Wuih! Hyundai Akan Perkenalkan Mobil Baru Berbahan Bakar Air

27/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Setelah BMW, kini giliran Hyundai yang akan memperkenalkan mobil listrik berbahan bakar air. Tenang, air yang kami maksud bukan air keran melainkan hidrogen.

Setelah pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk meluncurkan mobil listrik bertenaga baterai, nampaknya beberapa tahun ke depan akan jadi era pengembangan bahan bakar alternatif baru yang jauh lebih ramah lingkungan, hidrogen.

BMW sudah berencana untuk terus melakukan riset dan pengembangan terhadap fuel cell ini, dan baru-baru ini Hyundai mengumumkan rencana pengungkapan visi mereka terhadap jajaran kendaraan listrik dengan fuel cell hidrogen pada 7 September 2021.

Gelombang Mobil Bertenaga Hidrogen

Dalam video teaser bertajuk 'Hydrogen Wave: A New Wave for Hydrogen Society' yang diunggah ke YouTube resmi mereka, Hyundai akan mengungkapkan sebuah mobil listrik bertenaga fuel cell hidrogen.

Gambar Hyundai Hydrogen Wave

Dalam video teaser, terlihat mobil listrik dengan siluet sedan sporty

>>> IAA Munich 2021: Mobil Konsep Hyundai Punya Jendela untuk Nonton Film

Dalam video tersebut, terlihat mobil yang terbungkus oleh kamuflase tersebut memiliki siluet sedan sport seperti Tesla Model S atau Porsche Taycan. Dengan mengambil latar belakang sirkuit, nampaknya mobil hidrogen misterius ini dibuat sebagai sedan yang kencang.

Mobil ini memiliki desain lampu sudut yang mirip dan dek belakang yang miring dengan Hyundai Elantra N yang dibuat untuk pasar Amerika Serikat, namun greenhouse atau bagian kacanya sama sekali berbeda. Artinya ini model yang semuanya baru, termasuk teknologi powertrain hidrogen canggihnya.

Gambar Hyundai Elantra N

Kami menebak tampilannya tidak jauh dari Hyundai Elantra N

Dari aksi drift atau power slide yang dilakukan mobil itu, kami berasumsi bahwa mobil baru ini menggunakan penggerak roda belakang (RWD) atau penggerak empat roda (AWD) dengan diferensial pintar yang dilengkapi mode drift atau RWD.

Bukan Sesuatu Yang Baru Untuk Hyundai

Mobil listrik performa tinggi dengan fuell cell hidrogen sebenarnya bukan hal yang baru bagi divisi N Hyundai. Pada tahun 2015, mereka sempat memperkenalkan N 2025 Vision Gran Turismo, sebuah mobil balap konsep yang ditenagai motor listrik dengan fuel cell hidrogen produksi massal pertama di dunia.

>>> Menimbang Peluang Persaingan Hyundai Staria

Mobil konsep tersebut menggunakan dua tumpukan fuel cell dan sistem superkapasitor untuk menghasilkan tenaga 872 BHP.

Gambar N 2025 Vision Gran Turismo

Hyundai sempat memperkenalkan mobil balap konsep bertenaga hidrogen, N 2025 Vision Gran Turismo

Bersamaan dengan mobil baru yang telah kami singgung di atas, Hyundai juga akan memperkenalkan prototipe dan konsep fuel cell masa depan selama acara yang akan disiarkan langsung dari YouTube tersebut.

Hyundai juga akan memulai debut 'next-generation hydrogen fuel-cell systems' dalam beberapa aplikasi lainnya. Untuk itu, acara tersebut akan mencakup aplikasi teknologi hidrogen di luar mobil konvensional, termasuk kendaraan komersial dan angkutan umum bertenaga hidrogen.

Pabrikan asal Korea Selatan ini telah menjadi pemain kunci dalam teknologi sel bahan bakar hidrogen, setelah merilis SUV hidrogen-listrik pada 2018 yang disebut Nexo, dan versi bertenaga hidrogen dari ix35 pada 2015.

Perusahaan ini juga memiliki divisi hidrogen khusus yang disebut HTWO, dan branding dari divisi ini dapat dilihat pada beberapa klip teaser Hyundai yang dikeluarkan sebelum peluncuran Hydrogen Wave bulan depan.

>>> Forze Gandeng Hyundai Ciptakan Mobil Balap Bertenaga Hidrogen Tercepat

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top