Wujud Honda Civic Sedan 2022 Terungkap, Jadi Makin Mewah

30/04/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Menyusul prototype yang hadir akhir tahun lalu, Honda akhirnya merilis Civic Sedan 2022, yang merupakan generasi ke-11 dari salah satu model paling ikonik.

Setelah akhir tahun lalu menampilkan konsep, versi produksi Honda Civic Sedan 2022 resmi diperkenalkan. Ini merupakan generasi ke-11 dari sedan/hatchback ikonik, Civic 2022 mendapat banyak sekali perombakan, baik di sisi eksterior, interior, dan juga fitur yang ditampilkan.

Honda coba menyederhanakan tampilan Civic 2022 baik di sisi eksterior ataupun interior. Untuk melakukannya, desain mobil dibuat kembali ke filosofi awal, yang membuat mobil ini sangat digandrungi di tahun 70-an, yakni Man Maximum/ Machine Minimum.

>>> Ini Dia yang Beruntung Bawa Pulang Grand Civic di IMX 2021 Virtual Stage Bali

Kembalinya filosofi kesuksesan Civic

Menurut Honda, penerapan konsep ini memberikan Civic generasi terbaru desain body yang lebih sederhana. Hal ini bisa terlihat dari garis body yang terlihat sangat minim, dan membuatnya terlihat semakin premium.

Tampilan depan Honda Civic Sedan 2022

Pillar A dimundurkan sebanyak 2 inci, yang membuat kap mobil memanjang

Profil mobil juga dibuat berbeda dibanding gen sebelumnya, sebagai contoh pillar A mobil dimunudrkan 2 inci. Hal ini membuat kap mobil semakin panjang, memberi kesan klasik seperti Honda Civic generasi keempat.

Detail lain yang sama menariknya adalah beltline dibuat menghubungkan bagian depan dan belakang mobil, dari kap mesin ke bagasi, yang kini dibuat lebih tegas seperti sedan konvensional, bukan fastback seperti Civic sedan sebelumnya.

Tampilan belakang Honda Civic Sedan 2022

Profil bagian belakang kembali dibuat dengan profil sedan

Masuk ke dalam, Honda Civic Sedan 2022 coba memadukan teknologi terkini dengan layout sederhana namun ikonik. Kesan modern terpancar dari layar instrumen digital 10,2 inci dan head unit 7 inci sebagai standar, yang sudah mendukung koneksi nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, dengan wireless charging Qi ada di trim Touring.

Namun berbeda dari kebanyakan mobil modern yang memakai head-unit sebagai pengontrol fungsi multimedia atau AC, Civic 2022 dibekali tombol fisik untuk kedua fungsi. Dan untuk pertama kalinya, sebuah Civic sedan dibekali sound system 12 speaker dari Bose.

Meski terlihat sederhana, layout dasbor Civic generasi terbaru terlihat sangat elegan. Ini terlihat dari aksen honeycomb mesh yang memanjang di dasbor, yang tampak bersih dan mewah, kisi-kisi AC juga dibuat sangat menyatu dengan pattern ini.

Interior Honda Civic sedan 2022

Desain interior dibuat sederhana, namun dengan material berkualitas

Penggunaan material interior juga difokuskan pada kepraktisan. Hal ini terlihat dari minimnya material yang bisa meninggalkan jejak fingerprint seperti piano black yang ada di kebanyakan mobil modern. Sebagai gantinya, Honda memberikan sentuhan soft touch di sebagian besar interior untuk memberi kesan premium dalam kabin.

Tidak cuma lebih mewah dan kaya fitur, Honda Civic 2022 juga diberikan teknologi keselamatan terbaru, yakni airbag jenis baru yang dapat mengurangi risiko cedera otak dengan mengontrol gerakan kepala saat terjadi kecelakaan, baik untuk sisi pengemudi atau penumpang.

Secara dimensi, bagian belakang Honda Civic Sedan 2022 dibuat 0,5 inci (1,27 cm) lebih lebar, dengan wheelbase yang 1,4 inci (3,5 cm) lebih panjang. Hal ini memberikan stabilitas berkendara yang lebih baik, dan juga kabin lebih lapang.

>>> Spyshot Honda Civic Hatchback 2022 Beredar, Desain Lebih Halus

Kembali pakai 1.5L turbo, dilengkapi Honda Sensing

Honda Civic Sedan 2022 kembali disiapkan dengan dua pilihan mesin inline-4, yakni 2.0L Naturally Aspirated yang menghasilkan 180 HP dan torsi 187 Nm, dan mesin 1.5L turbo yang memiliki tenaga 180 HP dan torsi 240 Nm.

Khusus untuk 1.5L turbo, yang juga dipakai di Indonesia, mesin mendapat lonjakan performa sebesar 6 HP dan torsi 20 Nm dari generasi sebelumnya. Selain mesin, girboks CVT juga ditingkatkan di sisi tuning dan penggunaan komponen rendah gesekan sehingga memberikan efek downshift saat melakukan pengereman.

Honda Civic Sedan 2022

Honda Civic 2022 juga sudah dilengkapi Honda Sensing

Seperti kebanyakan Honda modern, Civic 2022 juga dibekali Honda Sensing, yang ditingkatkan berkat kamera yang punya jangkauan lihat lebih lebar dari sebelumnya, secara software, sistem dapat melihat dan mengenali pejalan kaki, pesepeda, dan mobil lebih baik.

Sistem adaptive cruise control juga memberikan feeling pengereman yang lebih responsif namun alami, begitu juga dengan feeling pengemudiann yang dibuat lebih natural.

Honda Civic Sedan 2022 akan dijual musim panas ini di Amerika, disusul versi hatchback yang mengaspal beberapa bulan dari sekarang. Soal harga belum diumumkan, namun sepertinya akan sedikit lebih mahal dari model 2021, yang dihargai mulai $22.150 (setara Rp 320 jutaan).

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top