Ineos Grenadier 2022, Tampang Tua Performa Istimewa

08/07/2021

Mobil baru

3 menit

Ineos Grenadier 2022 menjadi salah satu dari sedikit SUV 4x4 sejati dengan pendekatan tradisional untuk mencapai kemampuan jelajah off road yang istimewa

Inilah SUV bergaya old-school generasi terbaru yang siap menantang hegemoni Jeep Wrangler, Land Rover Defender, Mercedes-Benz G-Class dan Toyota Land Cruiser dalam segmen pasar mobil 4x4 tradisional di seluruh dunia.

Selama ini, hanya sekelumit yang diketahui tentang Ineos Grenadier 2022 hasil kreasi sebuah konglomerat industri kimia asal Inggris. Sebab, yang beredar hanya foto bagian luar. Bagaimana dengan bagian lainnya? Simak ulasan tim Cintamobil.com berikut ini... 

>>> Mobil Off-road Terbaik, Jeep Wrangler, Land Rover Defender, atau Mercedes-Benz G-Class?

Tampilan Kotak

Ineos Grenadier 2022 memang terinspirasi oleh SUV 4×4 klasik dengan bodi serba kotak seperti Land Rover Defender dan Mercedes-Benz G-Class. Namun tim engineering Ineos menambahkan ciri desain.

gambar ineos

Interpretasi versi modern untuk Land Defender (klasik) dan Mercedes-Benz G-Wagen

Seperti  boxy profile, flat front end dan black rubber trimming untuk atap sehingga Grenadier tampil berbeda dengan Defender (klasik) dan G-Class. Jadi yang mirip hanya bodi model kotak saja, sementara yang lainnya sarat dengan sentuhan modern.

Interior Bak Pesawat

Pendekatan  function-over-form diterapkan pada Ineos Grenadier 2022. Jadi tidak ada  leather, material spesifik atau tuas bertabur permata. Yang jelas, joknya buatan Recaro, lantainya berlapis karpet karet disertai drain plug untuk membersihkan kotoran setelah main off road, grab handle untuk membantu akses masuk keluar.

gambar ineos

Tata letak interior mirip dengan cockpit pesawat terbang

O iya, ada overhead control mirip pesawat terbang untuk mengoperasikan differentials dan perangkat elektronik lainnya. Secara umum mobil ini terbilang canggih meski tampang luar mobilnya sendiri terlihat jadul.

Sumber Tenaga

Ineos Grenadier 2022 mengandalkan pasokan mesin  BMW 6 silinder segaris  bensin (B58, 281 hp dan 450 Nm) dan diesel (B57, 245 hp dan 550 Nm) yang masing-masing berkapasitas 3,0 liter. Sedangkan transmisi otomatis 8-speed berasal dari ZF yang selama ini memang menjadi mitra setia BMW.

gambar mesin

Mesin BMW 6 silinder segaris (bensin & diesel) menjadi pilihan utama

Pada sisi lain, konsumen juga bisa membeli fitur opsional berupa Power Pack 2.000 Watt (inverter DC-AC) untuk mengoperasikan berbagai peralatan elektronik dan perlengkapan lainnya.      

Offroader Serius

Mobilitas  Ineos Grenadier di luar jalan normal didukung sistem gerak full time 4WD dengan transfer case 2-speed (low gear dan high gear). Menganut sistem gerak full time 4WD, berarti Ineos Grenadier memiliki tiga unit diferensial yang bisa dioperasikan secara terpisah.

gambar ineos

Siap menantang Defender, G-Wagen dan Land Cruiser di jalur off road

Untuk diferensial depan belakang dilengkapi pengunci jenis elektrik (e-locker), sedangkan diferensial tengah dibantu pengunci mekanikal. Pilihan ban mencakup ban Bridgestone All-Terrain atau  BF Goodrich All-Terrain, sedangkan velg tersedia opsi baja atau alloy berukuran 17 inci serta 18 inci.     

Minat? Tunggu 2022

gambar ineos

Pemesanan mulai Oktober 2021 dan unit dikirim Juli 2022   

Harga Ineos Grenadier dimulai dari sekitar £ 40.000 untuk varian standar, belum termasuk aksesoris dan fitur opsional yang dijual secara terpisah. Pemesanan kendaraan dibuka bulan Oktober 2021 dan pengiriman unit kepada konsumen dimulai  Juli 2022. Saat ini, sekitar 130 unit purwarupa Ineos Grenadier masih terus menjalani pengujian di seluruh penjuru dunia.  

>>> Land Rover Defender 2021 Hadirkan Mesin Plug-in Hybrid

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top