Land Rover Defender 130 Terpantau Sedang Dites, Siap Libas G-Class?

23/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Setelah sukses dengan Defender 90 & 110, Jaguar Land Rover akan meluncurkan Land Rover Defender 130. SUV 8-penumpang ini akan dibekali dengan pilihan mesin V8.

Tahun depan Land Rover akan memperluas line-up Defender dengan memperkenalkan varian extended wheelbase 130. Beberapa waktu lalu, mobil ini sempat tertangkap kamera saat sedang dites di jalan raya.

Dalam foto-foto yang beredar, terlihat sebuah Land Rover Defender dengan kamuflase yang berdimensi ekstra di dekat markas besar Land Rover di Warwickshire. Pengetesan tersebut menjadi isyarat bahwa mobil ini akan diluncurkan dalam waktu dekat.

>>> Land Rover Defender Hidrogen Akan Dites Akhir Tahun 2021

Kapan Diluncurkan?

Tanggal jelas untuk peluncuran Defender varian tertinggi ini belum terkonfirmasi. Tetapi sebelum debut Defender di tahun 2019, presentasi internal Jaguar Land Rover yang bocor ke internet mengonfirmasi bahwa akan ada peluncuran Defender dengan delapan kursi pada tahun 2022.

Belakangan ini Defender dengan mesin hidrogen pun dikabarkan akan dites pada akhir tahun 2021. Sehingga, tahun depan mungkin akan jadi tahun yang sibuk untuk pabrikan asal Inggris ini.

Gambar Defender 130

Defender 130 tertangkap kamera saat sedang dites

Land Rover Defender 130 dikabarkan hanya tersedia dalam level trim kelas atas yang tentunya datang dengan harga premium yang cukup tinggi dibanding model Defender lainnya.

>>> Wajib Tahu! Posisi Mesin Menentukan Karakter Kendaraan

Mesin dan Spesifikasi

Jika generasi terdahulu Defender 130 memiliki wheelbase yang lebih panjang dari versi 110, pada generasi ini Jaguar Land Rover tidak memperpanjang dimensi tersebut. Perubahan dimensi antara Defender 130 dan 110 justru hadir melalui overhang belakang mobil. Secara keseluruhan, mobil ini memiliki panjang 5,1m, 342mm lebih panjang dari versi 110, bahkan 227mm lebih panjang dari Mercedes-Benz G-Class.

Gambar Defender 130

Meski memiliki wheelbase yang sama dengan versi 110, overhang mobil ini terlihat lebih panjang

Defender 130 dilengkapi dengan mesin bensin 6-silinder segaris 3.0 liter mild hybrid yang juga digunakan oleh Land Rover Discovery. Jika melihat spesifikasi saudaranya, mesin tersebut menghasilkan 355 HP.

Gambar mesin mild hybrid Land Rover

Mesin mild hybrid Land Rover

Tak hanya itu, mobil ini juga akan ditawarkan dengan mesin diesel, mesin bensin non-hybrid, termasuk opsi P300e PHEV dan V8 supercharged bertenaga 542 HP. Kabarnya Jaguar Land Rover juga akan menghadirkan varian pick-up demi menyaingi Ford Ranger dan Volkswagen Amarok. Dengan itu, jajaran keluarga Land Rover Defender pun menjadi lengkap seperti generasi pendahulunya.

>>> Ford Bronco Terbaru Mulai Diproduksi, Ini Spesifikasi dan Harganya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top