Hampir Selesai, Tol Cimanggis-Cibitung Lengkapi Akses ke Tol JORR 2

15/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hampir Selesai, Tol Cimanggis-Cibitung Lengkapi Akses ke Tol JORR 2
Progres jalan Tol Cimanggis-Cibitung mendekati selesai. Jalan tol ini bakal melengkapi akses ke jalan tol lingkar luar Jakarta, Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Pembangunan jalan tol lingkar luar Jakarta 2 alias Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 terus dikebut. Sebagian kecil ruasnya sudah beroperasi. Sisanya, lebih banyak yang tengah dikerjakan.

Progres terbaru

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merilis progres terbaru pembangunan salah satu ruas, yaitu Tol Cimanggis-Cibitung. Jalan tol sepanjang 26,18 kilometer (km) yang dikelola PT Cimanggis Cibitung Tollways ini mendekati selesai.

Disebutkan dalam unggahannya di akun IG @kemenpupr Tol Cimanggis-Cibitung terbagi menjadi 2  seksi, yaitu Seksi 1a ruas Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya / Transyogi (3,17 Km) dan Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya - Junction Cibitung (23,01 Km).

>>> Perlu Membiasakan Diri Mengontrol Kecepatan di Jalan Tol Baru

Foto salah satu ruas Tol Cimanggi-Cibitung

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung mendekati selesai

Progres pembangunan Seksi 1a ruas Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya / Transyogi (3,17 Km) sudah mencapai 99 persen. Ruas ini juga telah dilakukan uji coba Uji Laik Fungsi (ULF) yang dilaksanakan oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri). Sejumlah kekurangan yang ditemukan juga sudah dilakukan perbaikan.

Sementara itu untuk Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya - Junction Cibitung (23,01 Km) progres konstruksi sudah mencapai 73,2 persen. Ditargetkan konstruksi ruas ini bisa selesai pada Maret 2021 mendatang dan bisa segera dioperasikan.

Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2

Jalan tol lingkar luar Jakarta 2 atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 memiliki panjang 110 Km. Jalan tol ini melintasi Kota Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, dan Kota Jakarta Utara.

Ada 7 ruas di jalan tol ini yaitu Bandara Soetta-Kunciran, Kunciran-Serpong, Serpong-Cinere, Cinere-Jagorawi, Depok-Antasari, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Cilincing.

Sementara yang sudah beroperasi yaitu Kunciran-Serpong, Cinere-Jagorawi Seksi 1, serta Depok-Antasari Seksi 1 dan 2. Sisanya masih tahap konstruksi dengan progres bervariasi.

Ke depan jika seluruh ruas sudah beroperasi secara penuh jalan tol diharapkan menjadi solusi atas kemacetan yang sering terjadi di Tol Lingkar Luar Jakarta 1 (JORR 1).

>>> Masih Ada 2 Tol Trans Sumatra yang Akan Beroperasi Tahun Ini

Foto saat Uji Laik Fungsi Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sudah menjalani Uji Laik Fungsi (ULF) pada 7-11 Sept 2020

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Dua Jalan Tol Baru di Jaringan JORR Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun

12/08/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan dua jalan tol baru di jaringan Tol JORR II segera selesai dan bisa dioperasikan pada akhir tahun secara fungsional.

Lihat juga

Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

28/08/2020

Pengemudian

5 menit

Anda mungkin selama ini bertanya-tanya, mengapa kalau lewat jalan tol harus bayar, dan kemana uang hasil pembayaran semua pengguna jalan tol tersebut?

Lihat juga

Perlu Membiasakan Diri Mengontrol Kecepatan di Jalan Tol Baru

12/10/2020

Pengemudian

3 menit

Belajar dari kecelakaan Toyota Avanza di jalan Tol Pekanbaru-Dumai, pengendara perlu membiasakan diri mengontrol kecepatan pada batas yang diperbolehkan.

Lihat juga

Progres Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B Capai 95,11%

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melaporkan progres pembangunan jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1B (Jakabaring-Keramasan) telah mencapai 95,11 persen.

Lihat juga

Mana Lebih Tua, Jalan Tol di Sumatra atau Tol di Jawa

12/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Banyak jalan tol baru dibangun dan diresmikan di berbagai wilayah di Indonesia. Lantas, mana yang lebih tua, jalan tol di Sumatra atau jalan tol di Jawa?

Lihat juga