahun Depan

Ineos Grenadier FCEV Concept akan memulai pengujian diakhir tahun 2022. Dalam pengujiannya, mobil tersebut akan diuji di medan off-road dan jalan aspal. Di sisi lain, Ineos sedang bersiap-siap untuk melakukan peluncuran terhadap Grenadier dengan mesin bensin dan diesel konvensional pada Juli 2022.

Ineos sendiri akan terus memprioritaskan produksi hidrogen ramah lingkungan berbahan baku air dengan menggunakan elektrolisis bertenaga energi terbarukan. Perusahaan ini telah mengumumkan komitmennya untuk menginvestasikan 2 miliar (setara Rp 32,9 triliun) untuk memproduksi hidrogen ramah lingkungan yang baru di seluruh Eropa.

Mereka telah memproduksi dan menggunakan 400.000 ton hidrogen rendah karbon setiap tahunnya atau setara dengan penggunaan hingga 2 miliar liter bahan bakar diesel.

Gambar Ineos Grenadier

Tak hanya di Eropa, Ineos berencana untuk memasarkan mobil-mobil mereka di ASEAN termasuk Indonesia

Jujur saja, kami tertarik dengan pengembangan SUV 4x4 bertenaga hidrogen ini untuk masa depan. Apalagi jika dibandingkan dengan baterai, penggunaan fuel cell yang memiliki jangkauan lebih jauh tentu sangat sesuai dengan kemampuan SUV 4x4 tersebut sebagai mobil off-road dan overland.

>>> Simak Harga dan Promo Mobil-mobil Baru di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top