Honda Civic Hatchback Terbaru Resmi Diluncurkan, Intip Tampilannya Di Sini

24/06/2021

Pasar mobil

4 menit

Honda Motor Company meluncurkan Honda Civic Hatchback secara virtual melalui kanal YouTube resmi mereka. Seperti apa tampilan Civic generasi kesebelas ini?

Setelah merilis teaser beberapa hari lalu, pagi ini (24/06) Honda Motor Company melakukan World Premiere dari Honda Civic Hatchback. Peluncuran ini menyusul Honda Civic versi sedan yang sudah debut pada April 2021.

Jika Honda Civic Hatchback generasi sebelumnya adalah yang paling ekstrim dari di antara bodystyle Civic yang lainnya, versi hatchback generasi kesebelas punya desain yang lebih minimalis.

Gambar Honda Civic Hatchback

Dibanding generasi sebelumnya, Civic Hatchback terbaru punya desain yang lebih minimalis

Mobil ini memiliki garis yang bersih dengan beberapa potongan trim sporty untuk membedakannya dari sedan. Honda Civic Hatchback terbaru akan menawarkan lineup yang lebih luas dari sebelumnya, dengan dua pilihan mesin yang tersedia, serta pilihan transmisi manual di beberapa level trim.

>>> Siap-siap, Honda Civic Hatchback Terbaru Bakal Dirilis Bulan Ini

Desain European-Inspired

Gambar Honda Civic Hatchback

Tampilan Honda Civic Hatchback terbaru

Di bagian fascia depan, Civic Hatchback dibekali dengan grill baru dengan desain mesh dan cekungan halus pada sisipan utama. Tak hanya lebih sporty, elemen ini memudahkan untuk membedakan mobil ini dari saudara sedannya.

Menuju ke belakang, garis atap hatchback meruncing secara agresif, memberikan mobil ini profil coupe lebih banyak dibanding para pesaingnya. Desainer Honda menyebutkan bahwa Civic Hatchback memang terinspirasi oleh model liftback Eropa.

Gambar Honda Civic Hatchback dan Sedan

Perbedaan eksterior bagian belakang pada Civic Hatchback dan Sedan

Dibanding versi sedan, mobil ini hampir 5 inci lebih pendek yang diambil dari bagian overhang belakang. Hal tersebut memberikan tampilan yang lebih gesit dan sporty.

Honda Civic Hatchback menawarkan ruang bagasi 24,5 cubic feet, yang sangat baik dibandingkan dengan volume bagasi maksimum 14,8 cubic feet untuk versi sedan. Untuk memudahkan memuat kargo, bukaan pintu bagasi juga kini lebih lebar 1,6 inci.

>>> Wujud Honda Civic Sedan 2022 Terungkap, Jadi Makin Mewah

Seperti sedan, wheelbase mobil ini telah diperpanjang 1,4 inci dengan jarak pijak belakang lebih lebar setengah inci, perubahan ini akan membantu meningkatkan stabilitas dan kualitas berkendara.

Menurut Honda, Civic Hatchback telah disetel agar terasa lebih sporty daripada versi sedannya, sehingga dinamikanya harus sesuai dengan gayanya.

Gambar desain interior Civic Hatchback

Beralih ke interior, nuansa futuristik tampak jelas pada desain dashboard baru yang lebih minimalis. Pandangan pengemudi dan penumpang hanya akan tertuju pada layar infotainment dengan ventilasi AC dan rangkaian tombol yang terkesan tersembunyi.

Bahan interiornya berkualitas tinggi dan teknologinya juga solid. Layar sentuh berwarna 7 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto merupakan standar di trim LX, Sport, dan EX-L, begitu juga dengan tampilan kluster instrumen dengan ukuran yang sama.

Panel 9 inci yang lebih bagus dengan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel disertakan dalam model Sport Touring terbaik. Varian khusus ini juga dilengkapi dengan sistem audio Bose 12-speaker, pengisian nirkabel Qi, dan kluster instrumen digital 10,2 inci.

>>> Sering Parkir Mobil di Tempat Terbuka? Waspada 4 Kerusakan Ini

Hadir Dengan Dua Pilihan Mesin

Meski tampilan Honda Civic terbaru berubah cukup signifikan, nampaknya Honda masih enggan untuk memperbaharui sektor dapur pacu dari mobil ini. Honda Civic Hatchbark terbaru dibekali dengan dua mesin yang sama dengan sedan.

Tipe LX dan Sport ditenagai oleh mesin 2.0 liter 4-silinder naturally aspirated bertenaga 158 HP dengan torsi 187 Nm. Tipe EX-L dan Sport Touring menggunakan mesin 1.5 liter 4-silinder turbocharger bertenaga 180 HP dengan torsi 240 Nm.

Gambar Mesin Honda Civic

Pilihan transmisi otomatis CVT datang sebagai standar namun tipe EX-L dan Sport Touring dibekali dengan opsi transmisi manual 6-percepatan.

Mobil ini akan ditawarkan dari harga $23000 untuk varian terendah dan $30000 untuk varian paling tinggi. Jika dirubah dalam rupiah, berarti rentang harganya ada di Rp 372 juta hingga Rp 462 juta.

Tetapi harga tersebut tentu akan berbeda ketika mobil tersebut sudah diluncurkan secara resmi di Indonesia. PT Honda Prospect Motor selaku ATPM Honda di Indonesia sendiri masih belum memberikan informasi mengenai peluncurkan Honda Civic terbaru di Tanah Air.

>>> Land Rover Defender 130 Terpantau Sedang Dites, Siap Libas G-Class?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top